Minggu, Januari 23, 2022
BerandaBerita BisnisPerbedaan ATM Bersama, Prima, Link, dan Cirrus

Perbedaan ATM Bersama, Prima, Link, dan Cirrus

Berita Bisnis, (harapanrakyat.com),- Baru-baru ini kabar mengenai pengenaan tarif pada transaksi yang menggunakan ATM Link menjadi berita yang hangat untuk dibicarakan. Pasalnya tujuan awal dari adanya Integrasi Bank-bank BUMN melalui ATM Link ini adalah efisiensi biaya operasional.

Kabar ini menjadikan beberapa orang pada akhirnya ingin mengenal lebih dalam mengenai jenis atm seperti ATM Bersama, Prima, Link, dan Cirrus.

Pada awal adanya ATM Link biaya yang dikenakan cenderung sangat murah jika berbanding dengan transaksi pada ATM yang berbeda. Namun terdapat perubahan kebijakan pada tahun 2016.

Pada tahun 2016 seluruh transaksi dengan menggunakan ATM Link digratiskan. Kecuali jika transfer berbeda Bank.

Meskipun transfer berbeda bank dikenakan biaya. Pengenaan biayanya masih relatif rendah jika dibandingkan dengan ATM bank-bank non link.

Adanya peniadaan tarif transaksi ini menjadi kabar menggembirakan bagi masyarakat. Selain karena efisiensi biaya, para nasabah Bank Himbara ini juga akan lebih efisien dari segi waktu karena tak perlu mencari ATM yang sama dengan Bank yang digunakan.

Sayangnya pengetahuan masyarakat mengenai jenis-jenis ATM masih sangat mendasar. Masyarakat hanya menandai beberapa ATM yang tidak mengenakan biaya transaksi tanpa mengerti perbedaannya masing-masing.

Di Era digital ini perusahan perbankang akan menggunakan Jaringan Swicthing untuk memenuhi kebutuhan dari nasabahnya.

Dengan adanya jaringan Swicthing ini perbankan akan saling terhubung sehingga seluruh transaksi antar bank dapat dilakukan dengan cepat.

Penerapan pemakaian jaringan Switching ini berlaku pada beberapa Bank yang tentunya tergabung dalam jaringan Swicthing.

Biasanya Jaringan ini bermanfaat untuk beberapa  produk transaksi pelayanan seperti ATM Bersama, Prima, Link, Cirrus dan beberapa ATM yang memiliki layanan secara bersama-sama.

Sebagai tambahan informasi, di Indonesia sendiri terdapat sejumlah mesin dan juga jaringan ATM yang dapat dipergunakan. Selain ATM Bersama, Prima, Link, dan Cirrus adapula ATM ATM Alto, serta masih banyak lagi.

Pengertian ATM Bersama

Memiliki konsep yang hampir serupa dengan ATM Link. ATM Bersama juga memiliki jaringan koneksi antar bank.

Koneksi jaringan antar bank dalam ATM bersama ini jauh lebih banyak yakni sampai 90 bank. Bank-bank yang terkoneksi dalam ATM bersama ini termasuk juga Bank-bank daerah.

ATM Bersama ini merupakan salah satu jaringan Switching terbesar di Indonesia. Jaringan ini sudah mulai beroperasi pada tahun 1990.

Pada awalnya bank-bank yang terdaftar dalam jaringan sangat sedikit. Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu jumlah perbankan yang tergabung dalam jaringan ATM bersama terus meningkat bahkan kini melebihi 94 bank.

Hingga kini jaringan ATM Bersama ini sudah beroperasi selama 30 tahun dan merupakan pelopor dari jaringan antar Bank.

Selain sebagai pelopor ATM bersama ini juga telah mengubungakan hingga 80 ribu lebih mesin ATM  pada bank-bank yang berada di Seluruh Indonesia.

Faslitas yang ditawarkan oleh jaringan ATM Bersama ini adalah melayani koneksi interbank. Hal ini berarti dalam satu mesin ATM dengan logo ATM Bersama nasabah perbankan dapat mengakses berbagai layanan.

Adapun layanan transaksi yang dapat dari ATM Bersama ini adalah transaksi penarikan Tunai, transaksi cek saldo, dan juga transaksi transfer antar bank. 

Transaksi melalui ATM Bersama ini tetap bertarif, akan tetapi tarifnya relatif rendah jika berbanding dengan ATM tanpa logo ATM Bersama.

Pengertian ATM Prima

Selanjutnya ada ATM Prima.  Konsep dari ATM Prima ini memang hampir sama dengan ATM Bersama.  Namun yang membedakan keduanya adalah berasal dari perusahaan yang berbeda dan memiliki keunggulan yang berbeda.

ATM Prima ini merupakan jaringan milik Bank BCA. Namun bukan khusus untuk BCA saja, ATM Prima ini juga menghubungkan transaksi finansial antar bank pada semua jaringan ATM yang tersebar di seluruh Indonesia.

Hingga saat ini jaringan perbankan yang juga tergabung dalam Jaringan Prima ini sebanyak 78 bank. Merupakan jumlah yang lebih sedikit jika berbanding dengan ATM Bersama.

ATM Prima ini memiliki sejumlah keunggulan yakni yang paling mendasar adalah transaksi nasabah dapat terposes real time atau dalam waktu yang sama.

Meskipun transaksinya di proses dalam sekali waktu transaksi dengan menggunakan jaringan ini sudah menjamin keamanan dalam bertransaksi.

ATM Prima merupakan jaringan ATM yang cukup besar. Sehingga ATM Prima ini memiliki koneksi jaringan yang menghubungkan lebih dari 80 perusahaan perbankan.

Fitur Online Settlement yang ada jaringan ATM Prima ini juga sangat handal bahkan transaksi settlemen hanya dalam waktu satu hari kerja. Sehingga pengguna dapat dengan mudah melihat riwayat transaksi harian.

ATM Prima ini juga sudah tersebar ke seluruh pelosok negeri. Bahkan hingga kini sudah tercatat sebanyak 120. 000.000 kartu Debit atau ATM sudah berlogokan ATM Prima yang secara otomatis terhubung dengan jaringan Prima.

Dengan adanya persebaran ATM Prima tersebut sedikitnya hingga kini sudah 120.000 ATM terkoneksi dengan internet banking. Selain itu juga mobile Banking, dan Digital Channel yang sudah ada di Indonesia.

ATM Link ini merupakan ATM yang gabungan dari 4 perusahaan perbankan milik negara. Antara lain Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Mandiri, dan juga Bank Tabungan Negara (BTN.

Memiliki fungsi yang sama dengan ATM Berlogo lainnya. Akan tetapi ATM ini dibuat secara khusus untuk meningkatkan pelayanan terhadap nasabah Bank Milik negara ini.

Pada ATM Link ini nasabah dapat melakukan berbagai jenis transaksi perbankan yang umum. Seperti pengecekan saldo, penarikan Tunai,  transfer antar bank, pembayaran tagihan, pembelian pulsa telepon, isi ulang elektronik dan juga beberapa transaksi perbankan lainnya.

Karena khusus bagi pengguna bank miliki negara, tarif transaksi pada ATM Link ini lebih rendah dari transaksi pada ATM Bank lain. Sejak awal peluncuran ATM Link ini bahkan tarif transfer antar bank masih sama yakni sebesar Rp. 4.000.

Sementara untuk tarif pengecekan saldo yang pada umumnya masih terdapat tarid 5 ribu rupiah hingga 7 rbu rupiah. Khuus dengan ATM link ini tidak ada biaya penarikan tunai dan pengecekan saldo.

Pengertian ATM Cirrus

Jika ATM Bersama, Prima, dan Link merupakan jaringan yang menghubungkan perbankan dalam negeri. ATM Cirrus ini merupakan jaringan ATM Internasional yang merupakan anak cabang dari perusahaan Mastercard.

ATM Cirrus ini memiliki basis di New York Amerika serikat. Perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 1982 lalu.

Umumnya ATM Cirrus akan diikuti dengan ATM Mastercard dan juga Maestro. Ketiga logo tersebut menandakan bahwa ATM sudah terintegrasi dengan jaringan perbankan di seluruh dunia.

Namun di Indonesia sendiri perbankan yang menggunakan Cirrus ini baru BCA dan juga BNI saja. Sehingga jenis kartu debit yang dapat digunakan untuk bertransaksi di luar negeri hanyalah kartu milik nasabah BCA dan juga BNI saja.

Nasabah dengan kartu yang sudah bertanda Cirrus, Mastercard, dan juga Maestro tentunya dapat melakukan tarnsaksi sampai di 93 negara  yang tersebar di seluruh dunia.

Meskipun dapat digunakan di luar negeri, tentunya transaksi pada ATM Berlogo Mastercard, Cirrus, dan maestro ini memiliki tarif. Tarif untuk transaksi penarikan tunai adalah 25 ribu rupiah, sedangkan transaksi untuk pengecekan saldo adalah 5 ribu rupiah.

Akan tetapi yang menjadi keunggulan dari ATM ini adalah. Meskipun nasabah menggunakan ATM yang terdapat di luar negeri transfer antar sesama bank tidak terkena biaya.

- Advertisment -