Desain Paviliun Minimalis Lebih Cantik, Praktis dan Fungsional

Desain Paviliun Minimalis
Ilustrasi Desain Paviliun Minimalis. Foto: Ist/Net

Desain paviliun minimalis dapat menjadi inspirasi bagi anda yang ingin menambahkan adanya bangunan ini pada rumah.

Bangunan paviliun pada umumnya berdiri tidak jauh dari rumah induk. Fungsi dari paviliun bukan hanya sebagai tempat tinggal.

Akan tetapi bangunan yang terpisah dari bangunan induk ini berfungsi sebagai tepat untuk menyalurkan hobi atau sebagai ruang kerja.

Beragam Desain Paviliun Minimalis

Paviliun merupakan rumah kecil yang pada umumnya terletak pada bagian samping rumah utama. Bangunan ini sering kita temui pada peninggalan zaman kolonial Belanda.

Baca Juga: Rumah Minimalis Ala Eropa, Desain yang Cocok untuk Daerah Tropis

Kala itu, paviliun bermanfaat bagi para pembantu yang bekerja di rumah tersebut. Namun seiring berjalannya waktu, bangunan paviliun menjadi gaya tersendiri untuk sebagian orang dengan lahan luas.

Bahkan penggunaan paviliun juga berkembang serta cukup beragam. Selain itu, paviliun juga dapat memberikan sifat privasi pemilik rumah terhadap pegawai serta tamu.

Bahkan dapat anda gunakan untuk menyalurkan hobi yang memerlukan space cukup luas. Berikut ini pilihan desain paviliun minimalis yang dapat anda terapkan pada hunian anda antara lain:

Baca Juga: Desain Rumah Jepang yang Dinamis dan Serba Minimalis

Desain Serba Mini dan Fungsional

Paviliun pada umumnya terdiri dari kamar tidur kamar mandi, serta sebuah dapur dengan ukuran kurang lebih 20-30 meter persegi.

Maka untuk memperoleh inspirasi sesuai dengan kondisi serta ukuran ruang, anda juga perlu memperhatikan ukuran perabot yang akan anda gunakan.

Sebaiknya anda menggunakan jenis furniture yang simple, berukuran kecil serta multifungsi. Kemudian, hindari pemakaian perabotan dengan ukuran besar.

Kemudian, juga menggunakan sekat ruangan dalam jumlah yang banyak. Pasalnya hal ini dapat mengganggu aktivitas. Ukuran tidak pas dapat menjadikan ruangan paviliun yang mungil menjadi terasa tambah sempit serta sesak.

Baca Juga: Desain Ruang Belajar Minimalis yang Memberikan Kesan Nyaman

Paviliun dengan Kaca dan Skylight

Salah satu desain paviliun minimalis yang dipasang dengan menggunakan banyak pintu kaca serta skylight. Dengan demikian dapat menghadirkan interval dalam ruangan yang cukup praktis.

Paviliun Kayu

Bangunan tambahan dengan menggunakan material kayu ini merupakan salah satu pilihan desain paviliun yang minimalis.

Dengan dikelilingi pepohonan nan hijau, sisinya dapat anda manfaatkan sebagai ruang baca dengan beragam buku di dalamnya.

Ukurannya yang cukup minimalis membuta banguan yang terpisah dari rumah induk ini pun terasa nyaman. Hadirnya jendela kaca serta adanya teras memungkinkan siapapun dapat menikmati suasana sekitar yang sangat rileks.

Paviliun Modular

Siapa yang tidak akan betah untuk menempati bangunan modern dan minimalis ini. Suatu bangunan yang terpisah dengan rumah induk yang berfungsi sebagai ruang pribadi, ruang kerja, atau bahkan bisa anda manfaatkan sebagai ruang perpustakaan mini.

Desain paviliun minimalis satu ini memiliki struktur yang terdiri dari kayu ringan yang dapat dengan mudah untuk anda bongkar serta gunakan kembali. Sedangkan panel hitam pada bagian fasad mampu menyaring pencahayaan LED sehingga lebih tampak manis.

Desain Paviliun Minimalis untuk Lahan Sempit

Bagi anda yang memiliki sisa lahan di sekitar rumah, kenapa tidak memanfaatkannya untuk membangun sebuah paviliun mungil ini? Bangunan berukuran mungil ini dapat anda manfaatkan sebagai tempat bersantai atau menyimpan koleksi.

Nilai plus dari desain paviliun ini adalah dapat anda buat dengan budget yang minim, namun mampu memperoleh bangunan yang sangat mengesankan.

Desain Paviliun di Rooftop

Anda mempunyai rooftop yang tidak terpakai, justru dapat anda memanfaatkannya sebagai paviliun minimalis. Desain satu ini dapat anda jadikan sebagai preferensi dapat anda bangun pada lahan yang sempit.

Selain itu, material kaca serta kayu juga dapat anda aplikasikan pada bangunan ini, dan tentunya dengan biaya yang sangat terjangkau.

Desain Paviliun Unik Asimetris

Salah satu desain paviliun berukuran mini, akan tetapi mempunyai tampilan yang sangat kreatif. Bangunan ini sangat kontras pada kedua sisi dinding yang juga sangat eye-catching, sangat cocok sebagai referensi untuk anda yang menginginkan bangunan paviliun mungil nan unik.

Berbagai pilihan desain paviliun minimalis di atas, selain dapat anda manfaatkan sebagai tempat bersantai juga anda gunakan sebagai ruang serba guna. Meskipun memiliki ukuran yang minimalis, akan tetapi bangunan ini dapat anda rancang lebih fungsional, nyaman dan menyenangkan. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang