Cara Mengendalikan Hawa Nafsu Berdasarkan Ajaran Islam yang Benar

Cara Mengendalikan Hawa Nafsu
Ilustrasi Cara Mengendalikan Hawa Nafsu. Foto: Ist/Net

Cara mengendalikan hawa nafsu seseorang itu pastinya berbeda-beda. Setiap makhluk hidup pastinya mempunyai hawa nafsu, terutama ciptaan Allah yang paling sempurna yakni manusia. Sejak dari lahir, Allah sudah membekalinya dengan nafsu dengan tujuan bisa menjalankan kehidupan dengan wajar sebagaimana makhluk hidup yang ada dunia.

Manusia juga mempunyai nafsu syahwat. Nafsu Syahwat memiliki arti nafsu untuk bersetubuh atau kebirahian. Namun, Allah menganugerahkan hal tersebut pastinya bukan tanpa tujuan dan alasan tertentu. Alangkah lebih baiknya jika kita pandai dalam mengendalikan hawa nafsu tersebut. Karena jika kita justru akan membahayakan dan merugikan diri kita sendiri.

baca juga: Sunnah Memakai Celak untuk Kaum Hawa dan Adam Berdasarkan Islam

Beberapa Cara Mengendalikan Hawa Nafsu yang Wajib Diketahui

Memang Allah itu Maha Adil. Dia menciptakan dan menganugerahkan hawa nafsu tetapi juga memiliki cara untuk mengendalikannya. Setiap muslim pastinya sudah faham betul dengan adanya hal tersebut. Tergantung jalan mana yang akan mereka pilih. Pilih berusaha mengendalikan hawa nafsu atau tergoda godaan syaitan yang terkutuk sehingga menyebabkan kerugian untuk dirinya sendiri.

baca juga: Kewajiban Menutup Aurat bagi Wanita Muslimah Berdasarkan Ajaran Islam

Melakukan Puasa

Dengan kita melakukan puasa ternyata hal tersebut juga bisa menjadi cara mengendalikan hawa nafsu. Baik puasa wajib maupun sunnah. Dengan kita berpuasa juga akan menjadi terlindungi dari kerugian akibat hawa nafsu.

Misalnya begini, dalam puasa Ramadhan jika seseorang tidak bisa mengalahkan hawa nafsunya dan melakukan hubungan suami istri pada siang hari.

Maka sebagai gantinya atau hukuman adalah harus puasa secara berturut-turut dua bulan. Untuk kaum suami mungkin saja bisa. Akan tetapi bagaimana dengan para istri? Mau sampai kapan selesainya hukuman tersebut, padahal setiap bulannya saja harus ada tamu dadakan yang istimewa.

Dalam sebuah hadits riwayat Imam Malik juga telah dijelaskan puasa itu merupakan sebuah perisai. Jadi ketika engkau sedang puasa hendaknya menjauhi berkata kotor, jahil. Ketika ada yang mengajak berkelahi hendak mengatakan “Aku sedang puasa”.

baca juga: Tata Cara Sholat Tasbih Sesuai dengan Tuntunan Agama Islam

Memperbanyak Berdoa Kepada Allah

Sebagai senjata paling ampuh dan jitu doa juga bisa menjadi cara mengendalikan hawa nafsu. Namun anda juga bisa menghafalkan doa ini supaya bisa terhindar dari akibat hawa nafsu.

Menjaga Pandangan atau Godhul Bashor

Manusia memanglah tidak sempurna, akan tetapi ia memiliki akal pikiran. Normalnya laki-laki itu akan tertarik dengan lawan jenisnya. Nah, untuk menjauhkan diri dari godaan, cara mengendalikan hawa nafsu yang bisa anda lakukan adalah menjaga pandangan.

Maksud dari menjaga pandangan tersebut adalah menjaga mata untuk tidak melihat hal-hal yang baik dan bermanfaat. Sebagaimana telah Allah SWT jelaskan dalam surah An-Nur ayat 30:

Bergaul dengan Orang yang Sholeh

Pergaulan bebas ternyata juga bisa mengakibatkan kita dalam tipu daya hawa nafsu. Maka cara yang terbaik yang bisa anda lakukan adalah dengan bergaul atau berkumpul dengan orang-orang sholeh. Hal ini juga sangat penting untuk para remaja.

Karena seseorang itu terkadang juga bisa dinilai dari temannya. Bisa juga siapa teman mereka dalam kehidupan sehari-hari. Sebaiknya jauhi saja jika anda menemukan teman yang bisa merusak masa depan yang gemilang. Remaja penerus bangsa yang paham tentang agama.

Menikahlah

Perlu anda ketahui bahwa menikah juga menjadi cara mengendalikan hawa nafsu. Jika cara-cara yang sebelumnya sudah tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Daripada pacaran dan terhasut godaan setan, lebih baik segera menuju ke pelaminan untuk menghalalkan. Wahai kaum pemuda sudahi pacaran karena hanya akan menambahkan dosa-dosamu. Dalam surat Al-Isra ayat 32 buktinya, taubatlah.

Mari bersama kita lebih berhati-hati dalam menjaga diri dari banyaknya dan cerdiknya godaan setan yang terkutuk. Semoga beberapa cara mengendalikan hawa nafsu tersebut bisa kita amalkan, sehingga kita juga terhindar dari kerugiannya. Allahumma Aamiin. (Muhafid/R6/HR-Online)