Cara Penularan Penyakit Polio dan Langkah Pencegahannya

cara penularan penyakit polio
Begini cara penularan penyakit polio. Foto: Ist/Net

Cara penularan penyakit polio tak kalah penting untuk kita kenali selain faktor penyebabnya. Dengan mengetahui informasi ini, maka penyakit kelumpuhan kaki ini bisa kita cegah. Termasuk dengan memberikan penanganan sejak dini.

Polio atau Poliomielitis adalah jenis penyakit dengan ciri ciri kelainan bentuk kaki dan pinggul tidak normal. Bahkan penderitanya bisa sampai mengalami kelumpuhan sementara sampai permanen. Penyakit ini terjadi karena adanya kelainan saraf yang akibat virus polio yang menyerang bagian saraf.

Penyakit ini terdiri dari 3 macam, yaitu polio non-paralisis, polio paralisis, dan sindrom pasca polio. Untuk jenis polio non-paralisis tidak berpotensi menyebabkan kelumpuhan.

Namun untuk jenis polio paralisis ini yang berpotensi menyebabkan kelumpuhan. Sedangkan jenis sindrom pasca polio dapat terjadi pada penderita yang sudah pernah menderita polio 20-30 tahun sebelumnya.

Cara Penularan Penyakit Polio

Faktor penyebab penyakit polio yang utama adalah karena virus polio. Namun ada sejumlah faktor terkait cara penularan penyakit polio yang sebaiknya kita waspadai berikut ini.

Baca Juga : Penyebab Penyakit Polio, Gejala, dan Cara Pencegahannya

Dari Bersin Penderita

Virus polio yang menyebabkan penyakit ini tidak begitu saja bisa masuk ke dalam tubuh seseorang. Virus ini bisa menular melalui udara pada saat bersin dari penderita.

Percikan bersin inilah yang akan terbawa udara dan masuk ke tubuh orang lain.Orang yang memiliki kekebalan tubuh yang rendah sangat rentan untuk terjangkit penyakit polio.

Makanan atau Minuman Terkontaminasi

Cara penularan penyakit polio lainnya adalah dari makanan atau minuman yang terkontaminasi. Seseorang bisa terjangkit penyakit ini karena virus masuk melalui makanan, atau air yang terkontaminasi dengan virus polio.

Jika seseorang mengonsumsi makanan maupun minuman yang terkontaminasi maka virus bisa menjangkit mulai dari tenggorokan sampai usus. Karena itu penting menjaga kebersihan dan higienitas asupan yang masuk ke dalam tubuh kita.

Baca Juga : Pencegahan Infeksi Nosokomial, Mengurangi Resiko Terpapar Virus

Lemahnya Sistem Imunitas Tubuh

Sistem imun yang lemah juga bisa sangat berpotensi untuk terjangkit penyakit polio. Karena jika sistem kekebalan tubuh anda lemah, maka berbagai virus bisa dengan mudah masuk ke dalam tubuh secara langsung termasuk virus polio.

Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh maka sangat penting untuk menjalankan pola hidup sehat. Kita juga perlu mengonsumsi makanan bergizi untuk menguatkan sistem imun, seperti pisang, susu, kacang-kacangan, dan lainnya.

Faktor Lingkungan yang Kurang Sehat

Faktor lingkungan yang buruk dan tidak sehat juga bisa menjadi cara penularan penyakit polio. Bahkan tak sedikit virus, bakteri, hingga berbagai penyakit lain berawal dari lingkungan yang buruk.

Dengan lingkungan yang bersih tentunya virus tidak akan bisa berkembang biak. Maka dari itu salah satu pencegahan efektif untuk menangani penyakit polio adalah dengan cara menjaga kebersihan lingkungan.

Baca Juga : Vaksin Imunisasi MMR Mampu Cegah Komplikasi Parah Covid-19

Faktor Kebersihan Tubuh yang Tidak Terjaga             

Kebersihan tubuh sangat penting sekali. Karena tubuh yang bersih merupakan awal dari tubuh yang sehat. Namun cara penularan penyakit polio hanya bisa terjadi dari manusia ke manusia lain dan tidak berlaku pada hewan.

Maka dari itu penting menjaga kebersihan tubuh, seperti rajin mencuci tangan sebelum makan atau mandi dengan teratur.

Selain itu memakai masker atau segera menutup mulut dan hidung ketika ada orang yang bersin juga perlu kita lakukan. Dengan cara ini, maka risiko tertular virus polio bisa kita minimalisir.

Kurangnya Asupan Nutrisi yang Cukup

Kekurangan nutrisi menyebabkan lemahnya sistem imun tubuh. Karena itu sangat penting menjaga asupan makanan dengan makanan yang kaya akan nutrisi. Sehingga sistem kekebalan tubuh bisa menjadi kuat.

Karena dengan sistem imun yang kuat maka virus pun tidak akan mudah menjangkiti tubuh kita. Sehingga kita tidak menjadi rentan tertular virus polio.

Selain itu cara pencegahan penyakit polio adalah dengan vaksinasi. Melakukan vaksinasi polio sangat penting karena dapat mencegah dan melindungi kita dan anak-anak dari risiko terkena penyakit polio.

Vaksinasi polio perlu kita lakukan dengan frekuensi sesuai anjuran dokter. Saat ini pemerintah telah mewajibkan setiap anak mendapatkan vaksinasi polio secara gratis untuk mencegah penyakit polio.

Itulah penyebab maupun beberapa cara penularan penyakit polio yang sebaiknya anda tahu. Sampai saat ini belum ada obat untuk mengatasi lumpuh akibat penyakit polio. Karena itu mencegah risiko terkena penyakit ini sangat penting. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah