Aplikasi My SAPK dari BKN Permudah Pemutakhiran Data Mandiri ASN

Aplikasi My SAPK
Ilustrasi Aplikasi My SAPK. Foto: Ist/Net

Aplikasi My SAPK BKN adalah salah satu sistem aplikasi pelayanan dalam kepegawaian Badan Kepegawaian Negara. My SAPK memiliki fungsi untuk memudahkan PNS pada seluruh instansi.

Hal ini bertujuan untuk dapat mengakses data kepegawaian. Antara lain data Profil PNS, E-Lapkin, Data KTP, BPJS Kesehatan taspen, KPE Virtual, Notifikasi Layanan Kenaikan Pangkat dan Pensiun, dan lain sebagainya.

Hal ini dapat diakses oleh PNS secara mandiri, sehingga dengan diterapkannya data kepegawaian secara nasional akan menjadi lebih akurat.

Baca Juga: Aplikasi Transfer Antar Bank Gratis dan Terpercaya, Sudah Terdaftar OJK!

Mengenal Aplikasi My SAPK dari BKN

Pada zaman yang serba modern saat ini, hadirnya teknologi digital dapat memudahkan segala aktivitas masyarakat luas. Hampir semua kalangan saat ini memiliki smartphone untuk memudahkan aktivitas harian mereka.

Sama halnya dengan pemerintahan di Indonesia yang juga memanfaatkan adanya teknologi digital seperti website atau lainnya. Akan tetapi masih adanya kekurangan website yang ada membuat penggunaannya tidak dapat maksimal.

Hal ini karena sering terjadi adanya gangguan, pemeliharaan dan lain sebagainya. Kemudian, hal inilah yang menjadi alasan pemerintah BKN akhirnya menciptakan sebuah aplikasi. Lalu diharapkan dapat memberi kemudahan bagi para pegawainya. Aplikasi tersebut bernama My SAPK BKN.

Pengertian dan Manfaat MY SAPK BKN

Seperti pada informasi sebelumnya, My SAPK BKN adalah salah satu aplikasi milik Badan Kepegawaian Negara. Hadirnya aplikasi ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi para PNS dalam memperoleh pelayanan kepegawaian.

Kemudian, dengan memanfaatkan aplikasi berbasis android yang cukup mudah dalam proses penggunaannya. Secara keseluruhan aplikasi My SAPK adalah sistem aplikasi dengan basis pelayanan kepegawaian BKN demi memudahkan proses aktivitas administrasi PNS. Misalnya, penginputan gaji, PNS dan yang lainnya. Aplikasi ini juga dapat di download pada layanan Play Store.

MY SAPK merupakan aplikasi berbasis teknologi seluler bagi PNS yang terintegrasi serta terhubung secara daring dengan database PNS Nasional untuk informasi profil PNS. Dengan hadirnya aplikasi My SAPK berfungsi untuk pemutakhiran data mandiri.

Dengan adanya pemutakhiran data mandiri ini, maka dapat melihat data masing-masing PNS. Selain itu, dapat dapat melakukan perbaikan serta pemutakhiran setiap waktu saat terjadi adanya perubahan data.

Jika data ASN yang bersangkutan mutakhir, maka mempercepat proses pelayanan kepegawaian. Selain itu, data kepegawaian yang cukup mutakhir juga dapat berkontribusi terhadap database ASN Nasional. Dan yang pada akhirnya akan menjadi satu data nasional.

Dengan hadirnya aplikasi My SAPK BKN ini sangat memudahkan ASN dalam menyimpan data serta informasi serta mengubah informasi secara lebih cepat. Selain itu juga memberi kemudahan dalam mengatasi permasalahan administrasi ketenagakerjaan miliki para ASN Indonesia dan lain sebagainya.

Baca Juga: Aplikasi Kontrol HP Anak Paling Direkomendasikan, Berikut Pilihannya!

Fitur Aplikasi My SAPK BKN

Sebagai aplikasi yang memudahkan pelayanan kepegawaian BKN, tentu terdapat beragam fitur menarik di dalam aplikasi ini. Adapun beberapa fitur menarik tersebut antara lain:

Ubah Data

Salah satu fitur yang bermanfaat supaya ASN atau pegawai dapat mengubah data dalam database Nasional BKN. Seperti nomor telepon, alamat email, NPWP, no HP, alamat rumah, BPJS dan lain sebagainya.

MY KPE

My KPE merupakan Kartu Pegawai Elektronik yang terdapat dalam aplikasi versi virtual. Saat ini ASN tidak perlu lagi mencetak Kartu Pegawai Elektronik. ASN hanya perlu memakai KPE Virtual dan dapat pengguna download serta cetak demi kepentingan administrasi kepegawaian.

Profil PNS

Merupakan salah satu fitur yang terdapat aplikasi My SAPK yang di dalamnya berisi data utama pegawai, jabatan, posisi serta golongan, Fitur ini berisi mengenai identitas pribadi pegawai ASN tersebut secara garis besar.

Pelacakan

Salah satu fitur penting yang bermanfaat demi mengetahui seberapa jauh terhadap proses kepegawaian pada masing-masing ASN.

Personalisasi

Personalisasi adalah salah satu fitur dalam aplikasi My SAPK BKN yang memiliki fungsi untuk mengganti password pada aplikasi tersebut.

Otentifikasi SK

Merupakan fitur yang berisi mengenai Surat Keputusan yang telah SAPK keluarkan.

Dengan hadirnya aplikasi MY SAPK BKN semoga semua proses administrasi ASN semakin mengalami kemudahan baik bagi ASN itu sendiri maupun BKN. Maka tidak heran jika saat ini BKN sedang gencar-gencarnya melakukan sosialisasi mengenai MY SAPK yang sangat bermanfaat serta membantu. (R10/HR Online)

Editor: Jujang