Cara Screenshot Panjang di iPhone Full Page, Berikut Tutorialnya!

Cara Screenshot Panjang di Iphone
Ilustrasi Cara Screenshot Panjang di Iphone. Foto: Ist/Net

Cara screenshot panjang di iPhone dapat anda lakukan dengan mudah. Jika pada perangkat Android dapat memanfaatkan adanya fitur yang bernama scrolling screenshot. Scrolling Screenshot merupakan fitur tangkapan layar berturut-turut kemudian menjadikan satu file gambar yang panjang.

Awalnya fitur ini terkenal pada HP Samsung seri Note yang mana pengguna dapat membagikan screenshot panjang untuk produktivitasnya. Akan tetapi untuk perangkat iOS tidak terdapat fitur scrolling screenshot. Namun terdapat beberapa cara untuk membuat screenshot scrolling panjang ke bawah.

Baca Juga : Ubah Browser Utama iPhone Mudah, Berikut Beberapa Ketentuannya!

Dengan demikian, pengguna tidak perlu lagi mengambil screenshot secara berulang-ulang. Hanya dengan satu kali screenshot untuk semua halaman. Lalu bagaimanakah cara untuk dapat melakukan screenshot satu halaman penuh pada perangkat iPhone tersebut, berikut kita simak ulasannya.

Mengetahui Cara Screenshot Panjang di iPhone

Screen Capture adalah salah satu fitur penting yang sering digunakan dalam kegiatan sehari-hari para pengguna smartphone. Baik mengambil informasi dari tampilan sebuah aplikasi maupun website yang membuat status tentang yang sedang dilakukan pada perangkat smartphone saat itu.

Bagi anda yang gemar mengambil informasi dari website dengan cara screenshot, maka mulai dari iOS 13 Apple telah memperoleh bekalan fitur untuk melakukan screenshot panjang.

Dengan demikian, anda tidak perlu lagi mengambil gambar secara berulang kali. Dalam hal ini anda hanya memerlukan satu kali ketukan saja untuk dapat mengambil gambar pada semua halaman.

Cara Screenshot Panjang di iPhone Praktis

Akan tetapi screenshot panjang pada iPhone tidak dapat anda simpan dalam bentuk file atau pun format foto. Namun harus anda simpan dalam format PDF atau dokumen.

Baca Juga : Logout iCloud iPhone Penting Dilakukan, Simak Langkah Mudahnya!

Oleh karena itu, hasil screenshot capture full page ini tidak dapat menyimpan dalam galeri photo, melainkan dalam aplikasi file. Berikut ini cara screenshot panjang di iPhone antara lain:

  • Langkah pertama, silahkan ambil screenshot pada halaman yang anda inginkan, caranya untuk seri iPhone 5,6,7,8,SE, SE 2 dengan menggunakan tombol home. Tekan tombol Power atau tombol samping serta tombol home secara bersamaan. Langsung lepas dan jangan di tahan tombolnya. Sedangkan untuk iPhone X serta seri terbaru, anda dapat tekan tombol volume atas serta power/samping secara bersamaan pula.
  • Langkah berikutnya, klik preview atau gambar kecil yang terdapat pada pojok kiri bawah setelah screenshot anda ambil.
  • Cara screenshot panjang di iPhone selanjutnya adalah pilih menu full page atau halaman penuh.
    Sebelum menyimpan hasil screenshot, anda dapat mengeditnya terlebih dahulu dengan menggunakan menu yang terdapat pada bagian samping kanan atau bawah.
  • Jika sudah maka hasil screenshot dapat anda simpan dengan klik simpan PDF ke File, lalu pilih menu pada iPhone anda.
  • Langkah berikutnya, buka aplikasi file yang terdapat pada iPhone anda.
  • Kemudian masuk pada menu iPhone anda untuk melihat hasil screenshot full page yang anda buat tadi. Hal ini tergantung dimana anda menyimpannya.
  • Selanjutnya buka serta seret gambar atau File PDF ke bawah agar melihat gambar satu halaman full.
  • Jika anda ingin membagikannya, sentuh serta tahan pada file screenshot dan klik bagikan. File akan tetap anda bagikan dalam bentuk file PDF.

Melihat dan Edit Hasil Screenshot Panjang di Iphone dengan Aplikasi Files

Selain itu, fitur screenshot panjang iPhone sayangnya tak bisa anda gunakan pada selain Safari. Hal ini termasuk peramban buatan pengembang pihak ketiga seperti Mozilla ataupun Google Chrome.

Baca Juga : Kirim GIF di WhatsApp Android dan iPhone dengan Mudah, Ini Caranya

Sedangkan untuk membuka hasil screenshot panjang pada iPhone, anda dapat melakukannya seperti halnya akan membaca dokumen bertipe PDF, dalam hal ini anda dapat menggunakan aplikasi Files. Caranya adalah :

  • Download dan akses aplikasi Files
  • Cari berkas PDF yang akan anda buka. Buka tab Recant untuk memudahkan jika penyimpanan belum lama
  • Klik berkas tersebut untuk dapat membukanya
  • Untuk mengeditnya, anda dapat menggunakan fitur Markup dengan mengetuk tombol Spidol yang terdapat pada pojok kanan atas
  • Klik Done dan selesai

Demikianlah cara screenshot panjang di iPhone. Dengan memanfaatkan fitur ini tentu sangat bermanfaat untuk pengguna iPhone. Walaupun masih terlalu terbatas dan hanya dapat anda gunakan aplikasi Safari. Untuk cara lebih mudah dan cepat lainnya anda dapat memanfaatkan aplikasi pihak ketiga seperti Tailor atau Piscew. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto