spot_imgspot_img
BerandaBerita CiamisBupati Ciamis : Harusnya Desa Mandiri Dapat Reward

Bupati Ciamis : Harusnya Desa Mandiri Dapat Reward

- Advertisement -

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Bupati Ciamis, Jawa Barat, H. Herdiat Sunarya mengatakan, seharusnya desa yang naik statusnya menjadi mandiri mendapatkan reward atau hadiah dari pemerintah. Karena menurutnya, desa tersebut telah berusaha keras menjadi lebih baik lagi.

“Masa tidak bisa memberikan reward kepada desa yang sudah statusnya sudah mandiri? Harus bisa. Nanti saya tugaskan kepada Sekda, agar dana APBD Perubahan nanti dapat memberikan reward,” kata Herdiat saat kegiatan Deklarasi Indeks Pemkab Ciamis tahun 2021, di Aula Setda Ciamis, Senin (24/5/2021).

Menurutnya, Kabupaten Ciamis sendiri saat ini sudah tidak ada lagi desa tertinggal. Yang ada sampai hari ini, untuk desa maju sebanyak 120, desa berkembang 93 dan desa mandiri ada 49.

“Terimakasih saya ucapkan kepada pemerintah pusat, karena telah memberikan anggaran dana desa yang cukup besar kepada desa di Kabupaten Ciamis,” ucapnya.

Lebih lanjut Herdiat menambahkan, dari tahun 2015, pemerintah pusat telah menggulirkan anggaran sebesar Rp 75 miliar, untuk 258 desa.

Menurutnya, setiap tahunnya anggaran tersebut terus naik. Bahkan sampai tahun 2021 saat ini, pemerintah pusat telah menggulirkan anggaran dana desa sebesar Rp 263 miliar lebih.

“Dana ini tentu perlu kehati-hatian dalam pemakaiannya, agar terlaksana dan bermanfaat dengan baik bagi masyarakat desa itu sendiri,” katanya.

Sedangkan untuk alokasi dana desa, saat ini Kabupaten Ciamis menurun dibanding tahun 2020 lalu, yang sebesar Rp 144 miliar. Karena, kebutuhan yang harus diselesaikan terutama penanganan Covid-19. Jadi tahun ini hanya Rp 135 miliar.

“Kepada kelurahan juga jangan berkecil hati. Karena kami juga saat ini fokus terhadap pengembangan di kelurahan,” ucapnya.

Herdiat berpesan kepada kepala desa, agar dapat menggunakan dana tersebut sesuai peruntukannya dan pengelolaanya. “Jadi hati-hati dalam menggunakan dana tersebut,” pesannya.

Sementara untuk setiap desa, rata-rata dapat dana desa sebesar Rp 2 miliar. Anggaran tersebut tentu besar dibandingkan anggaran kegiatan Pemkab Ciamis.

“Maka dari itu, pergunakan anggaran tersebut dengan baik,” pungkasnya. (Ferry/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -

Related News

- Advertisement -