Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaBerita TerbaruCara Mengqodho Sholat yang Penting Sesuai Tuntunan Ajaran Islam

Cara Mengqodho Sholat yang Penting Sesuai Tuntunan Ajaran Islam

Cara mengqodho sholat nyatanya memang tidak semua mengetahui bagaimana cara yang benar. Mengenai hal ini, tentunya sangatlah penting bagi setiap umat muslim. Karena tidak sedikit juga yang pernah meninggalkan sholat fardhu.

Bukankah Allah itu Maha Penerima Taubat. Ketika kita pernah meninggalkan sholat fardhu, Allah masih saja memberikan kelonggaran supaya kita bisa menggantinya. Padahal alangkah lebih baiknya jika sholat lima waktu itu dikerjakan tepat pada waktunya.

Sholat juga akan menjadi amalan yang dihisab pertama kali nantinya. Ia juga menjadi tiangnya agama Islam. Bukan hanya itu saja, akan tetapi juga menjadi kunci untuk membuka pintu surga. Betapa dahsyatnya sholat itu. Apa masih mau anda meninggalkannya, sedangkan keutamaannya saja sangatlah luar biasa.

baca juga: Doa Setelah Sholat Tarawih Banyak Manfaat dan Menambahkan Pahala

Simak Cara Mengqodho Sholat yang Harus Anda Perhatikan

Bagi anda yang pernah meninggalkan sholat wajib, tentunya rasa takut itu akan selalu menghantui anda. Bagaimana jika sholat kita untuk kedepannya tidak Allah terima lantaran meninggalkan satu kali sholat wajib. Bukankah hanya akan sia-sia?

Dengan demikian, pasti akan ada dorongan untuk anda melakukan qodho. Tapi bagaimana caranya? Terkadang hal tersebut masih menjadi kendala.

baca juga: Sholat Qobliyah Subuh dan Keutamaannya yang Penting Untuk Diketahui

Kapan Sebaiknya Bisa Mengganti Sholat

Mengenai kapan anda harus mengqodho, sebenarnya tidak ada penentuan khusus kapan melaksanakannya. Akan tetapi, kapanpun anda ingat, pada saat itulah anda harus melaksanakannya. Tentunya dengan cara mengqodho sholat yang baik juga benar.

Hal ini juga sudah dijelaskan dalam sebuah Hadits:

Sudah jelas bukan? Jadi, kapanpun anda mengingat, anda harus menggantinya. Meskipun demikian, tetapi jangan berpura-pura juga atau sengaja meninggalkan sholat supaya bisa mengqodhonya.

Misalnya begini, anda sengaja untuk tidak melaksanakan sholat subuh tepat waktu karena dingin sekali. Kemudian tidur dan berniat menggantinya nanti kalau dingin sudah tidak ada.

Itu bukanlah suatu hal yang baik dan benar. Bahkan bisa mendapatkan dosa, karena sengaja meninggalkannya hanya karena dingin.

baca juga: Niat Sholat Tahajud, Tata Cara dan Keutamaannya

Tata Cara Mengganti Sholat

Mengenai bagaimana cara mengqodho sholat wajib, sebenarnya tidak ada bacaan khusus. Akan tetapi, sama dengan bacaan ketika anda hendak melaksanakan sholat fardhu. Hanya saja, berbeda mengenai niatnya saja.

Berbicara tentang niat, ia tidak harus anda lafadzkan dengan suara yang keras. Cukup dalam hati saja. In Syaa Allah, amalan anda akan Allah terima. Namun sebelumnya, anda bisa melakukan wudhu terlebih dahulu.

Sebab wudhu merupakan syarat sahnya dari sholat itu sendiri. Untuk wudhu, anda bisa melakukan gerakannya secara urut diawali dengan niat dan diakhiri dengan doa.

Maka cara mengqodho sholat yang selanjutnya adalah laksanakanlah sesuai dengan sholat apa yang sudah anda tinggalkan. Lakukan dengan tuma’ninah dan khusyuk.

Jangan lupa juga untuk tetap berdzikir dan memohon ampunan kepada Allah SWT. Karena hanya dengan mengingat Allah SWT, hati bisa menjadi tenang. Sebagaimana telah terdapat dalam surat Ar-Ra’d ayat 28.

Hukum dari mengqodho yaitu boleh untuk anda lakukan. Asalkan, anda tidak sengaja meninggalkan sholat wajib tersebut. Tetapi, jika dilakukan dengan sengaja, maka qodhonya tidak bisa berlaku.

Ketentuan Dalam Mengganti Sholat

Berikut ketentuan-ketentuan dalam mengganti sholat.

Sirr dan Jahr

Biasanya sholat lima waktu yang biasa anda laksanakan tepat pada waktunya, sunah untuk membaca bacaannya supaya keras (jahr). Hal ini pada waktu sholat tertentu, yaitu sholat Maghrib, Isya’, dan Shubuh. Sementara itu, untuk bacaan pada sholat Dzuhur dan Ashar, sunnah untuk anda baca dengan lirik atau disebut dengan sirr.

Kemudian bagaimana jika terlewatkan dan diqodho’? Apakah membacanya jahr dan sirr dengan mengikuti asal waktu sholatnya atau mengikuti dengan kapan anda akan mengqodhonya? Untuk hal ini, terdapat beberapa pendapat dari ulama.

Jumhur (Mengikuti Waktu Asal)

Mengqodho dengan waktu bacaan yang bisa anda lakukan secara jahr dan sirr.

Tertib

Melakukan qodho secara urut.

Adzan dan Iqamah

Tetap sunah untuk memulainya dengan azan dan iqamah.

Qodho’ Berjamaah

Adanya kesepakatan dari para ulama bahwa cara mengqodho sholat boleh anda lakukan dengan berjamaah.

Waktu Pelaksanaan Sholat

Ada pendapat ulama yang wajib segera anda lakukan dan tidak wajib untuk anda segerakan.

Nah, cara mengqodho sholat sampai dengan ketentuan di atas bisa anda praktikkan jika akan mengqodho sholat. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img