Sabtu, Mei 21, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mengatasi Motor NMAX Gredek Agar Berkendara Lebih Nyaman

Cara Mengatasi Motor NMAX Gredek Agar Berkendara Lebih Nyaman

Cara mengatasi motor NMAX gredek perlu kalian ketahui agar bisa mengantisipasi permasalahan lain yang mungkin saja muncul. Permasalahan pada bagian CVT adalah penyakit umum yang sering terjadi pada motor Yamaha NMAX. Penyakit motor yang paling menyusahkan pada bagian ini adalah mengeluarkan bunyi kasar gredek ketika berkendara.

Terkenal sebagai motor matic terkencang di kelasnya, Yamaha NMAX memang mempunyai spesifikasi yang mumpuni. Meski begitu, sama seperti motor lainnya NMAX mempunyai kelemahan yang bisa membuat jengkel penggunanya. Pasalnya jika pada daerah CVT terdapat banyak kotoran, akan menyebabkan kendaraan roda dua ini menjadi gredek.

Kotoran bisa berasal dari debu maupun kikisan kampas ganda, sehingga membuat kampas ganda jadi selip. Ketika kampas ganda selip atau tidak bisa traksi terhadap rumah kampas gandanya. Hal itulah yang menyebabkan motor menjadi gredek.

Simak Cara Mengatasi Motor NMAX Gredek

Kendaraan Yamaha NMAX meluncur pertama kali di Indonesia pada tahun 2015 silam. Namun di akhir tahun 2017 pihak Yamaha melakukan pembaruan pada motor skutik tersebut.

Baca Juga : Motor Matic Tidak Bisa Distarter, Kenali Apa Penyebabnya

Sebagai generasi kedua, kendaraan ini mengalami perubahan di beberapa sektor seperti suspensi serta desain yang lebih modern dan menarik.

Yamaha NMAX termasuk salah satu skutik bongsor yang populer di Tanah Air. Berdasarkan data, skutik ini menjadi kendaraan milik Yamaha dengan penjualan terbanyak nomor dua setelah Yamaha Mio. Sayangnya tak banyak yang tahu bahwasanya Yamaha NMAX mempunyai beberapa permasalahan atau penyakit.

Efek getar atau gredek seringkali terjadi pada kendaraan motor bertransmisi atau matic. Gejala tersebut tentunya akan mengganggu kenyamanan saat berkendara.

Lalu, seperti apa penyebab dan cara mengatasi motor NMAX gredek agar kenyamanan berkendara tetap terjaga? Simak penjelasan berikut:

Stang Kemudi Sering Bergetar

Pada tarikan awal kendaraan ini, sebagian besar pengguna sering mengeluhkan adanya getaran yang terasa hingga ke tangan. Getaran tersebut kemungkinan berasal dari baut Engine Mounting yang kendur.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Akselerasi Motor Matic Agar Semakin Gahar

Agar motor NMAX tidak gredek saat kalian gunakan, cara mengatasinya dengan melakukan pengecekan terlebih dahulu. Jika bautnya dalam kondisi kencang atau seret, pasang jalu atau pemberat stang untuk meminimalisir getaran.

Tensioner Kendaraan Lemah

Tak hanya terjadi pada NMAX, tensioner yang lemah sering terjadi pada sepeda motor jenis apapun seperti bebek serta motor sport. Dalam jangka pendek tensioner yang lemah akan menyebabkan suara kasar pada bagian mesin NMAX.

Sedangkan untuk jangka panjang bisa menimbulkan masalah yang lebih berat lagi seperti gredek. Jika sudah terjadi kejadian seperti itu, cara mengatasi motor NMAX gredek dengan mengganti tensionernya.

Spring Tensioner

Kondisi seperti ini sering terjadi ketika idling berada di angka 1500 Rpm hingga 9000 Rpm. Pada kondisi ini mesin skutik akan seperti mesin jahit yang rusak, akibat spring tensioner assy broken.

Baca Juga : Penyebab Motor Matic Tidak Kuat Nanjak Karena Tenaga Berkurang

Namun NMAX masih bisa kalian gunakan berkendara dengan normal selama tidak lebih dari 50 km/jam. Kerusakan spring tensioner bisa kalian ganti atasi dengan mengganti part tensioner assy pada bengkel resmi Yamaha. Hal ini sebagai langkah cara mengatasi agar motor NMAX tidak gredek.

Mur Pulley Depan Terlepas

Penyakit seperti ini sering terjadi pada NMAX yang baru melakukan penggantian Vbelt atau bongkar pasang di bagian CVT. Mulai dari bagian depan mur pulley hingga bagian belakang.

Namun, umumnya masalah seperti ini kerap terjadi dalam mur pulley bagian depannya yang terlepas pada kruk as. Sehingga mengakibatkan kipas pulley ataupun face drive rusak.

Parahnya lagi, blok CVT bisa saja pecah dan menyebabkan motor menjadi gredek. Jadi untuk mengatasinya, perhatikan posisi tanda titik yang seharusnya ada di posisi luar saat pemasangan mur pulley depan. Menggunakan mur pulley model top juga efektif untuk mengikat posisi kruk as dengan lebih kuat.

Bearing Transmisi

Masalah ini sering terjadi pada Yamaha NMAX keluaran 2015-2016. Biasanya hal ini terjadi ketika skutik berjalan dan terdengar suara di bagian transmisi gear box. Part yang harus kalian ganti adalah bearing transmisi dengan kode 93306204XH.

Setelah mengetahui penyebab dan cara mengatasi motor NMAX gredek, kini kalian tak perlu lagi khawatir dalam berkendara. Tentunya dengan tetap melakukan perawatan pada kendaraan. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -