Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Silent HP Android untuk Jam-Jam Tertentu dengan Otomatis

Cara Silent HP Android untuk Jam-Jam Tertentu dengan Otomatis

Cara silent HP Android pada jam-jam tertentu dapat anda lakukan secara otomatis. Tentu anda pernah merasa terganggu saat lupa mengalihkan ponsel ke mode senyap dalam waktu-waktu tertentu.

Namun tahukah anda, saat ini terdapat cara untuk membungkam suara secara otomatis pada waktu-waktu tertentu. Mode senyap atau silent pada sebagian besar perangkat Android tidak akan memblokir alarm.

Dengan demikian, pengguna dapat mengandalkan mode “jangan ganggu” untuk membungkam suara ketika mengisi daya. Akan tetapi anda tidak perlu khawatir, meskipun dalam kondisi silent, anda tetap dapat memperoleh pemberitahuan penting.

Baca Juga : Cara Agar Baterai HP Awet dan Tahan Lama, Simak Tips Praktisnya

Selain itu, dengan menggunakan cara ini anda dapat mengatur waktu sendiri pada jam-jam tertentu. Dengan tujuan agar suara nada dering Android tidak berbunyi. Hal ini tentunya dapat membuat nada menjadi lebih tenang, jika pada saat-saat tertentu anda terlupa mengubah perangkat Android anda ke mode senyap.

Mengetahui Cara Silent HP Android

Perlu anda ketahui, mode silent atau mode senyap pada smartphone Android dapat seketika aktif secara otomatis pada jam-jam tertentu yang telah anda tentukan.

Maka anda tidak perlu repot-repot lagi untuk mengaktifkannya kembali. Meskipun demikian, cara silent HP Android secara otomatis tentu anda memerlukan adanya bantuan aplikasi yang mempunyai fungsi tersebut.

Baca Juga : Kirim Pesan Otomatis di HP Android Melalui Aplikasi Google Messages

Anda perlu menggunakan aplikasi yang dapat menjadikan suara nada dering tidak berbunyi ada jam-jam tertentu. Kemudian, juga mengatur hari dan waktu agar smartphone Android anda tidak bersuara pada saat-saat yang telah anda tentukan.

Cara Silent HP Android dengan Aplikasi “Jangan Ganggu”

Aplikasi “Jangan Ganggu” mempunyai tampilan yang cukup simple, sehingga sangat mudah untuk anda gunakan dalam membuat smartphone Android tidak bersuara ketika saat-saat tertentu. Adapun cara menggunakannya adalah:

  • Langkah pertama, anda download aplikasi “Jangan Ganggu” yang terdapat pada layanan Google Play Store.
  • Selanjutnya buka aplikasi, dan anda harus lebih dahulu aktifkan akses notifikasi aplikasi tersebut.
  • Selanjutnya, Cara silent HP Android dengan menggunakan aplikasi “Jangan Ganggu” adalah tap tambahkan profile, kemudian anda dapat langsung atur jam yang akan anda tentukan supaya saat-saat tertentu ponsel pintar anda tidak berbunyi.
  • Langkah berikutnya, aktifkan jamnya serta untuk mengatur kapan harinya anda dapat mengatur pada bagian “one time event”. Di sini anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan anda.
  • Langkah terakhir, setelah semua proses anda lakukan, kemudian scroll ke bagian bawah serta klik icon tersebut untuk menutup. Maka tiba waktunya, smartphone anda tidak akan bersuara meskipun ada panggilan masuk ataupun notifikasi lainnya.
Baca Juga : Setting Push Email Yahoo pada HP Android, Berikut Tutorial Lengkapnya!

Cara silent HP Android dengan menggunakan aplikasi “Jangan Ganggu” anda tidak hanya membuat satu pengaturan saja. Di sini anda dapat membuat banyak waktu pengaturan seperti halnya waktu sholat, atau waktu penting lainnya yang dapat anda atur sesuai dengan kebutuhan.

Cara Silent HP Android dengan Aplikasi Volume Lock dan Mute

Berikut ini beberapa langkah silent HP Android dengan menggunakan aplikasi Volume Lock dan Mute antara lain:

  • Sama seperti menggunakan aplikasi sejenis lainnya, anda harus mengunduh serta menginstal aplikasi Volume Lock dan Mute pada Google Play Store. Aplikasi ini dapat anda gunakan secara gratis. Pasang aplikasi tersebut pada ponsel Anda.
  • Kemudian, setelah aplikasi berhasil terpasang, buka serta jalankan aplikasi tersebut. Maka akan muncul notifikasi untuk meminta anda mengizinkan akses pada aplikasi tersebut. Lalu geser gambar ke arah “on” atau anda geser ke kanan untuk memberikan izin.
  • Selanjutnya anda akan dibawa pada tampilan Volume Lock Settings. Cara silent HP Android dengan aplikasi ini cukup mudah. Anda tinggal mengunci serta mematikan volume suara. Selanjutnya, suara tidak bisa anda ubah-ubah lagi apabila ada mencentang pada opsi “Lock Media Volume”.
  • Hingga langkah ketiga ini, berarti anda telah berhasil mematikan fungsi tombol volume pada ponsel Android. Apabila anda hanya ingin mengunci suara pada level tertentu, maka anda dapat mencentang pada opsi Lock Volume at Current Level. Pada opsi ini, anda dapat mengatur rentang waktu volume pada level kecil, besar hingga tidak bersuara sama sekali.

Dengan mengikuti cara silent HP Android di atas, maka anda pun akan merasa nyaman tidak akan terganggu dengan suara HP pada saat-saat penting. Terutama bagi yang sering lupa mengubah mode senyap pada ponsel, cara ini dapat menjadi solusi tepat bagi anda. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto