Badan Menggigil Tiba Tiba Saat Tidur, Kenali Faktor Penyebabnya

badan menggigil tiba tiba saat tidur
Penyebab badan menggigil tiba tiba saat tidur. Foto: Ist/Net

Badan menggigil tiba tiba saat tidur termasuk keadaan yang sering terjadi. Bisa karena AC atau kipas angin yang terlalu dingin maupun karena serangan penyakit. Mengenal faktor penyebabnya akan membantu kita untuk mengatasinya.

Tidur merupakan momentum bagi tubuh untuk beristirahat. Pada saat terlelap itulah tubuh akan melakukan proses regenerasi sel-sel tubuh yang mati untuk berganti dengan yang baru. Sehingga saat bangun tubuh akan terasa lebih bugar.

Namun tak jarang tidur lelap kita bisa terganggu karena tubuh merasakan dingin. Dengan menyelimuti tubuh dengan selimut mungkin problem teratasi. Namun tak jarang kondisi ini tidak segera membaik.

Baca Juga: Tenggorokan Panas dan Gatal, Kenali Penyebab dan Pencegahannya

Penyebab Badan Menggigil Tiba Tiba Saat Tidur

Apakah anda pernah mengalami kondisi tubuh yang terasa dingin secara mendadak pada saat sedang tidur? Jika anda pernah mengalaminya, itu artinya tubuh sedang mengirim sinyal kurang sehat kepada anda.

Kondisi badan yang terasa dingin ada banyak faktor yang menyebabkannya. Berikut adalah sebab-sebab mengapa badan menggigil tiba tiba saat tidur yang sebaiknya anda tahu.

Terpapar Udara Dingin

Kondisi dimana badan menggigil tiba-tiba saat tidur, tidak selalu disebabkan oleh kondisi organ tubuh yang tidak fit. Badan yang menggigil tiba tiba juga bisa disebabkan  tubuh anda tidak kuat terpapar udara dingin.

Oleh karena itu, jika anda mengalami kondisi ini, jangan langsung melakukan self diagnosis terhadap diri anda. Bisa jadi, tubuh anda sedang bereaksi terhadap udara di sekeliling anda.

Namun, jika kondisi ini terus berlanjut, lebih baik anda segera memeriksakan diri ke dokter.

Demam

Kita perlu mengetahui bahwa demam bukanlah suatu penyakit, melainkan suatu bentuk mekanisme tubuh untuk melawan infeksi. Seseorang bisa diidentifikasi demaam ketikaa suhuuu tubuhnya melebihi 37,7 derajat celcius.apa anda bisa tiba-tiba menggigil saat demam?

Ketika anda demam, itu berarti bagian tubuh anda ada yang mengalami peradangan atau mengalami reaksi alergi. Nah, tubuh anda akan merespon kondisi ini demam, yang mana bisa menyebabkan tubuh anda menggigil. 

Demam yang normal biasanya hanya berlangsung selama 3 hari. Apabila anda demam lebih dari 3 hari, lebih baik segera periksa ke dokter.

Baca Juga: Penyebab Perut Panas, Kenali Makanan yang Dikonsumsi

Hipoglikemia

Kadar gula darah rendah atau hipoglikemia juga dapat mempengaruhi kinerja tubuh Anda. Gangguan ini juga bisa menyebabkan badan menggigil tiba tiba saat tidur.

Kondisi ini bisa terjadi setelah Anda tidak makan dalam jangka waktu yang lama. Namun juga bisa karena tubuh tidak bisa mengelola gula darah dengan benar.

Gejala hipoglikemia yang lain ialah  tubuh berkeringat, jantung berdebar, penglihatan kabur, rasa menggelitik di sekitar mulut, atau bahkan kejang-kejang.

Hipoglikemia pada penderita diabetes dapat berlangsung parah sehingga sebaiknya segera menemui dokter untuk mendapatkan penanganan medis.

Hipotiroidisme

Penyakit hipotiroidisme juga bisa menjadi penyebab badan menggigil tiba-tiba saat tidur. Ini sebenarnya merupakan suatu kondisi penurunan fungsi organ yang ditandai dengan ketidakmampuan kelenjar tiroid untuk memproduksi hormon dalam jumlah cukup.

Hal ini akan mengganggu proses metabolisme pada tubuh. Kondisi ini bisa meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap suhu dingin yang membuat badan menggigil tiba-tiba saat tidur.

Aktivitas Fisik Berlebihan

Kegiatan fisik yang terlalu ekstrim juga bisa menjadi penyebab mengapa badan menggigil tiba tiba saat tidur. Aktivitas ekstrem ini bisa berupa olahraga ekstrem atau aktivitas anda terlalu padat.

Melakukan kegiatan yang ekstrim tersebut membutuhkan pengerahan fisik intens yang  dapat menyebabkan perubahan pada suhu inti tubuh sehingga badan tiba-tiba menggigil. Kondisi tersebut, merupakan respon tubuh yang wajar.

Apabila anda mengalami badan yang menggigil tiba-tiba setelah olahraga, atau melakukan aktivitas fisik yang berat, berarti tubuh anda memiliki limit terhadap aktivitas yang anda kerjakan.

Oleh karena itu, pahami limit atau batas kemampuan tubuh anda dan jangan melakukan aktivitas yang berlebihan.

Efek Samping Obat-Obatan

Ketika tubuh anda menggigil tiba tiba saat malam, jangan langsung merasa khawatir dan merasa anda memiliki penyakit dalam. Bisa jadi, itu merupakan efek samping  jikaa anda mengonsumsi obat-obatan.

Apalagi jika anda mengonsumsi obat-obatan yang dijual bebas seperti produk herbal, suplemen kesehatan, atau obat-obatan yang tanpa menggunakan resep dokter.

Oleh karena itu untuk menghindari efek samping semacam ini, jangan mengonsumsi obat-obatan secara sembarangan.

Itulah sejumlah penyebab mengapa badan menggigil tiba tiba saat tidur. Pastikan anda selalu menjaga kesehatan agar terhindar dari keluhan ini. Selain dengan mengonsumsi makanan bergizi, juga dengan olahraga yang rutin. (R11/HR Online)

Editor: Jujang