Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita BisnisCara Kerja Payment Gateway dan Manfaatnya untuk Bisnis

Cara Kerja Payment Gateway dan Manfaatnya untuk Bisnis

Bagaimana sih cara kerja payment gateway? Masih banyak orang yang belum mengetahui tentang sistem pembayaran online jenis ini. Padahal ada banyak manfaat payment gateway terutama bagi para pebisnis online.

Zaman globalisasi dan millenium telah kita lewati saat ini. Perubahan maupun perkembangan zaman pun berlangsung cepat, khususnya kemajuan teknologi yang begitu cepat.

Jika mendengar pertanyaan apa itu payment gateway mungkin sebagian besar orang merasa asing dengan istilah itu. Bahkan masih banyak yang kesulitan untuk menjawabnya dengan tepat dan benar.

Untuk mengetahui secara lebih detail, maka kita pelajari dulu pengertian payment gateway. Payment gateway adalah layanan atau sarana penghubung antara proses jual beli secara online melalui internet.

Cara kerja payment gateway juga mudah. Untuk menggunakan layanan ini kita harus menggunakan aplikasi yang akan melaksanakan proses pembayaran online tersebut. Baik lewat transfer bank, kartu kredit, atau mekanisme lainnya.

Baca juga: Payment Gateway Indonesia, Ini Daftar yang Terpopuler

Kemajuan teknologi telah membuat perangkat teknologi pun berubah dari hari ke hari. Salah satu kemajuan teknologi yang memberikan dampak dan perubahan besar bagi dunia bisnis adalah perkembangan digitalisasi yang kian pesat.

Digitalisasi memang berpengaruh terhadap segala bidang kehidupan manusia. Namun efek yang sangat terasa dari perkembangan digitalisasi ini adalah dalam bidang usaha atau bisnis.

Misalkan transaksi jual beli yang tak hanya secara offline namun telah berubah secara online. Baik lewat toko online, ecommerce, hingga sosial media. Tren belanja online pun kini telah menjadi life style baru manusia abad ini.

Cara Kerja Payment Gateway Indonesia

Sekarang manusia dimanjakan dengan perkembangan teknologi digital yang ada. Untuk berkomunikasi tinggal menekan nomor HP. Untuk membeli barang yang kita inginkan juga tinggal mencari barang melalui HP ke online shop atau marketplace.

Pada waktu dahulu memang untuk membeli barang sesuatu kebutuhan maka kamu harus pergi ke toko bersangkutan secara fisik. Namun kini berbelanja tanpa perlu keluar rumah dan kepanasan atau kehujanan. Sekarang membeli barang akan sangat dimanjakan.

Dengan cara kerja payment gateway yang simpel membeli barang cukup dari rumah menggunakan perangkat gadget. Barang akan tiba di rumah secara langsung dan sistem pembayaran dapat dilakukan lewat transfer bank, kartu kredit maupun COD.

Jika dahulu seorang pembeli sangat ditakutkan dengan membeli barang secara online. Karena takut penipuan. Dikarenakan pada jaman dulu, orang yang membeli barang secara online mesti membayarkan dulu uang pembelian.

Baca juga: Mengenal Fintech atau Financial Technology

Selanjutnya barang dikirim. Beberapa online shop nakal sering tak melakukan pengiriman barang. Hal itulah yang belanja online rawan penipuan.

Berbagai cara dipikirkan oleh manusia untuk menciptakan belanja online yang aman. Hingga lahirlah belanja online menggunakan rekening bersama di marketplace.

Manfaat Payment Gateway untuk Bisnis

Payment Gateway Indonesia sangat berguna sekali bagi mereka penjual atau pembeli yang ingin bertransaksi secara online melalui internet. Metode dan cara kerja payment gateway untuk pembayaran sangat mudah dan cepat.

Cara ini sudah resmi dan diakui oleh pemerintah, terutama dari Otoritas Jasa Keuangan dan Bank Indonesia. Berdasarkan riset, jumlah pengguna metode pembayaran online saat ini terus bertambah banyak setiap tahunnya.

Untuk contoh payment gateway Indonesia sangat banyak. Misalkan payment gateway BCA, OVO, Dana, dan payment gateway virtual account lainnya.

Lalu tinggal membeli barang tersebut dengan pembayaran bisa di tempat atau menggunakan rekening bersama. Kekhawatiran belanja online rawan penipuan mulai terhapus dengan adanya marketplace yang mendukung sistem pembayaran rekening bersama.

Membeli barang pada zaman sekarang kita tidak usah repot dengan membelinya langsung ke toko. Anda tak harus keluar rumah. Semua kerepotan itu tak lagi perlu kita alami saat membeli barang yang kita inginkan.

Baca juga: Usaha Saat Pandemi Covid-19, Perubahan Transaksi dan Peluangnya

Sekarang sudah ada toko online atau online shop yang melayani pembelian daring. Cara kerja payment gateway sebagai sistem pembayaran online bisa lewat transfer bank, SMS banking atau internet banking.

Barang pun akan segera tiba di rumah tanpa kita harus keluar rumah. Sangat praktis dan memanjakan. Mungkin karena itulah tren belanja online terus merangkak dan menjadi gaya hidup baru.

Itulah yang melatarbelakangi beberapa marketplace mengadakan terobosan pembelian barang melalui internet secara aman lewat rekening bersama dan cash on delivery (COD).

Dengan kemudahan metode dan cara kerja payment gateway ini juga sangat efektif untuk menekan risiko keamanannya. Termasuk kemungkinan terjadinya tindakan penipuan dari para pedagang dan pebisnis online yang tak bertanggung jawab. (R11/HR-Online)