Asus ROG Flow X13, Laptop yang Ringan Berikut Spesifikasi Lengkapnya!

Asus ROG Flow X13, Laptop yang Ringan Berikut Spesifikasi Lengkapnya!
Asus ROG Flow X13. Foto: ign.com

Asus ROG Flow X13 telah hadir dengan ukuran layar sebesar 13 inch lengkap dengan engsel yang bisa anda putar hingga 360 derajat. Layarnya telah mendukung sebuah teknologi canggih berupa Adaptive Sync.

Tak hanya itu saja, bahkan laptop ini telah mengantongi sertifikat berupa PANTONE Validated. Sehingga tingkat reproduksi dan akurasi warnanya lebih terjamin.

Asus ROG Flow X13 Terbaru dengan Jenis Layar Terbaik

Ketika memanfaatkan ajang CES 2021, perusahaan Asus telah mengumumkan jajaran laptop ROG terbarunya dengan teknologi canggih. Karena CES pada tahun ini hanya bisa berjalan secara virtual, maka pengenalan laptop bisa anda akses melalui ROG Citadel XV.

Baca Juga: Asus ROG Zephyrus G14 ACRONYM, Produk Kolaborasi Desain Stylish

Ini merupakan platform interaktif yang bisa anda nikmati dan tersedia di Steam. Pasalnya produk dari Asus ini menggabungkan portabilitas tanpa harus mengorbankan performa.

Bahkan Asus juga telah memperkenalkan laptop gaming yang memiliki layar ganda terbarunya. Sebut saja seperti ROG Zephyrus Duo 15 SE dan ROG Strix Series.

Desain Lebih Convertible

Asus ROG Flow X13 merupakan salah satu jenis laptop gaming yang memiliki bobot ringan, ringkas serta portable. Tidak seperti pada jenis laptop yang lain.

Karena laptop ini memiliki layar yang bisa di putar hingga hingga 360 derajat. Sehingga laptop gaming yang satu ini bisa tampil sebagai salah satu yang multifungsi.

Baca Juga: Asus ROG Zephyrus S17, Laptop Gaming Ramping Performa Handal

Selain itu, layarnya telah menggunakan touchscreen dan opsi panel FHD 120Hz dan panel 4K resolusi tinggi. Panel tersebut dengan perlindungan Corning Gorilla Glass dan stylus.

Dengan layar berukuran 13,4 inci ini memiliki rasio 16:10 dan cocok untuk multitasking untuk menjalankan aplikasi lain. Dengan bobot sebesar 12,3 kilogram dan tebal mencapai 15,8 mm saja.

Menggunakan Prosesor Terbaik

Asus ROG Flow X13 adalah laptop gaming inovasi baru lengkap dengan tenaga prosesor AMD Ryzen 9 5980HS dan Chip grafis NVIDIA GeForce GTX 1650. Berkat kombinasi GPU dan CPU yang lebih efisien maka laptop ini bisa bertahan hingga 10 jam.

Tak hanya itu saja, namun telah menggunakan fitur USB Power Delivery yang bisa mengisi daya dengan adapter USB Type C 100W. Dari adanya adapter tersebut, maka bisa di isi ulang daya dari 0% sampai 60% dengan waktu 39 menit saja.

Baca Juga: ASUS ROG Zephyrus GA502DU, Laptop Gamers Performa Kencang

Chip Grafis

Laptop gaming ini pertama yang ada di dunia karena mendukung ROG XG Mobile. Lalu, juga hadir dengan perangkat GPU eksternal dengan chip grafis dan NVIDIA GeForce RTX 3080 baru.

Bahkan saat anda hubungkan dengan ROG XG Mobile, maka laptop ini memiliki performa grafis yang lebih kencang.

Asus ROG Flow X13 hadir dengan tampilan secara fisik menggunakan CPU dan GPU-nya dan chip terbarunya dari AMD. Eksternal GPU nya terpasang pada bagian port di sisi kiri pada body laptop tersebut.

Selain itu dimensi GPU nya juga sangat kompak arena memiliki bobot 1 kilogram. Bahkan, dengan port tambahan mulai dari 4 USB Type A sampai RJ-45.

Sistem Pendingin

Untuk sistem pendinginnya laptop ini hadir dengan performa yang lebih tinggi pada bagian body laptop yang lebih ringkas. Selain menggunakan liquid metal untuk thermal compound-nya, laptop ini lengkap dengan 3 heatsink khusus.

Berguna untuk bisa melepas rasa panas yang lebih optimal. Sistem pendingin ini terdiri dari kipas Acr Flw baru yang bisa mengalirkan udara hingga 15% lebih sempurna.

Selain itu, untuk memastikan dalam penggunaan tanpa adanya kendala maka Asus ROG Flow X13 lengkap dengan self cleaning thermal module. Memungkinkan partikel debu yang berpotensi menyumbat pada sistem pendingin.

Kemudian akan dibuang dengan melalui terowongan khusus yang sudah terintegrasi menggunakan modul pendingin yang utama.

GPU Eksternal

Berbeda lagi dengan GPU eksternal yang memiliki konektivitas Thunderbolt. Pada ROG XG Mobile telah menggunakan konektivitas GPU Eksternal dengan jalur koneksi PCie 8x independen.

Sehingga akan mendapat bandwidth mencapai 63 Gbps tanpa membagi dengan komponen yang lain. hal ini membuatnya tanpa menimbulkan sebuah pemangkasan ketika dihubungan dengan ROG Flow X13.

Bahkan ROG CG Mobile lengkap dengan adapter menggunakan daya 280w supaya bisa berfungsi lebih optimal. Jadi ini adalah perangkat tambahan yang paling tepat untuk Asus ROG Flow X13 agar performa lebih baik terutama untuk gaming. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang