Cara Mendapatkan Litecoin untuk Pemula

Cara Mendapatkan Litecoin
Ilustrasi mendapatkan Litecoin (qwords.com)

Cara mendapatkan Litecoin tidak lagi menjadi hal yang sulit. Namun bagi anda seorang pemula yang baru saja mengenal apa itu Litecoin.

Hal ini bisa menjadi hal yang cukup sulit lantaran anda belum cukup memahami cara kerjanya. Tak banyak yang tahu bahwa Litecoin juga merupakan salah satu produk investasi dengan keuntungan yang cukup menjanjikan.

Terlebih Litecoin ini merupakan Investasi yang Open-Source atau terbuka untuk pengembangan secara umum. Selain itu Litecoin ini juga merupakan jaringan pembayaran Global yang tersentralisasi secara penuh tanpa adanya otorisasi dari pusat.

Sebagaimana seorang Ahli menyatakan bahwa “Dont put your all egg in the one basket” atau jangan letakkan seluruh Investasimu pada satu tempat.

Maka investasi Litecoin dapat menjadi salah satu alternatif produk investasi yang dapat anda pilh disamping beberapa investasi yang sudah anda miliki. Memang produk investasi Litecoin ini tergolong sebagai produk investasi baru yang jarang orang mengenal.

Lalu tentunya jika anda berniat untuk berinvestasi anda akan bertanya-tanya bagaimana cara mendapatkan keuntungan di Litecoin ini. Sebenarnya pada prinsipnya sama saja, setiap investasi membutuhkan alat, teknik, dan analisa yang mendalam.

Sama halnya dengan Litecoin ini terdapat cara yang dapat anda tempuh untuk memaksimalkan keuntungan anda. Anda cukup hanya melakukan analisa mendalam dan menekuninya.

Sebagai tambahan Informasi, sebelum anda belajar mengenai cara-cara berinvestasi di Litecoin. Terlebih dahulu kami sajikan informasi mengenai apa itu Litecoin.

Apa itu Litecoin?

Bagi anda yang merasa tak asing mendengar kata Litecoin ini mungkin memang sebelumnya sudah ada produk dengan nama Bitcoin. Mungkin jika mendengar kata Bitcoin anda sudah tak asing lagi.

Sebenarnya keduanya memang saling berhubungan. Lite coin merupakan modifikasi dari Kode Milik Bitcoin yang sebelumnya sudah ada. Litecoin ini adalah mata uang Crypto yang sudah ada sejak tahun 2011 lalu.

Bisa dibilang bahwa Lite koin ini adaah versi perbaikan dari Bitcoin. Pencipta dari Litecoin ini adalah Charles Lee, yang mana ia merupakan seseorang yang pernah menjadi karyawan dari perusahaan raksaksa Google

Dengan adanya Modifikasi ini, maka transaksi dari Litecoin ini menjadi lebih cepat dari pada Bitcoin. Jika Transaksi pada Bircoin membutuhkan waktu sekitar 10 menit, sedangkan pada Litecoin transaksi hanya memerlukan waktu 2,5 menit saja.

Bukan hanya memerlukan waktu yang singkat, akan tetapi transaksi untuk mendapatkan Litecoin ini memelurkan waktu yang cukup singkat dan biaya yang cukup murah. Bitcoin dan Litecoin ini menyebut penggunanya sebagai Penambang atau Minning.

Sampai saat ini pengguna Bitcoin mencapai 21 Juta, sementara dengan banyaknya kemudahan yang diberikan. Bitcoin memiliki pengguna dengan jumlah 4 kali lipat lebih banyak dari pada Bitcoin yakni sebesar 84 Juta pengguna.

Pada dasarnya keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Litecoin ini sangat menguntungkan bagi penambang pemula dengan modal yang kecil.

Atau jika dapat diibaratkan Lite Koin adalah perak sedangkan Bitcoin adalah Emas. Dengan pengguna Litecoin yang cukup banyak ini tentunya membuat Litecoin memiliki kenikan harga yang tidak seektrem Bitcoin.

Dan setelah anda mengetahui pengertian dari Litecoin ini, saatnya kita menuju pada informasi inti yakni cara mendapatkan Bitcoin

3 Cara mendapatkan Litecoin

Dalam investasi Cryptocurency atau mata uang Kripto Litecoin, terdapat 3 cara untuk mendapatkannya, yakni:

Minning Litecoin

Cara pertama untuk mendapatkan Litecoin adalah dengan Minning Litecoin atau menambang Litecoin.  Untuk menambang Litecoin, ada dua cara.

Pertama yakni Cloud minning dan kedua dengan cara Rig Minning. Namun keduanya berinti pada bagaimana mendapatkan kepingan dengan cara menyelesaikan Alogaritma.

Alogaritma ini adalah permasalahan Verivikasi Blok dengan rumus PoW (Proof of Work) yang bernama Scrypt. Untuk menyelesaikan Alogaritma Scrypt tersebut dapat dengan menggunakan GBP/VGA ataupun Kartu Grfis lainnya yang sering ditemui.

Jadi secara mudahnya hasil dari penambanga Litecoin yang anda lakukan ini merupakan imbal balik dari Litecoin kepada perangkat yang dibutuhkan litecoin untuk beroperasi selama 24 jam dan non-stop.

Litecoin membutuhkan perangkat tersebut untuk memverivikasi setiap transaksi yang ada pada Blok tertentu maupun adanya penciptaan blok baru.

Dengan menambang atau minning Litecoin ini anda akan mendapatkan reward sebesar 25 keping Litekoin untuk setiap Blok baru. Namun Litecoin ini hanya ada sekitar 84 juta keping saja meskipun jumlah Litecoin ini empat kali lipat dari Bitcoin.

Membeli Litecoin

Cara kedua untuk mendapatkan Litecoin adalah dengan membeli Litecoin.  Dengan kemudahaan teknologi maka anda dapat membeli Litecoin ini melalui Echanger atau pada penyedia Litecoin yang tersebar di dunia melalui Internet.

Saat ini Kurs dari Litecoin adalah 1 keping Litecoin senilai Rp. 765,327,30.

Mengumpulkan Litecoin Gratis

Cara terakhir untuk mendapatkan Litecoin adalah dengan mengumpulkan Litecoin secara gratis. Anda dapat mengumpulkan Litecoin ini melalui Faucet. Faucet adalah kepingan kecil Litecoin dari berbagai Website yang menyediakan faucet secara Gratis.

Namun Faucet ini membutuhkan Waktu yang cukup terbilang lama. Selain itu juga kredibilitas Faucet ini masih menjadi tanda tanya besar. Secara umum situs-situ yang menyediakan Faucet Gratis ini berujung pada SCAM saja.