Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Ampuh Mengiris Bawang Tanpa Mengeluarkan Air Mata

Cara Ampuh Mengiris Bawang Tanpa Mengeluarkan Air Mata

Cara ampuh mengiris bawang supaya tidak mengeluarkan air mata sebetulnya sangat mudah. Tak sedikit orang yang malas mengiris atau memotong bawang lantaran pasti akan mengeluarkan air mata.

Jika anda merasa malas ketika harus mengiris bawang dengan alasan tersebut, mulai sekarang tak perlu khawatir lagi. Karena ada cara-caranya supaya anda tidak sampai menangis saat memotong bawang.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa cara untuk menghindari keluar air mata ketika sedang memotong atau mengiris bawang.

5 Cara Ampuh Mengiris Bawang Tanpa Menangis

Mendinginkan Bawang

Baca Juga : Pertama di Dunia, Jepang Berhasil Kembangkan Bawang Bebas Air Mata

Mendinginkan bawang merah maupun bombay selama 10-15 menit dalam freezer, atau 30 menit dalam lemari es sebelum dipotong adalah salah satu caranya.

Pasalnya, dengan mendinginkan bawang terlebih dahulu sebelum mengirisnya bisa membantu mencegah senyawa tersebut masuk ke dalam mata anda.

Namun, perlu anda ketahui pula bahwa meninggalkan bawang merah maupun bawang bombay dalam lemari es terlalu lama akan membuatnya menjadi melunak. Bahkan proses pembentukannya bisa meningkat.

Gunakan Pisau Tajam

Selain  mendinginkan, cara ampuh mengiris bawang agar tidak mengeluarkan air mata yang berikutnya yaitu harus memakai pisau tajam.

Dengan menggunakan pisau yang tajam bisa memastikan proses mengiris atau memotong bawang menjadi lebih mulus dan cepat. Karena, menghindari penghancuran dapat membantu mencegah pelepasan asam lebih sedikit.

Baca Juga : Proses Terbentuknya Air Mata Saat Menangis dan Fungsinya

Kemudian, anda juga harus membuang atau memotong sedikit ujung akarnya. Bawang memiliki akar kecil berserabut. Metode seperti ini bisa memungkinkan senyawa belerang berbahaya pada bagian akarnya keluar.

Setelah itu, anda bisa membuang ujung runcing pada bawang bombay, Lalu mengupas bagian kulitnya, baru mengirisnya dengan sedikit mengeluarkan air mata.

Rendam Bawang Dalam Air

Cara ampuh mengiris bawang selanjutnya yaitu dengan menghindari tangisan bila anda memotong bagian ujung bawangnya. Kemudian langsung letakan dalam semangkuk air.

Nantinya air rendaman bawang bakal mengeluarkan asam, jadi tidak akan membuat mata anda menangis saat mengirisnya. Namun, secara umum jika menggunakan cara ini akan membuat rasa bawang menjadi lebih lemah.

Baca Juga : Drama Korea Sad Ending Terfavorit, Siap-Siap Banjir Air Mata

Perhatikan Ventilasi Udara

Buka jendela yang ada dekat tempat anda mengiris bawang. Ini menjadi salah satu cara ampuh mengiris bawang dan dapat membantu menghilangkan paparan asap yang berbahaya.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan kipas dapur atau kipas angin kalau tersedia. Kemudian, pastikan pula mengibaskan asap berbahaya dari wajah anda. Jadi bukan malah ke arahnya.

Karena, bahan kimia lebih gampang menyebarnya melalui udara yang hangat, sehingga akan mengiritasi mata hingga menyebabkan keluar air.

Gunakan Kacamata

Sejumlah orang punya kelenjar lachrymal. Secara alami kelenjar tersebut lebih sensitif ketimbang yang lainnya. Bagi individu yang secara alami lebih rentan terhadap asap tersebut, mungkin cara ini tidak akan efektif.

Apabila anda sendiri yang mengalami hal itu, maka anda bisa mencoba menggunakan kacamata untuk mencegah asap berbahaya sampai ke mata anda.

Itulah 5 cara ampuh mengiris bawang merah maupun bawang bombay supaya mata tidak sampai mengeluarkan air. (R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah