Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita TerbaruBerapa Lama Lemak Tubuh Akan Hilang? Nggak Sabar Pengen Langsing

Berapa Lama Lemak Tubuh Akan Hilang? Nggak Sabar Pengen Langsing

Jika sudah menjalani diet dan melakukan olahraga, berapa lama lemak tubuh akan hilang? Pertanyaan itu mungkin sering terlintas oleh kamu yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Sehingga tak heran kamu pun mulai bertanya-tanya kapan bisa melihat perubahannya.

Menerapkan pola hidup sehat ternyata tidak bisa dilihat hasilnya dalam waktu singkat, lho. Sehingga kamu harus menerapkan diet dalam jangka panjang, kalau bisa seumuran hidup agar manfaatnya terasa sampai tua nanti. Selain itu kamu juga perlu mengimbangi dengan olahraga.

Baca Juga: Kerugian Orang Gemuk dan Bahaya Kegemukan Bagi Kesehatan

Perhitungan Berapa Lama Lemak Tubuh Akan Hilang?

Berikut ini waktu yang kamu perlukan hingga lemak dalam tubuh benar-benar luruh dan berat badan ideal yang kamu idamkan akhirnya terwujud:

1-3 Bulan: Stamina Semakin Meningkat

Setelah menerapkan pola hidup sehat kurang lebih selama 3 bulan, mungkin belum terlihat perubahan pada tubuh. Tapi kamu akan merasa tubuh lebih enteng dan stamina semakin meningkat. Kalau biasanya waktu senggang cuma dipakai ngemil dan rebahan, sekarang kamu cenderung lebih banyak bergerak.

Manfaatkan waktu senggang untuk tetap produktif, seperti membereskan kamar dan membersihkan kuas make up. Hal-hal kecil seperti ini akan membantu pikiran tetap terorganisir, sehingga kamu tidak akan galau menyambut hari senin.

3-6 Bulan: Orang Akan Melihat Perubahan

Berapa lama lemak tubuh akan hilang? Setelah menerapkan pola hidup sehat kurang lebih selama 3-6 bulan, orang lain mulai melihat perubahan pada tubuh kamu. Lemak yang semula menumpuk di lengan dan perut mulai berkurang karena kamu sering berolahraga.

Baca Juga: Postur Tubuh yang Ideal, Begini Cara Membentuknya

Menu makanan sehat membantu pencernaan jadi lebih lancar, sehingga perut mulai mengecil. Jika biasanya kamu berolahraga dengan gerakan ringan, sekarang intensitasnya mulai bertambah. Kamu pun lebih semangat membakar kalori karena sudah melihat hasilnya.

6-9 Bulan: Lemak di Tubuh Bagian Bawah Hilang

Untuk menghilangkan lemak di paha dan betis memang diperlukan usaha yang lebih keras. Berapa lama lemak tubuh akan hilang, terutama di bagian kaki? Dengan pola makan gizi seimbang dan olahraga rutin, bukan tidak mungkin lho kaki ramping bisa kamu dapatkan.

Ketika membakar lemak di kaki, imbangi olahraga dengan gerakan yang bisa membentuk otot. Tak hanya kaki ramping, bahu yang lebih kekar juga akan membuat tubuh kamu menjadi proporsional.

9-12 Bulan: Gaya Hidup Sudah Ada Pada Diri Sendiri

Jika sudah menerapkan diet dan melakukan olahraga selama 9-12 bulan, tubuhmu tentu sudah jauh berbeda. Kamu mulai merasa nyaman dengan gaya hidup saat ini dan memiliki kesadaran untuk terus menjalaninya tanpa paksaan.

Menerapkan pola makan sehat dan rutin berolahraga tak hanya mengubah bentuk tubuh menjadi lebih ideal, tapi juga membuat kamu bebas bergerak. Manfaat lainnya, resiko terkena penyakit semakin kecil.

Jadi, berapa lama lemak tubuh akan hilang? Tidak ada patokan yang sama untuk setiap orang karena masing-masing memiliki metabolisme berbeda. Namun, jika kamu menerapkan pola hidup sehat dengan konsisten, orang pasti akan melihat perubahan pada tubuhmu. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu