Cara Membuka Tutup Bensin Mobil, Hal Sepele Namun Sedikit yang Tahu

Cara Membuka Tutup Bensin Mobil, Hal Sepele Tapi Sedikit yang Tahu
Ilustrasi Cara Membuka Tutup Bensin Mobil. Foto: Ist/Net

Cara membuka tutup bensin mobil ternyata hingga saat ini masih banyak orang yang belum memahaminya. Bahkan tak sedikit dari mereka yang merasa kebingungan ketika akan membuka tutup bensin. Hal ini nampak wajar mengingat tidak semua mobil memiliki prinsip yang sama untuk membuka penutup bensinnya.

Setiap mobil pasti memiliki tutup tangki yang terletak pada bagian belakang kendaraan. Fungsi tutup tangki sendiri sebagai pelindung agar bahan bakar tidak menguap. Tutup tangki berada di bagian dalam dan tertutupi cover body dengan desain mengikuti bentuk body mobil tersebut.

Baca Juga : Cara Membuka Bagasi Mobil dengan Mudah, Aman Bahkan Tanpa Kunci

Ketika akan mengisi bahan bakar pada mobil, pengemudi haruslah membuka cover penutup tangki. Dalam melakukan pembukaan cover ini umumnya oleh pengemudi itu sendiri. Namun untuk tutup tangki biasanya petugas SPBU yang akan membukanya.

Tak Banyak yang Tahu, Begini Cara Membuka Tutup Bensin Mobil 

Tangki bensin pada mobil merupakan bagian yang sangat penting, khususnya pada saat akan melakukan pengisian bahan bakar di SPBU.

Namun pernahkah kalian melihat ada orang yang masih kebingungan saat akan membuka tutup tangki bensin? Hal ini cukup memalukan. Pasalnya, bagi pengendara mobil seharusnya hal seperti itu merupakan hal sepele.

Sayangnya, kejadian semacam itu memang masih sering kita jumpai. Hal sepele seperti itu biasanya terjadi pada pengemudi baru atau pengemudi yang menggunakan mobil sewaan. Karena pada setiap mobil sendiri memang mempunyai sistem yang berbeda-beda untuk membuka penutup bensinnya.

Baca Juga : Cara Membersihkan AC Mobil, Bisa Anda Lakukan di Rumah

Agar kejadian seperti di atas tidak kita alami, berikut ini cara membuka tutup bensin mobil dengan mudah:

Menarik Tuas

Cara ini bisa kalian lakukan dengan menarik tuas berlogo selang SPBU yang ada di beberapa bagian. Ada beberapa mobil yang masih menggunakan cara ini karena lebih aman. Hal ini karena tuas terletak di bagian bawah jok atau bawah dashboard. Sehingga aman dari sentuhan anak kecil.

Cara membuka tutup bensin mobil ini cukup mudah, kalian tinggal menarik tuas berlogo SPBU ke atas. Maka secara otomatis tutup tangki ini akan terbuka.

Kendaraan yang menggunakan sistem penarik tuas untuk membuka tangki bensin adalah mobil berjenis Low Multi Purpose Vehicle (LMPV). Seperti Toyota Avanza, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, Honda Brio, Mitsubishi Xpander, dan mobil sejenisnya. 

Menekan Tombol

Cara membuka tutup bensin mobil selanjutnya adalah dengan menekan tombol. Teknologi canggih ini membuat kalian semakin mudah dalam membuka tutup bensin saat melakukan pengisian bahan bakar. Cukup menekan tombol khusus dengan logo SPBU, maka tangki bensin akan terbuka sendiri.

Pada umumnya, lokasi tombol tersebut terletak di sekitar dashboard. Dengan cara ini, kalian tak perlu repot-repot turun dari mobil saat melakukan pengisian bahan bakar.

Baca Juga : Cara Mematikan Alarm Mobil Jika Remote Sudah Tidak Berfungsi

Salah satu mobil yang memakai model tombol ini yaitu Wuling Confero. Model pembuka tutup bensin dengan tombol seperti ini juga menjadi salah satu hal yang unik.

Menggunakan Kunci

Selain dengan menekan katup bensin, cara membuka tutup bensin mobil selanjutnya menggunakan kunci. Cara ini terbilang kuno, namun terdapat keamanan ekstra ketika penutup tangki menggunakan kunci. Hal ini bisa melindungi tangki mobil karena tidak semua orang bisa membukanya.

Meski terbilang kuno, namun beberapa mobil masih menggunakan kunci ini untuk membuka tutup tangki bensin. Seperti Suzuki APV, Daihatsu Gran Max, dan Daihatsu Luxio.

Biar pun ketinggalan zaman, namun model seperti ini masih mempunyai kelebihan lain. Karena tutup bensin baru bisa terbuka setelah anak kunci membuka penguncinya. 

Menekan Kap Tutup Bensin

Cara ini merupakan cara yang modern karena kalian tidak membutuhkan bantuan tombol khusus atau kunci. Ketika kalian sampai di SPBU, kalian tinggal turun saja lalu menekan kap tutup bensin. Tentunya dengan mematikan mesin terlebih dahulu dan membuka kunci central lock.

Tutup bensin yang kalian tekan memberikan satu gerakan yang membuatnya terbuka secara otomatis. Sehingga metode ini merupakan cara yang sangat mudah untuk membuka tutup bensin.

Terdapat beberapa kendaraan Eropa yang menggunakan metode ini sebagai cara membuka tutup bensin mobil. Misalnya saja Audy, Mercedes-Benz, Alfa Romeo, BMW, FIAT, dan beberapa mobil derek lainnya. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto