Selasa, Mei 17, 2022
BerandaBerita TerbaruDekorasi Interior Rumah dengan Tanaman Rambat yang Menyegarkan

Dekorasi Interior Rumah dengan Tanaman Rambat yang Menyegarkan

Dekorasi interior rumah agar terlihat lebih indah dan segar bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan tanaman hias indoor yang belakangan ini cukup populer. Jenis tanaman hias tersebut salah satunya tanaman rambat.

Jadi, untuk menciptakan interior rumah yang segar tak melulu harus dengan tanaman hias biasa, tapi Anda juga dapat berkreasi menggunakan tanaman rambat.

Untuk melakukan perambatan memerlukan media lain. Hal itu karena jenis tanaman ini memiliki batang yang lemah. Sehingga tidak dapat tumbuh secara optimal tanpa adanya media rambat.

Namun yang menariknya, tanaman hias indoor yang satu ini ada yang adaptif terhadap lingkungan dalam ruang. Bahkan, beberapa diantaranya mempunyai nilai estetika untuk menunjang dekorasi interior rumah.

Lalu, tanaman rambat jenis apa saja yang cocok untuk interior ruangan agar rumah terlihat indah dan segar? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa rekomendasinya.

Baca Juga : Pagar Balkon Minimalis Modern Lengkapi Interior Rumah yang Unik

Memilih Dekorasi Interior Rumah dengan Tanaman Rambat

Devils Ivy

Tanaman hias rambat bernama devils ivy ini sebetulnya masih satu jenis dengan tanaman sirih gading. Hanya saja tanaman tersebut lebih populer sebagai golden pothos, sebab warna pada bagian daunnya lebih cenderung berwarna kuning cerah.

Karena warnanya yang cerah itulah menjadikan jenis tanaman hias rambat yang satu ini dapat memberi aksen segar untuk dekorasi interior rumah. Bahkan, mampu menjadi pusat perhatian bagi siapapun yang melihatnya.

Sedangkan, mengenai karakter tumbuhnya, tanaman hias indoor jenis devils ivy ini juga dapat merambat alami pada barang-barang di sekitarnya. Selain itu, Anda bisa mengarahkannya sesuai dengan keinginan.

Monstera

Tanaman rambat berikutnya yang cocok untuk dekorasi interior rumah adalah tanaman hias monstera. Jenis tanaman ini sedang naik daun karena masih menjadi pilihan favorit para pecinta tanaman hias.

Jenis tanaman monstera sendiri memang banyak, antara lain adalah monstera obliqua, adansonii, dan monstera minima.

Baca Juga : Desain Interior Rumah Mungil Cantik, Dari Gaya Vintage Hingga Pedesaan

Ketiga tanaman monstera tersebut tergolong merambat, sehingga butuh media lain sebagai penyangga guna menunjang arah pertumbuhan bagian batangnya.

Sebagai dekorasi interior rumah, tanaman rambat jenis monstera memang terlihat sangat menarik lantaran memiliki keunikan pada bentuk daunnya.

Selain itu, karakter daun monstera yang lebar juga mampu membuat suasana ruangan rumah langsung berubah.

Sirih Gading

Jika berbicara mengenai tanaman hias rambat tentunya tidak akan lepas dari tanaman indoor sirih gading. Jenis tanaman rambat ini sangat lumrah dipakai untuk dekorasi interior rumah. Selain mudah dalam perawatannya, juga sangat mudah didapat.

Tanaman rambat sirih gading dapat tumbuh sehat melalui media tanam tanah maupun air. Kemudian, sebagai media tambahan untuk merambatnya, Anda bisa memberi tali. Bahkan, bisa juga dengan membiarkannya merambat pada perabotan yang ada sekitar tanaman tersebut.

Baca Juga : Desain Interior Rumah Mewah Klasik Ala Berbagai Negara di Dunia

Hedera Helix

Dekorasi interior rumah menggunakan tanaman hias rambat lainnya yang bisa Anda pilih yaitu tanaman bernama hedera helix (english ivy).

Jenis tanaman rambat ini sangat menarik jika dijadikan sebagai tanaman interior rumah karena memiliki keunikan tersendiri.

Nilai estetika yang ada pada tanaman hedera helix adalah karakter daunnya berbentuk menyerupai bintang. Kemudian fakta unik selanjutnya adalah, tanaman rambat ini ternyata dianggap sebagai herbal. Bermanfaat untuk mengobati sejumlah masalah kesehatan.

Meski begitu, bukan berarti tanaman hedera helix ini aman, karena kalau tertelannya secara langsung justru dapat menyebabkan keracunan.

Agar kemungkinan buruk itu bisa terhindari, sebaiknya Anda jangan menanam hedera helix apabila di rumah memiliki anak-anak. (R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

- Advertisment -