Rabu, Juli 6, 2022
BerandaBerita TerbaruBMW M3 E30, Tampilan Keren dan Mesin Bertenaga 800 DK

BMW M3 E30, Tampilan Keren dan Mesin Bertenaga 800 DK

BMW M3 E30 hadir ke hadapan publik dengan melakukan modifikasi. Tidak hanya menyentuh pada bagian eksterior mobil. Namun juga sukses menjadikannya mobil balap DTM. BMW M3 ini sukses menyita perhatian. Dengan menyematkan livery Tic Tac dan juga ubahan pada kaki-kakinya.

Tidak hanya memiliki tampilan yang terbilang keren. Namun M3 E30 ini juga memperoleh banyak ubahan pada sektor jantung pacunya. Mesin aslinya 2.300 cc milik M3 E30 telah digantikan. Dengan unit berkode S52B32 milik BMW M3 E36 khusus pasar Amerika.

Mesin BMW M3 E30 Terbaru

Tidak hanya dibiarkan dengan tampilan polos. Mesin dengan kapasitas 3.200 telah disuntik vitamin. Sehingga menghasilkan tenaga sebesar 800 DK (597 kilowatt). Mulai dengan upgrade turbocharger dan intercooler yang lebih besar. Selain itu dengan menambahkan asupan komponen piston dan rod baru.

Tampilan coupe sport ini begitu menonjol dan jauh dari kata halus. Penggunaan mesin yang berasal dari S52B32. Mesin BMW M3 E30 tersebut merupakan unit aslinya BMW M3 E36 di pasar Amerika Serikat (AS).

Pada bawah kap mesinnya, jantung pacu asli inline-four tergantikan dengan inline-six 3.200cc. Mesin tersebut berasal dari mesin M3 E36. Mesin ini mampu menghasilkan torsi 350 Nm. Pada transmisinya yang manual lima kecepatan.

Baca Juga : BMW 840i Golden Thunder Edition, Satu-Satunya Unit di Indonesia

Selain itu juga menggunakan penggerak roda belakang. Bobot dari M3 E30 hanya 1.200 kilogram. M3 E30 yang memiliki ECU baru yang akan mendorong output tenaganya. Apabila menggunakan bensinnya beroktan 91 dan etanol.

Sedangkan untuk bagian gearboxnya menggunakan transmisi manual 5 percepatan. Namun milik  E36 M3 yang sudah melalui modifikasi. Terlepas dari area mesinnya, kondisi bagian dalam kabin  yang masih full standar. BMW M3 E30 yang tampak terawat dengan dominasi warna hitam.

Sistem manajemen mesinnya kemungkinan akan beralih. Pada tujuh pengaturan boost dengan lebih cepat. Mobil ini juga mengalami peningkatan lagi. Peningkatan dengan hadirnya kopling baru, pelat tekanan, dan flywheel ringan. Selain itu juga terdapat differential selip terbatas belakangnya.

Spesifikasi

Mobil BMW ini yang sudah memiliki spakbor yang lebih lebar. Spakbor berasal dari model Seri 3 stok pada saat itu.  Mobil tersebut memperoleh kit wide body LTO yang membuatnya semakin luas. Pemiliknya sedikit mengubah livery Tic Tac aslinya. Termasuk dengan menghilangkan bagian logo mint dari sisi mobilnya.

Baca Juga : BMW 520i M Sport Hadir Untuk BMW Seri 5 Terbaru

Sentuhan tersebut membuat garis emasnya menjadi bagian desain yang tampak menonjol. Pada bagian sayap double plan yang besar. Selain itu juga splitter depan runcing dan diffuser belakang. Bagian tersebut bukan bagian dari desain aslinya mobil BMW M3 E30.

Namun, komponen tersebut sesuai dengan tampilan mobilnya. Tentunya yang sudah siap untuk berkompetisi. Sehingga mobil tersebut yang tidak tampak canggung. Pada bagian dalamnya, terdapat jok depan asli dan bangku belakang.

Tidak hanya itu bagian dalamnya juga terdapat kartu pintu. M3 E30 terdapat bagian layarnya 3,5 inci dalam kabinnya. Layar tersebut memungkinkan dalam pemantauan angka-angka penting. Seperti  halnya boost dan tekanan bahan bakarnya.

Eksterior

Sentuhan yang terdapat pada bagian eksteriornya. Tentu membuat tampilan BMW M3 E30 makin nyaman untuk melihatnya. Tambahan dengan laburan livery Tic Tac. Tampak begitu atraktif dengan warna dasarnya yang putih.

Baca Juga : BMW 840i Gran Coupe, Mobil yang Sporty dan Mewah

Selain itu yang mobil ini hadir dengan paduan aksen hijau, orange, dan tempelan logo sponsor. Livery yang membalut tubuh sedan sports besutan BMW ini. Tampak semakin sangar dengan body kit custom yang ada.

Paling mencolok dari BMW M3 E30, dengan sentuhan over fender. Sentuhan pada keempat sudut yang menjadikan tampilannya lebih besar dari standarnya. Termasuk aplikasi bagian sayap ganda berukuran besar. Tidak hanya itu diffuser belakangnya memberi kombinasi tampilannya lebih agresif.

Beralih pada bagian sektor kaki-kaki, M3 E30 kini ditopang suspensi udara. Selain itu juga aplikasi pelek model bintang dengan ukuran lebar. Tambahan lain seperti halnya sistem pengereman lengkap dengan kaliper. Kaliper yang berasal  dari BMW seri 3 E46 dan rotor pada setiap rodanya.

Namun M3 E30 yang tidak menyediakan AC. Sehingga pada perjalanan musim panas mungkin akan terasa sedikit tidak nyaman. Saat berada dalam mobil akan terasa sedikit lebih panas.

BMW M3 E30 yang kini telah melakukan  modifikasi. Tidak hanya memiliki tampilan baru yang lebih keren. Namun juga memiliki mesin yang menghasilkan tenaga sebesar 800 DK. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto