Bukber di Kuburan, Cara Unik Warga Tasikmalaya Jalin Kebersamaan

Bukber di kuburan
Warga Tasikmalaya saat bukber di kuburan. Foto: Apip/HR

Berita Tasikmalaya, (harapanrakyat.com),- Puluhan warga Cikunten, Kelurahan Kahuripan, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya menggelar bukber di kuburan. Kegiatan tak biasa itu berlangsung tidak jauh dari rumah mereka.

Komplek pemakaman yang biasa terbilang seram, namun bagi mereka justru sebaliknya. Bahkan, saat acara berlangsung tampak begitu khidmat dan mereka menikmatinya dengan suka cita.

Ustaz Deni Hidayatullah, tokoh masyarakat setempat, mengatakan, pada umumnya bukber berlangsung di rumah makan maupun kafe.

Namun pihaknya terinspirasi melakukan kegiatan tersebut karena warga biasa melakukan gotong royong bersih-bersih makam.

 “Makanya sekalian saja kita bukber di makam,” katanya.

baca juga: Masalah THR, Ribuan Karyawan PT Theodor Tasikmalaya Demo

Menurutnya, warga tidak ada yang takut melakukan kegiatan tersebut. Apalagi beberapa dari mereka sudah biasa melakukan bersih-bersih sebulan sekali di lokasi tersebut.

Deni menambahkan, bukber di rumah masa depan itu tiada lain untuk mengingatkan agar warga tidak terlena dengan kehidupan yang fana ini, apalagi dengan harta dan jabatan yang tidak mungkin dibawa mati.

“Ini untuk mengingatkan kita kalau mati akan masuk kuburan yang mana rumah masa depan kita. Bersih-bersih makam memang sudah rutin setiap menjelang idul fitri, sedangkan bukber di kuburan baru kali ini,” pungkasnya. (Apip/R6/HR-Online)