Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaPropertiCara Pasang Wallpaper Dinding Rumah, Mudah, Praktis dan Anti Gagal

Cara Pasang Wallpaper Dinding Rumah, Mudah, Praktis dan Anti Gagal

Cara pasang wallpaper dinding yang relatif mudah dan praktis. Wallpaper dinding sebagai salah satu pilihan material finishing dinding. Memilih wallpaper dinding karena variasi pola, warna, dan jenisnya beragam. Selain itu cara memasangnya pun mudah dilakukan.

Hal itu karena hanya perlu menempelkannya di dinding. Tentunya anda tidak perlu repot-repot mengecatnya. Wallpaper dinding pilihan tepat sebagai solusi dekorasi tempat tinggal anda.

Ketahui Cara Pasang Wallpaper Dinding

Apabila anda belum mengetahui cara memasang wallpaper dengan benar. Anda bisa memperhatikan pemasangannya berikut ini.

Bersihkan Dinding dari Paku dan Noda yang Menempel

Sebelum memasang wallpaper, pastikan untuk membersihkan dindingnya terlebih dahulu. Membersihkan dinding dari paku dan noda yang menempel. Sebelum anda mulai melapisi dindingnya dengan lem. Kertas wallpaper akan sulit menempel, apabila dindingnya kotor dan basah.

Baca Juga: Wallpaper Dinding 3D Dengan Berbagai Model yang Estetik

Apabila pada sudut dinding terasa lembab dan susah membersihkannya. Sebaiknya kelupas lapisan catnya dan menambal dengan dempul tembok. Cabut semua paku yang menempel pada dindingnya. Selain itu, isi pada bagian yang bolong menggunakan dempul tembok. Hal itu agar tidak menyebabkan gelembung udara saat pemasangan wallpaper.

Mulai Secara Perlahan

Sebelum anda memulainya, perhatikan dinding yang tampak mudah tertutupi. Selain itu yang tidak akan menjadi pusat utama ruangan tersebut. Cara pasang wallpaper dinding, mulai dengan dinding yang tertutup furnitur ruangan. Anda bisa berlatih untuk menutup dindingnya secara benar.  Anggap saja anda sedang latihan memasang wallpaper. Sebelum menutup dinding dengan sudut yang rumit atau bagian colokan listrik.

Ukur Tinggi dan Lebar Dinding

Anda bisa menggunakan meteran untuk mengukur panjang dan lebar dindingnya. Tentunya dinding yang akan anda tutup kertas wallpaper. Hamparkan wallpaper di meja, serta tandai panjang dan lebarnya yang sudah diukur.

Baca Juga: Desain Ruang Belajar Minimalis yang Memberikan Kesan Nyaman

Tambahkan beberapa cm pada perhitungan ukuran dindingnya. Hal itu sebagai tindakan pencegahan apabila wallpaper tidak sengaja robek atau tidak pas. Anda bisa menandainya menggunakan pensil. Sebaiknya tidak menandainya terlalu tebal, terutama untuk wallpaper dengan warna cerah.

Gambar Garis Lurus pada Dinding

Anda bisa membuat garis lurus dari atas dinding sampai bawah. Untuk memudahkan menyeimbangkan wallpaper saat memasangnya. Gunakan garis lurus ini sebagai panduannya dan garis awal untuk memasang wallpaper.

Oleskan Lem Wallpaper

Cara pasang wallpaper dinding, setelah kertas wallpaper terpotong dan garis awal tergambar. Anda bisa mengoleskan lem wallpaper. Tentunya menggunakan kuas aplikasi wallpaper. Hindari penggunaan kuas cat dinding. Hal itu karena ruas bulu kuasnya lebih lebar dan mudah rontok.

Anda cukup mengoleskan lem satu kali saja. Apabila terlalu banyak, lem akan membuat kertas wallpaper basah. Selain itu hasilnya akan mudah keriput.

Baca Juga: Kamar Anak Frozen Ceria dan Nyaman, Berhasil dengan Budget Minim

Saatnya Tempelkan Wallpaper

Setelah lem sudah dioleskan pada dinding, saatnya anda memasangkan wallpaper. Tempelkan kertas wallpaper secara perlahan. Pastikan setiap ujung dindingnya sudah tertutup. Ujung kertas wallpaper anda tidak melewati batas garis awal yang anda gambar. Untuk hasil maksimal, oleskan sedikit lem pada setiap ujungnya dan sudut wallpaper.

Ratakan Wallpaper

Cara pasang wallpaper dinding selanjutnya dengan meratakan wallpaper. Anda bisa menggunakan kain perca. Lakukan seperti gerakan mengelap saja. Sebaiknya tidak memulai dari ujung wallpaper. Namun mulai ratakan dari sisi tengahnya dan tarik keluar. Sehingga ujung kanan kiri, juga atas dan bagian bawah wallpaper akan rata hingga menyeluruh. Langkah ini cukup penting agar bisa membuat gelembung udara menghilang dari balik wallpaper.

Potong Sisa Panjang Wallpaper

Apabila wallpaper telah menempel dengan rapi. Anda bisa memotong sisa panjang dan lebar wallpapernya menggunakan cutter. Apabila kesulitan anda juga bisa menggunakan gunting. Langkah ini memerlukan ketelitian dan kesabaran.

Mencocokan Pattern

Pada tahap ini tantangan sebenarnya dalam memasang wallpaper. Jika gulungan pertama dari wallpaper tadi sudah terpasang dengan sempurna. Anda masih perlu memasang wallpaper gulungan kedua dan yang lainnya. Anda masih perlu berhati-hati dengan pattern wallpaper.

Terutama wallpaper yang memiliki pattern sambung. Anda perlu mencocokkan pattern ujung wallpaper dengan ujung wallpaper lainnya. Tentunya yang akan ditempel pada dinding yang sudah di lem. Pastikan pattern wallpaper tersebut menyambung dengan yang lainnya. Lakukan pemasangan wallpaper sampai selesai.

Kini anda bisa mengetahui cara pasang wallpaper dinding. Cara memasangnya cukup mudah, namun perlu kesabaran dan ketelitian. (R10l/HR-Online)

Editor: Dadang