Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaBerita TerbaruCiri-ciri Teman yang Toxic, Wajib Kamu Tinggalkan!

Ciri-ciri Teman yang Toxic, Wajib Kamu Tinggalkan!

Ciri-ciri teman yang toxic ini perlu kamu waspadai karena berpotensi mengacaukan hidupmu. Pertemanan memang bisa membuat hidup kita jadi lebih bermakna, namun jika terus berurusan dengan teman tipe ini, mentalmu akan terganggu.

Bukannya membantumu bangkit dari kegagalan, teman yang seperti ini justru malah membuatmu semakin terpuruk. Agar kita bisa menjalani hidup lebih baik, yuk hindari orang seperti ini.

Baca Juga: Membaca Karakter Orang dari Cara Berselimut, Ungkap Sifat Aslimu

Berikut Ciri-ciri Teman yang Toxic

Seperti apa teman yang harus kamu hindari? Berikut penjelasannya:

Dirinya yang Utama

Ada beragam hubungan toxic yang bisa terjadi, mungkin saja kita sedang mengalaminya. Ketika berurusan dengan teman yang toxic, kamu merasa bahwa semuanya hanya tentang dia.

Mulai dari topik pembicaraan, keluh kesah, sudut pandang darinya selalu menjadi yang utama. Sedangkan kamu sendiri selalu menjadi nomor dua. Teman yang seperti ini tidak peduli dengan kondisi dan perasaanmu.

Hanya Memanfaatkanmu

Ciri-ciri teman yang toxic tentunya hanya memanfaatkanmu. Waktu, energi, dan perhatianmu ia gunakan untuk kepentingannya. Sedangkan kepentinganmu tidak ia pikirkan sama sekali.

Baca Juga: Makanan Penyebab Mimpi Buruk Menurut Penelitian, Apa Saja?

Teman yang toxic pada awalnya memang tidak berniat memanfaatkanmu. Tetapi karena sudah terbiasa menjadikan dirinya sebagai yang utama, lama-lama menjadi lupa dengan kondisi orang di sekitarnya. Padahal, pertemanan yang sehat seharusnya tidak merugikan satu sama lain.

Memanipulasi

Kritik, sindiran, atau amarah merupakan ciri-ciri teman yang toxic untuk membuatmu menuruti keinginannya. Karena sibuk menuruti keinginannya, kamu jadi mengabaikan diri sendiri. Banyak orang lupa mengurus diri sendiri ketika terjebak dalam hubungan toxic baik itu pertemanan atau percintaan.

Saat ia tengah memanipulasi, kamu cenderung mengambil pilihan dengan panik dan seolah-olah terdesak. Semakin kamu terlihat ragu dan bimbang, mereka seolah memberikan pilihan yang bijak. Sayangnya mereka tidak memikirkan apakah itu merugikanmu atau tidak.

Bergantung Padanya

Ciri-ciri teman yang toxic lainnya, terlihat saat kamu mulai bergantung padanya. Karena kamu selalu sibuk menuruti keinginannya, maka duniamu seolah berfokus pada dirinya.

Kamu mulai mengabaikan pentingnya meluangkan waktu dengan teman-teman yang lain. Jumlah teman jadi makin sedikit karena kita hanya bergantung pada satu orang. Seakan-akan teman yang lain terlihat salah atau tidak bisa dipercaya.

Jika kamu mulai kesulitan mengambil keputusan dan tidak bisa mengerjakan sesuatu sendiri, maka itu pertanda kamu mulai bergantung pada satu orang. Tidak bisa bertanggung jawab atas diri sendiri juga pertanda ketergantungan pada seseorang dan ini sudah kategorinya sudah jadi teman yang toxic.

Menyalahkan Kamu

Ketika segala sesuatu tidak berjalan lancar maka dia akan langsung menyalahkan kamu, tidak peduli apa penyebabnya. Ciri-ciri teman yang toxic yaitu membuat kamu merasa pantas menerima perasaan bersalah meskipun kamu tidak melakukan kesalahan.

Selalu menyalahkan kamu atas segala sesuatu juga bisa dikatakan kekerasan emosional. Orang seringkali menganggap remeh kekerasan verbal karena tidak menimbulkan luka fisik. Namun, luka batin ternyata memerlukan pemulihan yang lebih lama apabila tidak ditangani dengan benar.

Diri kita saat ini ditentukan oleh orang-orang di sekeliling kita. Pilihlah orang-orang sekelilingmu dengan baik. Berhenti berurusan dengan orang toxic agar kesehatan mental tetap stabil. (R10/HR-Online)

Editor: Ndu