Back Tap iPhone Fitur Tersembunyi dengan Beragam Manfaat

Back Tap iPhone
Ilustrasi Back Tap iPhone. Foto: Ist/Net

Back Tap iPhone merupakan salah satu fitur yang paling menarik yang terdapat pada iOS 14 iPhone. Melalui fitur ini memungkinkan pengguna iPhone 8 hingga seri terbaru untuk dapat mengetuk dua hingga 3 kali pada bagian belakang perangkat.

Hal ini bertujuan untuk dapat melakukan tindakan tertentu. Sebagai contoh pengguna dapat menyetel ketukan dua kali untuk screenshot. Selain itu juga pengguna dapat menyesuaikan untuk pintasan pada aplikasi atau setelan yang pengguna inginkan seperti ke Google Assistant atau Siri.

Mengenal Fitur Back Tap iPhone

Apple seringkali menyembunyikan berbagai fungsi yang terdapat pada fitur aksesibilitas, dan hal ini jarang sekali pengguna iPhone ketahui. Faktanya, beragam fungsi dari fitur-fitur tersebut sangat menarik untuk anda ketahui bahkan memanfaatkannya.

Baca Juga : iPhone Could Not Be Restored, Coba Gunakan Cara untuk Mengatasinya

Melalui fitur “Back Tap” yang tersemat pada iOS 14, maka para pengguna dapat lebih menyederhanakan penggunaan perangkat ponselnya. Fitur Back Tap merupakan salah satu yang Apple sembunyikan.

Perusahaan HP ternama ini memperkenalkan fitur Back Tap melalui rilis iOS 14 dan telah teruji secara ekstensif oleh penguji selama beberapa bulan.

Di balik fitur ini, Apple memberikan kemungkinan untuk mengaktifkan berbagai fungsi dengan mengetuk dua kali atau tiga kali pada bagian belakang perangkat iPhone.

Kelebihan Fitur Back Tap iPhone

Fitur Back Tap ini adalah salah satu cara mudah serta sederhana dalam melakukan kendali pada perangkat mobile ini atau pada fitur tertentu. Dengan hadirnya fitur ini dapat menjadikan pengguna merasa lebih nyaman. Pasalnya mampu mengendalikan sejumlah aksi tertentu dengan cukup mengetuk pada bagian belakang dari perangkat.

Baca Juga : Setting Kamera iPhone Tidak Mirror, Simak Cara Praktisnya!

Berikut ini beberapa kumpulan aksi yang dapat dikendalikan oleh fitur Back Tap yang terdapat pada iOS 14 antara lain:

System

Terdiri dari Volume Up, Volume Down, Shake, Spotlight. Screenshot, Reachability, Notification Center, Mute. Selain itu juga Lock Screen, Home, Control Center serta App Switcher.

Scroll Gesture

Fitur ini mampu mengendalikan Scroll Up dan Scroll Down.

Accessibility

Antara lain AssistiveTouch, Classic Invert, Magnifier, Smart Invert, zoom, VoiceOver, dan Speak Screen.

Hingga saat ini belum ada konfirmasi yang cukup jelas mengenai jenis sensor apakah yang digunakan oleh Apple dalam menghadirkan fitur Back Tap.

Baca Juga : Cara Aktifkan eSIM di iPhone Terbaru Secara Mudah, Simak Informasinya

Akan tetapi dalam beberapa laporan yang menyatakan bahwa fitur ini hanya dapat bekerja pada perangkat iPhone yang mempunyai fitur Tap-to-wake atau fitur ketuk bangun yang bernama Proximity Sensor. Maka penting untuk anda perhatikan bahwa tidak semua iPhone memperoleh kelengkapan Fitur Back Tap ini.

Cara Menggunakan Fitur Back Tap iPhone

Namun sayang sekali, melalui laman resmi Apple menjelaskan bahwa fitur Back Tap hanya tersedia pada beberapa tipe iPhone saja. Tipe iPhone tersebut antara lain iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone X, iPhone XR, iPhone XS Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro Max, serta iPhone 11 Pro.

Apabila iPhone anda termasuk pada tipe yang telah disebutkan di atas serta ingin mencoba fitur Back Tap iOS 14, berikut ini cara menggunakannya antara lain:

  • Langkah pertama, upgrade terlebih dahulu perangkat iPhone anda supaya menjadi iOS 14
  • Selanjutnya, buka menu setting kemudian pilih Accessibility lalu pilih Touch
  • Berikutnya gulir layar ke bagian bawah hingga menemukan menu “back Tap”
  • Proses selanjutnya anda akan menemukan pilihan “Double Tap” atau “Triple Tap”. Lalu pilih fungsi masing-masing tap sesuai dengan kebutuhan anda.
  • Fungsi yang anda inginkan selanjutnya dapat anda pilih sesuai yang terdapat pada gambaran umum.
  • Selanjutnya Apple akan menawarkan daftar panjang yang kemungkinan telah ia siapkan. Lalu, yang dapat anda perpanjang secara signifikan melalui Pintasan.

Berikutnya, fungsi dari item yang anda pilih dapat anda aktifkan setelah pemilihan pada layar awal, pada aplikasi atau langsung dari layar kunci. Meskipun dapat memberikan kemudahan dalam beberapa fungsi, pengenalan atau diferensiasi dua atau tiga sentuhan pada bagian belakang perangkat iPhone.

Akan tetapi hal ini tidak selalu dapat berfungsi secara sempurna. Selain itu, fungsi dari item juga tergantung dengan smartphone yang anda gunakan. Maka anda mungkin harus membiasakan diri dengan penggunaan fitur Back Tap setelah berhasil melakukan pengaturan.

Bagi anda pengguna produk Apple sesuai dengan kriteria di atas, semakin penasaran dengan fitur Back Tap iPhone. Segera aktifkan fitur ini pada perangkat anda dan dapatkan kemudahan yang Back Tap tawarkan. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto