Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita CiamisArena Bermain Anak di Kantor Samsat Ciamis, Inovasi Pelayanan Prima

Arena Bermain Anak di Kantor Samsat Ciamis, Inovasi Pelayanan Prima

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Arena bermain anak yang ada di Kantor Samsat (Sistem Manunggal Satu Atap) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menjadi salah satu bentuk inovasi pelayanan prima kepada masyarakat wajib pajak.

Dengan begitu, para wajib pajak yang membayar PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) sambil membawa anaknya bisa menunggu antrian dengan bermain pada arena permainan anak. Letak arena bermain anak seluas 4 x 4 meter itu berdampingan dengan Ruang Pojok Baca.

“Jadi kalau mengantri atau menunggu layanan, anaknya bisa diajak bermain,” terang Kanit Regident, Ipda. Budi Setiawan kepada HR Online, Senin (24/05/2021).

Selain arena bermain anak dan ruang pojok baca, lanjut Ipda. Budi Setiawan, Kantor Samsat Ciamis juga menyediakan ruang khusus laktasi untuk ibu menyusui.

Pihaknya berharap, inovasi Samsat ini dapat terus berkembang, sehingga pelayanan terhadap masyarakat akan semakin baik.

Ipda. Budi Setiawan menjelaskan, arena bermain anak disediakan agar anak tidak merasa jenuh saat ikut menunggu antrian. Selain itu, Kantor Samsat Ciamis juga sengaja menyediakan ruangan bagi ibu menyusui. Karena tak jarang para ibu dengan balitanya ikut mengantri saat pengurusan PKB.

Baca Juga : Program Triple Untung, Samsat Ciamis Bebaskan Denda Pajak Kendaraan Bermotor

Arena Bermain di Samsat Ciamis Sangat Membantu

Sementara itu, Mulyadi, salah seorang wajib pajak yang tengah mengurus perpanjangan pajak kendaraan sambil membawa anaknya berusia 3 tahun, tampak asik dalam arena bermain.

Menurutnya, keberadaan arena bermain anak di Kantor Samsat sangat membantunya ketika menunggu antrian. Karena, biasanya anak selalu rewel dan minta pulang jika dibawa.

“Alhamdulillah, berkat adanya ruangan tempat bermain anak ini sangat membantu para orang tua bila sedang mengurus surat-surat kendaraan bermotor. Anak menjadi betah, bahkan tidak mau pulang walaupun sudah selesai mengurus surat kendaraan bermotor,” tutur Mulyadi kepada HR Online.

Wajib PKB lainnya, Yayah asal Cipaku, Kabupaten Ciamis yang terlihat membawa anaknya yang masih bayi, juga mengatakan hal serupa. Menurutnya, fasilitas ruangan khusus ibu menyusui sangat bermanfaat baginya.

“Ruang tersebut sangat bagus bagi pengunjung yang membawa bayi. Sebab, selama menunggu antrian tidak begitu malu karena saya bisa menyusui dalam ruangan tersebut,” ungkapnya.

Bahkan, kata Yayah, pelayanannya pun sangat ramah. Meski harus antri saat mengurus pajak kendaraan bermotor. Tapi karena sekarang ada sedikit tempat khusus bermain anak dan ruangan laktasi, mama anak pun menjadi anteng, tidak rewel. (Fahmi/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah