Cara Mencegah Gigi Berlubang Secara Alami yang Efektif

cara mencegah gigi berlubang
Begini cara mencegah gigi berlubang. Foto: Ist/Net

Bagaimana cara mencegah gigi berlubang secara alami yang efektif? Umumnya gangguan gigi ini terjadi setelah terlambat. Padahal dengan perawatan yang baik dan benar sejak dini akan lebih melindungi risiko gigi berlubang dan keropos.

Salah satu penyebab sakit gigi yang sering terjadi adalah dengan adanya bagian gigi yang berlubang. Hal ini bisa terjadi karena gigi yang berlubang merupakan tempat bakteri korosif penyebab sakit gigi berkembang biak.

Gigi yang berlubang bisa terjadi karena penumpukan sisa-sisa makanan, lalu menjadi zat asam yang menyebabkan pengeroposan pada gigi. Kondisi inilah yang memunculkan lubang pada gigi anda.

Gigi yang berlubang juga bisa terjadi karena kita kurang rajin dalam menjaga kebersihan dan kurangnya perawatan pada gigi. Terutama setelah makan dan sebelum tidur. Hal inilah yang menyebabkan gigi mudah berlubang.

Cara Mencegah Gigi Berlubang Secara Alami

Ada berbagai cara untuk menangkal gigi yang rusak. Seperti dengan sering mengontrol ke dokter gigi maupun dengan menggunakan pasta gigi yang khusus untuk gigi berlubang.

Baca Juga : Ingin Memutihkan Gigi Kuning? Gunakan Bahan Alami yang Efektif Ini

Begitu juga dengan cara alami pun bisa kita gunakan untuk mengatasi tumbuhnya bakteri dan munculnya lubang pada gigi anda. Berikut ini adalah beberapa cara mencegah gigi berlubang secara alami yang dapat anda lakukan.

Menjaga Kebersihan Mulut

Plak yang biasanya menempel di gigi merupakan penyebab timbulnya lubang di gigi anda. Anda mesti rutin menjaga kebersihan mulut anda agar terhindar dari gigi berlubang.

Anda harus rajin rajin menggosok gigi anda secara rutin jangan biarkan plak-plak terkumpul dan mengkorosi gigi anda, selain itu berkumur-kumur setelah makan juga sangat bermanfaat untuk menangkal terjadinya kerusakan pada gigi anda.

Minum Air Putih yang Cukup

Air putih berperan penting dalam produksi air liur dalam mulut. Apalagi air putih juga sangat penting sebagai penyuplai cairan tubuh. Gigi terkikis dan rusak juga dapat kita cegah dengan minum air putih secara rutin dan cukup.

Hal ini karena air putih bisa sangat membantu anda dalam membersihkan bakteri yang ada dalam mulut. Dengan mengonsumsi air putih akan membuat bakteri penyebab gigi berlubang pun akan mati.

Menggunakan Minyak Bunga Matahari

Pilihan cara mencegah gigi berlubang lainnya adalah dengan minyak bunga matahari. Sudah terkenal sejak jaman dahulu, minyak ini memang sangat terkenal dan bermanfaat untuk mencegah plak yang menempel pada gigi anda.

Baca Juga : Kebiasaan Penyebab Kerusakan Gigi yang Jarang Disadari

Caranya cukup anda gunakan minyak ini sebagai obat kumur alami anda. Kumurlah menggunakan minyak bunga matahari ini secara rutin dan telaten. Ini sangat berguna agar anda dapat terhindar dari sakit gigi yang berlubang.

Menggunakan Minyak Pohon Teh

Anda bisa menggunakan minyak pohon teh sebagai obat kumur sebagai cara mencegah gigi berlubang yang cukup efektif. Hal ini karena sifat dari minyak ini sebagai anti bakteri.

Minyak ini juga mengandung banyak fitokimia yang penting untuk mengusir bakteri dan kuman penyebab sakit gigi. Jadi akan sangat efektif tentunya dalam menangkal gigi yang keropos akibat bakteri yang tumbuh cepat.

Untuk caranya juga mudah. Anda perlu mengencerkan minyak ini ke dalam air lalu gunakanlah minyak ini dengan berkumur. Lakukan secara rutin dua sampai tiga kali sehari untuk hasil yang optimal.

Konsumsi Makanan yang Sehat Bagi Gigi

Cara mencegah gigi berlubang lainnya adalah dengan menghindari makanan yang terlalu manis. Selain memang kurang bagus untuk kesehatan anda, makanan yang manis dapat menyebabkan laju tumbuh bakteri pada gigi berkembang dengan pesat.

Karena memang makanan yang manis lebih mudah menimbulkan plak pada gigi. Untuk membersihkan plak yang ada pada gigi anda, cobalah makan kacang-kacangan karena makanan ini terbukti efektif membersihkan plak gigi. 

Baca Juga : Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami dan Penyebabnya

Selain itu mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan serat tinggi juga sangat penting sebagai sumber produksi air liur. Ini tentunya memiliki fungsi penting mencegah gigi anda dari munculnya plak penyebab gigi keropos.

Itulah beberapa cara mencegah gigi berlubang secara alami yang bisa anda lakukan. Selain itu rutin memeriksa kondisi kesehatan gigi ke dokter gigi juga sangat membantu anda menangkal gigi keropos. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah