Kamis, Oktober 21, 2021
BerandaBerita TerbaruBuat Folder di HP, Solusi Aman Menyimpan Data Penting di Ponsel

Buat Folder di HP, Solusi Aman Menyimpan Data Penting di Ponsel

Buat folder baru di HP dapat menjadi alternatif untuk menyimpan berbagai data penting. Hal ini dapat anda lakukan dengan berbagai cara yang cukup mudah. Di antara pengguna smartphone mungkin saja biasa menyimpan file penting atau bahkan rahasia pada perangkat HP mereka.

Hal ini dapat berupa berkas digital dari dokumen pribadi seperti kartu keluarga, ijazah, akta kelahiran, dan lain sebagainya. Beragam berkas tersebut dapat diperlukan kapan saja, sehingga sebagian orang memiliki kebiasaan menyimpannya pada smartphobe.

Untuk menyimpan berkas-berkas penting tersebut, maka sebaiknya anda menyiapkan sebuah folder khusus pada perangkat HP yang anda gunakan. Sehingga dokumen pribadi tersebut hanya boleh anda akses atau oleh orang-orang tertentu atas izin anda.

Cara Buat Folder Baru di HP

Keamanan data merupakan salah satu hal yang paling penting, termasuk pada smartphone yang anda gunakan. Pasalnya, jika data penting tersebut dapat dengan mudah diakses oleh orang lain, maka bisa saja ada oknum yang tidak bertanggung jawab menyalahgunakan data-data atau dokumen pentingnya.

Sebenarnya tujuan menyimpan dokumen di HP untuk memudahkan apabila sewaktu-waktu dokumen tersebut anda perlukan. Namun bagaimana jadinya, apabila dokumen penting yang terdapat pada galery smartphone dapat terekspose dengan mudah oleh orang lain.

Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan. Dengan demikian, folder yang anda buat pada perangkat HP memiliki peranan penting untuk menyimpan file dokumen penting yang anda miliki.

Baca Juga : Transfer SMS ke HP Baru Mudah, Berikut Rincian Tutorial Lengkapnya

Proses Buat Folder di HP dengan Menggunakan File Manager

Bagi anda yang ingin buat folder langsung pada penyimpanan perangkat atau kartu SD, maka anda dapat memanfaatkan adanya File Manager. Adapun langkah-langkah yang dapat anda lakukan adalah:

  1. Buka file manager pada HP Android anda.
  2. Selanjutnya, pilih letak folder yang akan anda tambah pada penyimpanan perangkat atau kartu SD.
  3. Langkah berikutnya, pilih menu “Lainnya” yang terletak pada bagian kiri atas.
  4. Lau pilih Membuat Folder.
  5. Cara buat folder di HP dengan menggunakan File Manager berikutnya adalah tambah dan pilih “Membuat”.
  6. Proses membuat folder baru pun selesai. Anda tinggal memindahkan file ke dalam folder baru. Pilih file atau gambar yang akan anda pindahkan ke dalam folder baru. Selanjutnya pilih “Lainnya” yang berada di kiri atas.
  7. Kemudian pilih “Pindahkan”.
  8. Klik selesai pada folder baru anda.

Apabila folder yang anda buat muncul pada galeri, maka restart HP anda. Hal ini hanya berlaku apabila folder yang anda buat berfungsi untuk menyimpan foto, gambar, atau video.

Baca Juga : Setting Push Email Yahoo pada HP Android, Berikut Tutorial Lengkapnya!

Cara Buat Folder di HP dengan Menggunakan Galeri

Tujuan dari pembuatan folder baru di galeri ponsel adalah mengatur koleksi foto ataupun video supaya nampak lebih rapi. Berikut ini langkah-langkah yang dapat anda lakukan, antara lain:

  1. Langkah pertama, buka galeri pada HP Android anda.
  2. Selanjutnya pilih “Lainnya” yang berada pada bagian atas kiri.
  3. Kemudian pilih “Buat Album”
  4. Lalu pilih letak penyimpanan folder baru sesuai dengan yang anda inginkan.
  5. Proses berikutnya, buat nama folder anda serta pilih Buat.
  6. Cara buat folder di HP dengan menggunakan galeri, berikutnya adalah pilih foto atau gambar yang akan anda pindahkan ke dalam folder baru. Lalu pilih “Selesai” yang berada pada bagian kiri atas.
  7. Berikutnya akan muncul pertanyaan apakah anda akan menyalin atau memindahkan gambar. Apabila anda ingin menyalin gambar ke folder baru, anda pilih “Salin”. Namun jika anda ingin memindahkan gambar ke folder baru, pilih “Pindah”.
Baca Juga : Memindahkan Google Authenticator ke HP Baru Lebih Aman, Ini Caranya!

Cara Mengakses Dokumen yang Tersimpan pada Folder Baru

Setelah mengetahui cara buat folder di HP, maka anda juga perlu tahu cara mengakses file yang tersimpan pada folder baru. Caranya cukup mudah, anda tinggal buka aplikasi File Manager, kemudian pilih “Setting”.

Selanjutnya cari opsi Tampilkan Folder Tersembunyi atau Shows Hidden Folder. Dalam hal ini, pastikan anda mengingat dengan pasti di mana letak path folder tersebut berada. Apabila berada pada path yang benar, maka anda akan memperoleh folder baru anda yang nampak sama seperti folder pada umumnya.

Akan tetapi, folder tersebut nampak agak transparan. Cukup mudah bukan cara buat folder di HP yang anda miliki? Maka dijamin dokumen penting akan tersimpan dengan aman dan hanya anda sendiri yang dapat mengaksesnya. (R10/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img