Cara Peternak Ikan Cigadog Pangandaran untuk Tingkatkan Hasil Panen

Cara Peternak Ikan Cigadog Pangandaran untuk Tingkatkan Hasil Panen
Peternak ikan kelompok Cigadog, Dusun Citarunggang, Desa Pangkalan, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, terus memperbaiki kolam ikan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil panen. Foto : Enceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Sebagai upaya untuk meningkatkan hasil panen, para peternak ikan kelompok Cigadog, Dusun Citarunggang, Desa Pangkalan, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, terus memperbaiki kolam ikan.

Selain memperbaiki kolam, mereka juga mempersiapkan treatment awal sebelum kolam ditanami benih ikan.

Salah seorang peternak ikan, Nano berharap, dengan memperbaiki dan mempersiapkan kolam sebelum tanam bisa menghasilkan panen yang maksimal.

Sebelumnya para peternak ikan hanya mampu panen sekitar 100 sampai 130 kilogram per kolam.

“Dengan treatment awal, kita hanya bisa panen sekitar 100 sampai 130 kilogram per kolam. Maka dengan selanjutnya berharap nanti panennya bisa mencapai 200 kilogram per kolam,” ucapnya kepada HR Online, Minggu (30/5/2021).

Sementara untuk memandu treatment awal sebelum kolam ditanami benih ikan, kelompok ikan Cigadog juga akan mengundang ahli, yang dianggap sudah sukses dalam hal tambak ikan.

“Kita juga akan meminta ahli untuk terus menerus memberikan bimbingan kepada seluruh anggota kelompok,” paparnya.

Lanjut Nano, biasanya para peternak ikan, dari mulai tanam sampai bisa panen, memerlukan waktu sekitar 90 hari. “Sehingga, nantinya dengan bimbingan ahli perikanan, kita bisa panen lebih cepat dengan hasil yang lebih banyak,” ujarnya.

Sementara salah seorang pendamping peternakan swadaya, Rudi mengatakan, pemeliharaan awal sebelum masuk ke proses penanaman benih, sangat berpengaruh terhadap perkembangan ikan nantinya.

“Jadi treatment awal itu sangat perlukan untuk meningkatkan hasil produksi,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, usahakan juga cara pemberian pakan setelah sinar matahari masuk ke area kolam.

“Pemberian pakan sebaiknya mulai pukul 9 pagi sampai jam 14.00. Mengingat jam-jam itu oksigen di kolam ikan lagi bagus-bagusnya,” singkatnya. (Enceng/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto