Cryptocurrency Ethereum, Pesaing Berat Bitcoin

Cryptocurrency Ethereum

Berita Bisnis, (harapanrakyat.com),- Cryptocurrency ethereum saat ini menjadi salah satu yang tengah ramai pada pasar digital. Mata uang kripto atau digital dalam beberapa tahun terakhir semakin ramai menjadi perbincangan di berbagai media.

Anda pasti pernah mendengar atau bahkan mengenal mata uang digital Bitcoin yang menjadi pelopor. Sejak pertama kali diperkenalkan ke publik hingga sekarang semakin banyak yang mentransaksikannya.

Meskipun pada awalnya mata uang yang diperkenalkan untuk transaksi digital sebagai investasi. Kini semakin berkembang dan menjadi alat pembayaran untuk transaksi digital di beberapa negara.

Kini bukan hanya Bitcoin saja yang kini bisa Anda pilih sebagai investasi, terdapat beberapa jenis. Cryptocurrency Ethereum merupakan salah satu mata uang kripto yang menduduki peringkat kedua terbanyak.

Saat ini terdapat beberapa negara yang melegalkan mata uang kripto sebagai alat pembayaran transaksi digital. Bukan itu saja, terdapat negara yang memiliki bursa atau pasar untuk bertransaksi.

Berinvestasi kini bukan hanya pada instrumen pasar modal atau pun jual beli mata uang asing saja. Mata uang kripto atau cryptocurrency menjadi salah satu ionvestasi terkini terutama bagi kaum milenial.

Sejak awal kemunculannya cryptocurrency menjadi perbincangan pada banyak media di dunia. Hingga kini keberadaan mata uang digital ini masih menuai pro serta kontra pada banyak negara.

Meskipun banyak yang meraih keuntungan dari bertransaksi uang mata uang digital ini. Namun, Anda harus mengenal dan memahaminya karena kini ada lebih banyak jenis yang beredar.

Meskipun yang lebih awal ada adalah Bitcoin, akan tetapi kemudian Ethereum menjadi pesaing terberat. Dengan nilai atau harga pada pasar digital hampir menyamai Bitcoin, Ethereum menjadi pilihan kedua.

Karena jumlah dari mata uang digital terbatas, maka Anda yang baru terjun harus mulai mencari alternatif. Jika ingin tetap bertransaksi pada Bitcoin, maka harus mempertimbangkan dengan pasti, akrena nilai mulai tinggi.


Ethereum dan koin digital lainnya memiliki peluang m,eningkat dan berkembang sama dengan Bitcoin. Hal inilah yang mendorong kemunculan koin digital lainnya.

Mengenal Cryptocurrency

Jika Anda mengenal nama Bitcoin atau cryptocurrency Ethereum sebagai yang tengah viral, hal tersebut wajar. Karena perkembangan uang digital saat ini cukup pesat dan semakin ramai saja.

Sesuai dengan perkembangan jaman yang serba canggih dan digital, alat pembayaran transaksi pun ikut berkembang. Bukan hanya menggunakan uang kartal atau resmi suatu negara saja.

Kini banyak berkembang sebuah alat pembayaran transaksi digital baru yang terus menyebar ke seluruh negara. Cryptocurrency menjadi yang tengah ramai dan banyak beredar.

Mata uang digital ini merupakan sebuah mata uang digital yang terjamin keberadaannya oleh cryptography. Dengan kata lain mata uang digital ini tak mungkin dapat ada yang memalsukannya.

Mata uang digital ini hanya dapat Anda transaksikan langsung antara penjual dan pembeli. Sehingga tak ada campur tangan pihak ketiga, apalagi pemerintah atau lembaga lainnya.

Keistimewaan dari cryptocurrency adalah nilainya sama pada setiap negara. Tak terpengaruh oleh kurs negara manapun, sehingga bebas untuk siapa pun mentransaksikannya.

Selain itu mata uang digital ini, terdapat sebuah kode tertentu yang hanya pengguna yang mengetahuinya. Tak akan ada nama yang muncul dan Anda pun tak dapat mengetahui siapa yang bertransaksi.

Sebuah alat pembayaran sekaligus investasi yang keamanannya terjamin tanpa ada campur tangan pihak lain. Murni bergerak atas dasar adanya permintaan dan ketersediaan barang pada pasar cryptocurrency.

Hal inilah yang membuat tertarik terutama kaum milenial untuk mencoba investasi atau transaksi pada salah satunya. Apalagi saat ini bukan hanya Bitcoin, ada banyak jenis lainnya yang bisa Anda pilih.

Apa Itu Ethereum

Jika dalam awal kemunculan hingga beberapa tahun berikutnya Bitcoin menjadi sang penguasa mata . Kini hal tersebut telah berubah dengan kehadiran Ethereum.

Jenis lain dari mata uang kripto ini telah mampu mengalahkan posisi dari Bitcoin dan menjadi pusat perhatian. Bagaimana tidak, sang raja cryptocurency akhirnya mendapat saingan terberatnya.

Ethereum atau banyak yang menyebutnya dengan Ether merupakan mata uang digital yang berbasis blockchain, Ethereum. Resmi diluncurkan pada tahun 2015 dan membuat Distributed Applications serta SmartContracts berjalan tanpa ada batasan waktu.

Secara global, Ethereum merupakan sebuah bahasa pemograman yang dapat membantu blockchain tetap berjalan. Sejak tahun 2014 penjualan ether mendapat respon yang sangat luar biasa.

Ether digunakan untuk beberapa tujuan lain selain mata uang digital pada cryptocurrency. Ether juga digunakan untuk memonetisasi sebuah pekerjaan hingga menjalankan sebuah aplikasi.

Ethereum kemudian berkembang hingga terbentuk versi baru yang lebih baik dan kuat perlindungannya. Hal tersebut karen pernah terjadinya pencurian dana yang sangat besar yang membuat terpecahnya dua block chain.

Namun hal tyersebut tak membuat minat akan cryptocurrency ethereum menurun, justru pada tahun 2019 menduduki peringkat kedua. Bahkan di tahun ini mata uang digital 2021 mampu menggeser posisi dari Bitcoin.

Hal tersebut karen pada pasar mata uang digital, Anda akan lebih mudah mendapatkan Ethereum ketimbang Bitcoin. Bahkan jumlah Ethereum yang beredar lebih banyak dari pada Bitcoin.

Kelebihan dan Kekurangan Cryptocurrency Ethereum

Pada setiap mata uang digital yang ada sekarang ini terdapat kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Tak terkecuali dengan Bitcoin atau pun Ethereum yang tengah ramai dan viral pada banyak media.

Salah satu jenis dari mata uang digital yang keberadaannya kini mampu menggeser posisi dari sang raja yaitu Bitcoin. Hal tersebut terjadi karena Ethereum memiliki beberapa kelebihan dari pada jenis lainnya.

Berikut ini beberapa kelebihan yang bisa Anda temukan pada cryptocurrency Ethereum’ diantaranya :

1. Memiliki founder yang dikembangkan dan jelas oleh banyak developer. Hal tersebut membuat Ethereum menjadi platform terpercaya saat ini.

2. Dengan menggunakan blockchain, membuat mata uang digital ini memiliki sistem desentralisasi. Bahkan dapat menjadi alternatif unutk dunia perbankan yang lebih baik.

3. Merupakan mata uang digital atau kripto terbesar kedua setelah Bitcoin. Meskipun semakin hari semakin banyak yang memilih Ethereum sebagai transaksi mata uang digital.

Selain kelebihan yang dimiliki, terdapat pula kekurangan dari Ethereum yang perlu Anda ketahui.

1. Perkembangan Ethereum sebagai mata uang digital cukup pesat dari hari ke hari. Hal tersebut membuat mata uang kripto tersebut memiliki votalitas tinggi.

2. Harga dari Ethereum dapat naik sangat tinggi akibat sesuatu hal dan juga bisa turun atau jatuh tiba-tiba karena hal lainnya. Oleh karena itu Anda harus dapat mengatasi kenaikan atau pun penurunan tersebut dengan analisa.

Karena votalitas dari Ethereum termasuk tinggi, maka analisa pasar dan linnya menjadi cara untuk mengatasi hal tersebut. Apalagi saat ini mata uang atau cryptocurrency Ethereum menjadi investasi dari banyak pengguna muda atau milenial.