Cara Mining Bitcoin Untuk Para Pemula

Cara Mining Bitcoin
ilustrasi mining bitcoin (qwords.com)

Cara mining bitcoin memang bukanlah sesuatu hal yang mudah khususnya bagi para pemula yang baru ingin menggelutinya. Hal ini karena dalam menambangnya, membutuhkan peralatan serta perangkat yang harus mumpuni.

Kini bitcoin menjadi salah satu jenis investasi terbaik yang semakin populer di kalangan masyarakat. Dalam melakukan jenis investasi ini, terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan sebagai pemula. Salah satu cara agar Anda bisa mendapatkan bitcoin baru yaitu dengan menambang bitcoin.

Bagi sebagian orang, untuk menambang bitcoin tentu bukan perkara yang terbilang mudah. Hanya saja, jika mereka melakukannya dengan sungguh-sungguh maka peluang menguntungkan bisa mereka dapatkan.

Maka dari itu, jika Anda merasa tertarik menekuni investasi yang satu ini, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa pengertian dari bitcoin dan cara mining atau menambangnya.

Apa itu Bitcoin ?

Bitcoin sebagai cryptocurrency yang berarti mata uang digital atau mata uang virtual. Para pemilik bitcoin bisamenggunakan mata uang digital tersebut sebagai alat pembayaran dalam membeli produk maupun membayar jasa.

Penemu dari investasi bitcoin yaitu Satoshi Nakamoto yang pertama kali meluncur ke internet pada 2009.

Bitcoin ini tidak dikontrol oleh bank, melainkan mendapat dukungan dari teknologi peer-to-peer yang terdesentralisasi.

Cara kerja pada bitcoin itu sendiri tergolong cukup unik. Pada dasarnya, untuk setiap keping bitcoin merupakan file komputer yang tersimpan di dalam aplikasi dompet digital yang ada pada ponsel atau komputer.

Para pemilik bitcoin ini bisa melakukan transaksi dengan cara mengirim uang digitalnya melalui dompet digital tersebut.

Terdapat tiga cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan bitcoin antara lain membeli bitcoin menggunakan uang, menjual barang serta menerima pembayaran dengan bitcoin, dan mining atau menambang bitcoin melalui komputer.

Istilah menambang dalam investasi memang erat kaitannya dengan cara mendapatkan bitcoin. Aktivitas menambang bitcoin atau mining bitcoin ini seperti ibarat menambang emas. Penambangan ini dapat dilakukan dengan menggunakan perangkat komputer serta software pada server mining bitcoin.

Untuk melakukan mining bitcoin, para penambang harus memiliki komputer yang sangat kuat, daya listrik yang besar, dan stabilitas internet super cepat. Hal ini karena aktivitas menambang bitcoin harus memiliki daya komputasi yang besar.

4 Cara Mining Bitcoin

1. Pool Mining

Cara yang pertama untu menambang bitcoin yakni dengan menambang di pool mining. Secara sederhana, Anda akan bergabung kekuatan dengan para penambang yang lainnya dalam suatu pool (kolam) untuk menambang bitcoin.

Selanjutnya, Anda bisa berbagi imbalan dari hasil yang diperoleh dari mining bitcoin tersebut.

Cara menggunaannya, Anda harus mendaftar ke sebuah pool. Kemudian, semua penambang yang berada pada pool yang sama menyetujui untuk berbagi imbalan hasil bitcoin dengan anggota kolam yang lainnya.

2. Cloud Mining

Cara cloud mining ini merupakan sebuah metode penambangan bitcoin yang tidak perlu mempunyai alat komputasi yang canggih. Anda cukup menggunakan layanan penyedia dari cloud mining ini, misalnya Anda bisa gunakan genesis mining, hashing24, hashflare, dan lain-lain.

Keuntungan dari cara ini yaitu tidak perlu memiliki pengetahuan mendalam tentang hardware mining.

Selain itu, Anda juga tidak harus membeli peralatan mahal untuk melakukan mining bitcoin. Meski demikian, cara menambang dengan cloud mining ini memiliki risiko tinggi.

3. Solo Minning

Cara berikutnya adalah solo mining yang bisa menjadi altenatif untuk mining bitcoin. Melalui cara ini, Anda tidak perlu berbagi imbalan atau pendapatan dengan orang lain. Namun, Anda tentunya harus menyediakan peralatan komputasi canggih yang meliputi PC, motherboard, hard drive, kartu grafis, RAM, dan lain-lain.

Anda juga perlu menyediakan daya listrik besar serta mampu menyelesaikan algoritma matematika yang cukup rumit untuk menghasilkan bitcoin.

Pada umumnya, solo mining biasanya dilakukan orang yang ahli sehingga tidak mudah untuk pemula gunakan.

Anda bisa memakai hardware ASIC (Application Specific Circuit Chips) untuk menambang. Selain itu, Anda juga perlu gunakan software mining bitcoin antara lain Bitcoin miner, easy miner, BTC miner, CG miner, dan BFG miner.

4. Platform Trading Bitcoin

Cara mining bitcoin yang terakhir adalah menggunakan platform trading bitcoin. Pada opsi ini bisa menjadi solusi karena Anda hanya cukup mengunduh aplikasi pada ponsel. Beberapa jenis aplikasi menambang bitcoin di antaranya:, Crypto Miner, Cryptotab, MinerGate Eobot, Bitzfree, AA Miner, NeonNeon Miner, dan Droid Miner.