Aplikasi Scan Tanda Tangan CamScanner, Ketahui Cara Menggunakannya

Aplikasi Scan Tanda Tangan
Ilustrasi Aplikasi Scan Tanda Tangan. Foto: Ist/Net

Aplikasi scan tanda tangan dapat menjadi solusi tepat bagi anda yang memerlukan tanda tangan secara digital. Hal ini tentunya dapat mempermudah anda dalam menyelesaikan tugas dari pimpinan atau untuk keperluan lain.

Untuk memperoleh tanda tangan secara digital, anda dapat menggunakan aplikasi membuat tanda tangan atau melakukan scan tanda tangan.

Untuk scan tanda tangan sendiri dapat anda lakukan dengan dua cara. Dengan memanfaatkan mesin scanner atau aplikasi scan melalui perangkat HP.

Salah satu aplikasi yang dapat anda manfaatkan untuk scan tanda tangan adalah aplikasi CamScanner. Aplikasi ini sangat bagus serta cocok anda gunakan untuk scan tanda tangan melalui perangkat HP atau smartphone.

Baca Juga: Aplikasi Perekam Layar di Laptop serta PC

Mengenal CamScanner, Aplikasi Scan Tanda Tangan

Tanda tangan atau signature merupakan suatu tanda tertulis dari seseorang. Tanda tangan mempunyai fungsi sebagai pengesahan dokumen, identitas diri, tanda hadir, dan lain sebagainya. Uniknya, masing-masing orang mempunyai ciri khas tersendiri serta karakter tanda tangan yang berbeda.

Sehingga akan sangat sulit untuk menjiplak atau menduplikat tanda tangan orang lain tersebut. Pada umumnya, tanda tangan dilakukan secara langsung dengan menggunakan sebuah pulpen yang dicoretkan pada sebuah kertas.

Namun dengan seiring berkembangnya teknologi, banyak dokumen atau surat yang berbentuk virtual serta dikirim dengan menggunakan email.

Dengan demikian, tanda tangan pun juga harus dalam bentuk virtual. Dalam membuat tanda tangan virtual harus menggunakan alat khusus yang harganya cukup mahal.

Namun anda tidak perlu khawatir, saat ini anda dapat memanfaatkan smartphone yang anda miliki. Anda dapat memanfaatkan kamera pada perangkat ponsel anda dengan aplikasi tambahan supaya hasil menjadi lebih bagus.

Baca Juga: Aplikasi Pengukur Kecepatan Angin Hasil Akurat, Berikut Rekomendasinya!

Fitur di Aplikasi Scan Tanda Tangan CamScanner

Salah satu aplikasi scan tandan tangan dengan hasil terbaik serta paling mudah digunakan adalah CamScanner. Aplikasi ini dapat anda gunakan untuk scan semua data.

Mulai dari tulisan, gambar, serta tanda tangan secara lebih cepat dengan hasil memuaskan. Dengan demikian, aplikasi ini secara otomatis akan menyesuaikan object yang anda scan.

CamSanner merupakan salah satu aplikasi Android yang dirancang untuk scan dokumen atau berkas dengan menggunakan kamera HP. Terdapat beragam fitur yang ditawarkan oleh aplikasi scan tanda tangan satu ini. Seperti Scan PPT, Image to Excel, Book, Question Book, OCR, ID Photo, Greeting Card, serta QR Code.

Selain itu, terdapat beragam filter foto yang dapat anda manfaatkan untuk memperjelas gambar hasil pemindaian. Melalui CamScanner, anda juga dapat mengekspor hasilnya dalam format gambar seperti PNG/JPG, PDF, Docx, dan lain sebagainya.

Cara Menggunakan Aplikasi Scan Tanda Tangan CamScanner

Berikut ini langkah-langkah yang dapat anda lakukan untuk scan tanda tangan melalui CamScanner, antara lain:

  1. Langka pertama, download terlebih dahulu aplikasi CamScanner pada Play Store atau App Store.
  2. Selanjutnya pasang aplikasi pada smartphone anda.
  3. Jalankan aplikasi tersebut kemudian siapkan secarik kertas putih kosong yang akan anda gunakan untuk menulis tanda tangan. Dalam hal ini, sebaiknya anda menggunakan kertas HVS serta pulpen berwarna hitam.
  4. Proses berikutnya, silakan membuat tanda tangan pada kertas yang telah anda siapkan. Kemudian foto dengan menggunakan aplikasi scan tanda tangan CamScanner. Pastikan anda mengambil gambar dengan menggunakan mode Docs.
  5. Selanjutnya aplikasi CamScanner akan menyesuaikan scan sesuai dengan ukuran kertas atau gambar yang telah tertangkap. Jika tidak sesuai, maka anda dapat menyesuaikan dengan menarik garis pinggir frame.
  6. Langkah berikutnya, tekan Next untuk memilih filter gambar. Sebaiknya anda memilih mode Magic Color atau Black and White supaya tanda tangan mudah untuk anda pisahkan dengan background.
  7. Proses selanjutnya dalam menggunakan aplikasi CamScanner adalah klik Save yang terdapat pada pojok kanan bawah. Kemudian tahan hasil scan tadi dan pilih Save to Galery atau Share untuk menyimpan hasil scan tanda tangan anda.
  8. Selanjutnya tanda tangan pun dapat anda gunakan.

Selain menggunakan aplikasi scan tanda tangan, anda juga dapat menggunakan printer yang dapat mendukung fitur scanning. Namun cara ini lebih rumit daripada dengan scan dengan menggunakan aplikasi tambahan. Canggih dan bermanfaat. (R10/HR Online)

Editor: Jujang