Dekorasi Ruang Tamu Lebaran Agar Tamu Nyaman Saat Berkunjung

Dekorasi Ruang Tamu Lebaran Agar Tamu Nyaman Saat Berkunjung
Ilustrasi dekorasi ruang tamu lebaran. Foto: Ist/Net

Dekorasi ruang tamu lebaran yang juga perlu disiapkan. Tentunya tidak hanya menyiapkan makanan dan pakaian. Pada saat Hari Raya Idul Fitri perlu untuk dekorasi untuk ruang tamu. Saat hari raya tiba, pastinya akan ada banyak saudara yang datang berkunjung untuk melakukan silaturahmi.

Sebaiknya anda menyambut dengan baik, maka mempersiapkan rumah terutama ruang tamunya. Sehingga, para tamu datang akan merasa nyaman saat berkunjung.

Baca Juga: Ruang Tamu Shabby Chic Sederhana Pilihan Interior Ramah Budget

Dekorasi Ruang Tamu Lebaran Agar Tamu Lebih Nyaman

Ruang tamu menjadi salah satu bagian penting dalam sebuah rumah. Sehingga, untuk mempercantiknya anda wajib melakukan dekorasi dengan memberikan nilai estetika terbaik. Apabila anda ingin mendekorasi ulang ruang tamu, tentunya anda masih bisa melakukannya. Untuk itu anda bisa memperhatikan cara mendekorasi ruang tamu berikut ini.

Dekorasi dengan Tirai Baru

Pada saat hari lebaran pastinya akan penuh dengan sukacita dan kebahagiaan. Nuansa positif ini juga akan hadir pada dekorasi ruang tamu anda. Tentunya untuk menambahkan semarak hiasan ruang tamu, anda bisa mengganti tirai yang ada.

Baca Juga: Posisi Kursi Ruang Tamu, Hal Penting untuk Kenyamanan Tamu Anda

Ganti dengan tirai jendela baru yang berwarna terang atau khas hari raya Idul Fitri. Seperti dengan menggunakan warna kuning dan hijau. Selain itu juga bisa menggunakan warna lainnya. Tentunya yang disesuaikan dengan karakter ruang tamu anda.

Mendekorasi dengan Buah

Seperti yang anda tahu, buah juga sering menjadi hiasan untuk sebuah ruangan. Anda bisa menggunakannya sebagai hiasan dekorasi ruang tamu saat lebaran. Caranya dengan meletakkan beberapa jenis buah dalam mangkuk cantik. Setelah itu letakkan di meja ruang tamu anda. Hal itu untuk menambah keindahan hiasan lebaran.

Tambahkan Bunga Segar

Anda juga bisa menaruh bunga segar di meja ruang tamu. Hal itu menjadi pilihan yang baik agar ruang tamu tampak lebih indah. Pastikan bunga-bunga yang pas untuk mempercantik ruang tamu. Seperti halnya bunga-bunga hias dengan warna cerah. 

Selain itu juga memiliki aroma semerbak seperti anggrek, mawar, juga lili. Apabila anda ingin memastikan bunga tersebut tampak segar. Sebaiknya simpan bunga tersebut satu hari menjelang hari Lebaran. Tentunya agar kesegaran bunganya tetap terjaga.

Baca Juga: Hiasan Dinding Ruang Tamu Kecil Membuat Kesan Lebih Luas dan Cantik

Taplak dan Toples Kue

Perayaan Idul Fitri identik dengan aneka kue. Selain itu juga penganan manis yang khas menumpuk di ruang tamu. Tumpukan toples khas lebaran, jangan anda biarkan begitu saja.

Hal itu karena akan mengganggu nuansa interior ruang tamu anda. Sehingga dekorasi ruang tamu lebaran agar lebih mempercantik dengan menggunakan taplak. Sebaiknya memiliki motif atau senada dengan tirai jendelanya ruang tamu.

Selain itu juga tidak lupa menghias pada toples-toples cantik. Toples yang berisi makanan dan beragam kue khas lebaran. Maka dekorasi ruang tamu anda akan semakin menarik.

Wewangian

Wewangian yang bisa menjadi pendukung suasana yang lebih nyaman. Tentunya yang membuat para tamu anda semakin betah. Anda bisa menggunakan pengharum ruangan. Selain itu juga dengan memilih bunga alami. Seperti bunga mawar, sweet alyssum, dan lili.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan lilin aromaterapi. Aromaterapi yang tidak hanya membuat ruangan wangi. Namun juga memberikan efek yang menenangkan.

Tambahkan Karpet

Anda juga perlu menghias pada bagian bawah ruang tamu. Anda juga dapat mempermanis hiasan dekorasi ruang tamu lebaran, terutama pada bagian lantainya dengan memasang karpet yang memiliki motif. Seperti halnya motif bergaya Timur Tengah, plaid motif, dan polos namun dengan warna cerah.

Fungsi karpet tersebut bukan hanya sebagai nilai estetika saja. Namun juga mempunyai fungsi praktis, yakni berguna menutupi lantai yang terlihat kusam atau rusak.

Bantal

Anda bisa menambahkan bantal pada sofa ruang tamu. Hal itu agar semakin mempercantik ruang tamu. Pastikan bantal yang dipakai merupakan bantal untuk sofa. Bukan bantal yang digunakan untuk tidur. Karena, bantal sofa yang memiliki berbagai macam bentuk, hiasan yang unik, dan menarik.

Sehingga cocok dijadikan sebagai hiasan ruang tamu. Bantal sofa yang nyaman tidak hanya melengkapi desain ruang tamunya. Namun yang akan membuat para tamu nyaman saat berkunjung. Sebaiknya tidak lupa untuk memilih sarung bantal dengan warna cerah.

Dekorasi ruang tamu lebaran yang semakin mempercantik ruangan. Selain itu agar para tamu akan lebih nyaman saat berkunjung. (R10/HR-Online)

Editor: Ndu