Cara Menghitung Keuntungan Saham Syariah

menghitung saham syariah
klikcair

Cara menghitung keuntungan saham syariah memiliki beberapa perbedaan dari saham pada umumnya. Mungkin banyak orang yang bertanya-tanya bagaimana sistem dan cara menjalankan investasi di saham syariah. Investasi saham syariah ini tentu harus menyesuaikan dengan ketentuan syariat agama Islam, sehingga terdapat poin tertentu yang membedakan dengan yang lainnya.

Cara Menghitung Keuntungan

Nah, agar Anda tidak semakin penasaran, berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan dalam menghitung keuntungan pada saham syariah.

Melakukan Kesepakatan Di Awal

Satu hal yang paling penting dan utama dalam berinvestasi yaitu dengan melakukan kesepakatan di awal. Terkadang para pelaku investor dan perusahaan terkait di awal tidak melakukan sebuah kesepakatan.

Padahal hal tersebut sangatlah penting demi kesejahteraan bersama agar tidak menimbulkan adanya sebuah kecurangan oleh oknum tertentu. Kesepakatan awal ini menjadi suatu perjanjian awal secara sah yang tidak dilanggar selama menjalani investasi pada saham syariah ini.

Maka dari itu, kesepakatan di awal ini menjadi hal utama bagi para investor dan juga perusahaan.

Pembagian Hasil

Hal yang dapat dilakukan oleh para investor untuk memperhitungkan keuntungan yakni dengan melakukan sebuah penghitungan untuk pembagian hasil.

Cara yang pertama ini adalah suatu hal yang tepat untuk menghitung keuntungan yang nantinya akan para investor dapatkan. Hal ini berfungsi agar tidak adanya kesalahpahaman di antara pihak investor dan pihak perusahaan.

Diskusikan Untung dan Rugi

Cara menghitung keuntungan dari saham syariah yang berikutnya adalah harus tepat dan benar terhadap hasil keuntungan dan kerugiannya.

Hal itu karena akan berkaitan dengan kejujuran baik perusahaan maupun investor yang ingin berinvestasi ini. Terlebih lagi, khusus pada Investasi syariah ini tentunya berlandaskan dengan ajaran agama. Sehingga sangatlah tidak baik jika prosesnya terdapat tindak kecurangan yang tidak sesuai ketentuan.

Hitung Berdasarkan Laba yang Didapatkan

Terkadang sebuah keuntungan yang bisa para investor dapatkan tergantung dari sebuah laba yang mereka dapatkan oleh perusahaan tersebut.

Umumnya beberapa laba itu menjadi suatu titik penentuan seberapa keuntungan yang mereka dapatkan, lalu dari hasil tersebut nantinya akan dibagi untuk investor dan juga perusahaan.

Memperhitungkan Keuntungan Secara Transparan

Hal yang berikutnya pada investasi syariah juga pentingnya menghitung keuntungan dengan cara transparan. Itu tentunya bertujuan untuk menghindari terjadinya fitnah, kesalahpahaman dan tindakan yang merugikan pihak lainnya.

Dengan perhitungan transparan ini akan sangat bemanfaat untuk pendapatan dari keuntungan yang sebenarnya sehingga tidak ada kesalahan pada saat memperhitungkan hasil dari keuntungan tersebut.

Pembagian yang Teratur

Dalam membagikan hasil keuntungan dari investasi di perusahaan, maka harus melakukan secara adil dan merata. Pembagian yang teratur dan adil untuk menghindari terjadinya konflik sehingga tidak bersifat berat sebelah.

Oleh sebab itu, tindakan seperti ini harus dilakukan terutama jika para investor tersebut lebih dari satu. Maka perusahaan tersebut tentunya harus adil dalam pembagian keuntungan agar para investor yang lainnya tidak merasakan ada yang dirugikan.

Perhitungkan Berdasarkan Syariah yang Ditentukan

Cara selanjutnya dalam investasi saham syariah yaitu melakukan perhitungan hasil keuntungan yang berdasarkan dengan ketentuan agama. Pada jenis investasi ini, Anda tidak boleh sembarangan melakukannya karena harus menyesuaikan dengan syariat Islam.

Maka dari itu, hal itulah yang membedakan di antara perhitungan pada investasi saham syariah dengan saham yang lainnya.

Berdasarkan syariat ini menjadikan sangat sensitif jika tidak berjalan dengan baik dan benar. Para investor pun juga harus memahami bagaimana dasar perhitungan saham syariah ini dan cara menjalankannya secara baik dan benar.

Ikuti Peraturan OJK

Selain melakukan cara perhitungan berdasarkan pada syariah Islam, perusahaan juga harus menyamakan ketentuan perhitungan keuntungan berdasarkan peraturan OJK.

Peraturan OJK ini sangat penting karena perannya sebagai lembaga otoritas yang berwenang di bidangnya. Perhitungan yang berdasarkan peraturan dari keduanya akan membuat hasil perhitungan keuntungan tersebut bisa terselesaikan dengan baik dan juga amanah.

Demikianlah beberapa cara tentang menghitung keuntungan saham dari investasi saham syariah. Cara-cara tersebut menjadi syarat yang mutlak bagi para pelaku investor maupun pihak perusahaan lakukan agar hasil yang tercipta bersifat transparan, adil, dan amanah tanpa ada pihak lainnya yang merasa rugi dalam menjalani investasi ini.