Aplikasi Perpanjang Paspor Online, Simak Cara Menggunakan Lengkap

Aplikasi Perpanjang Paspor Online
Ilustrasi Aplikasi Perpanjang Paspor Online. Foto: Ist/Net

Aplikasi perpanjang paspor online tentu sangat memudahkan dalam proses pengurusan. Jika pada mulanya, anda harus mengambil antrian serta menunggu lama berada di kantor imigrasi untuk perpanjang paspor. Saat ini anda dapat mengurusnya secara lebih cepat dengan memanfaatkan adanya aplikasi.

Pada umumnya, paspor mempunyai masa berlaku maksimal 5 tahun. Apabila masa berlaku paspor telah habis, maka anda perlu melakukan perpanjangan pada pihak imigrasi.

Seperti yang kita ketahui, paspor adalah salah satu dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat berwenang dari suatu negara.

Dalam dokumen penting ini memuat identitas pemegangnya serta berlaku untuk melakukan suatu perjalanan antar negara. Paspor merupakan dokumen wajib buat kamu yang ingin bepergian ke luar negeri.

Baca Juga: Cara Transfer Aplikasi dari HP ke Laptop, Berikut Panduan Mudahnya

Cara Menggunakan Aplikasi Perpanjang Paspor Online

Penting untuk anda ketahui proses perpanjangan paspor dapat anda lakukan 6 bulan sebelum masa berlaku paspor habis. Saat ini anda dapat melakukan perpanjangan paspor secara online.

Hal ini tentu sangat efektif, karena anda tidak perlu mengantri ke kantor imigrasi dalam waktu yang lama. Kemudian, hanya perlu melakukan permohonan antrian yang dapat anda lakukan secara online dengan menggunakan aplikasi layanan Paspor Online yang dapat anda unduh pada Play Store.

Berikut ini langkah-langkah menggunakan aplikasi perpanjang paspor online antara lain:

Unduh Aplikasi Paspor Online

Untuk dapat mengakses perpanjangan paspor secara online, maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mengunduh aplikasi yang tersedia pada Playstore atau pun Appstore.

Anda tidak perlu khawatir aplikasi perpanjang paspor online merupakan aplikasi resmi yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM RI.

Buat Akun serta Daftarkan Diri Anda

Langkah berikutnya, setelah aplikasi terpasang pada perangkat android anda, maka segera registrasi akun. Dalam hal ini, penting bagi anda untuk mempersiapkan dokumen yang diperlukan seperti KTP. Kartu Keluarga, akta kelahiran, paspor lama dan lain sebagainya.

Setelah proses membuat akun selesai, isi data diri. Pastikan nama, alamat serta nomor identitas yang anda cantumkan sesuai dengan yang tertera pada dokumen asli. Apabila ada kesalahan dalam pengisian data, maka anda pun harus mengulangnya dari proses awal.

Baca Juga: Aplikasi Investasi Saham Untuk Investor Pemula

Pilih Kantor Imigrasi

Langkah menggunakan aplikasi perpanjang paspor online selanjutnya adalah pilih kantor imigrasi. Setelah berhasil mendaftarkan akun, maka anda dapat mulai memilih kantor imigrasi untuk melakukan perpanjangan paspor yang anda inginkan.

Sebaiknya memilih kantor imigrasi terdekat sesuai dengan domisili anda saat ini. Hal ini untuk mempermudah semua urusan yang anda lakukan terkait dengan proses perpanjangan paspor.

Pilih Jumlah Pemohon serta Waktu Kedatangan

Proses berikutnya anda akan diminta untuk mengisi pemohon serta tanggal kedatangan. Anda dapat mengecek kuota jumlah pendaftar yang tersedia di jadwal. Penting bagi anda untuk menandai jam kedatangan, maka anda harus menyediakan waktu semaksimal mungkin. Selanjutnya klik Lanjut.

Simpan Bukti Pendaftaran

Setelah tanggal serta jam telah anda pastikan, hal penting lain dalam menggunakan aplikasi perpanjang paspor menyimpan bukti pendaftaran online. Bukti pendaftaran ini berupa kode QR untuk anda tunjukkan pada saat datang ke kantor imigrasi nantinya.

Datang ke Kantor Imigrasi

Selanjutnya datang ke kantor imigrasi sesuai dengan jadwal yang yang anda pilih dengan membawa berkas dokumen asli serta fotokopi. Jangan lupa juga untuk membawa paspor lama yang anda miliki.

Dalam hal ini, anda wajib datang dengan menggunakan pakaian rapi berkerah serta tidak menggunakan baju warna putih. Selanjutnya, setelah tiba pada kantor imigrasi, tunjukkan kode QR sebagai tanda bukti anda kepada petugas.

Isi sejumlah dokumen yang anda butuhkan. Kemudian petugas akan memeriksa kelengkapan anda. Selanjutnya anda akan memperoleh nomor antrian untuk foto, wawancara serta pengambilan sidik jari. Setelah proses ini selesai, anda akan memperoleh slip untuk pembayaran biaya perpanjangan paspor.

Lunasi biaya paspor dan tunggu paspor anda jadi. Pada umumnya proses pembuatan paspor adalah 3 hingga 4 hari kerja. Ambil paspor di kantor imigrasi yang sama dengan proses pembuatan, atau anda dapat memilih opsi paspor dikirim ke alamat domisili.

Dengan menggunakan aplikasi perpanjang paspor online tentu urusan perpanjangan paspor anda menjadi lebih efektif. Setelah anda berhasil melakukan perpanjangan paspor, maka anda pun dapat bepergian keluar negeri secara aman dan nyaman. (R10/HR Online)

Editor: Jujang