Desain Ruang Tamu Kecil Pintu Tengah, Perhatikan Tips Berikut

Desain Ruang Tamu Kecil Pintu Tengah, Perhatikan Tips Berikut
Ilustrasi desain ruang tamu kecil pintu tengah. Foto: Ist/Net

Desain ruang tamu kecil pintu tengah tentunya memerlukan penataan khusus. Namun tidak berarti bahwa memerlukan biaya pengadaan furniture yang mahal. Hal itu hanya perlu strategi yang tepat untuk penataan interiornya.

Ruang tamu pintu tengah ini tepat digunakan untuk rumah yang berukuran mungil. Rumah dengan ruang tamu kecil juga dapat menggunakan konsep minimalis.

Semua konsep tetap cocok, namun lebih pada selera masing-masing. Perlunya pengaturan khusus agar ruangan kecil tetap memberikan kenyamanan.

Inilah Tips Memilih Desain Ruang Tamu Kecil Pintu Tengah

Meskipun memiliki ruang tamu kecil minimalis, tetap memberikan kenyamanan. Maka dari itu, anda perlu memperhatikan desain berikut ini yang bisa untuk diterapkan.

Baca Juga: Dekorasi Ruang Tamu Lebaran Agar Tamu Nyaman Saat Berkunjung

Tidak Memberikan Sekat pada Ruangan

Memilih untuk tidak menggunakan sekat ruangan. Hal itu akan menjadikan ruangan tampak lebih luas. Desain ruang tamu kecil pintu tengah bisa digabung dengan ruang keluarga tanpa adanya sekat pembatasnya.

Namun apabila tetap memilih menggunakan sekat ruangan, sebaiknya pilih sekat yang tidak permanen. Seperti halnya yang terbuat dari bahan kayu atau bambu.

Memilih Cat Ruang Tamu Terbaik

Perlunya memilih warna yang tepat pada ruang tamu. Hal itu akan memberikan kesan pada ruang tamu di rumah. Pemilihan warna terang akan menampilkan kesan ruangan lebih luas.

Baca Juga: Ruang Tamu Shabby Chic Sederhana Pilihan Interior Ramah Budget

Namun apabila memilih warna gelap, akan membuat rumah terasa lebih sempit. Dengan memilih cat warna terang, hal itu agar ukurannya yang minimalis bisa tersamarkan.

Ukuran Furniture Berpengaruh pada Ruangan

Desain ruang tamu kecil pintu tengah perlu pemilihan furniture yang tepat. Hal itu menjadikan suatu hal yang penting. Untuk memilih furniture, sebaiknya yang berukuran kecil. Furniture yang besar bisa menjadikan ruangan penuh. Selain itu juga, ruang tamu akan tampak lebih sesak.

Rapatkan Furniture ke Dinding

Desain ruang tamu kecil sebaiknya perlu merapatkan furniture ke dinding. Hal ini bisa menjadikan tambahan gerak dan leluasa dalam ruangan yang kecil. Perlunya mengatur sofa dan lebih menempatkannya merapat ke dinding, tidak berada di tengah ruangan tersebut.

Menambahkan Hiasan Cermin

Hadirnya hiasan cermin tidak hanya mempercantik ruangan. Namun juga menjadi salah satu cara menata ruang tamu. Cermin juga bisa membuat ruang tamu tampak lebih luas. Penempatan cerminnya sebaiknya berlawanan dengan penempatan kursi sofa.

Baca Juga: Keramik Ruang Tamu Elegan Memberi Kesan Indah Nan Megah Interior

Memilih Sofa Terbaik

Desain ruang tamu kecil pintu tengah perlu memilih sofa terbaik. Untuk ruang tamu minimalis bisa memilih yang berukuran besar. Ukuran sofa yang besar akan menampilkan kesan ruangan luas. Sebagai pelengkapnya, dengan menambahkan kursi tambahan yang ukurannya kecil.

Ukuran sofa tetap harus menyesuaikan dengan ukuran ruangannya. Sebaiknya tidak memilih sofa terlalu besar apabila tidak tersedia cukup ruang.

Menambahkan Karpet pada Ruang Tamu

Memilih untuk menambahkan karpet bisa dilakukan. Hal ini akan membuat ruang tamu semakin cantik dan menarik. Pemilihan motifnya bisa disesuaikan dengan ruangan.

Seperti halnya memilih motif garis-garis, sehingga memberikan kesan ruangan lebih luas. Pemilihan motif lainnya juga bisa, namun yang tidak terlalu ramai. Hal itu akan membuat ruang tamu tampak sempit.

Menambahkan Dekorasi Wallpaper Dinding

Desain ruang tamu kecil pintu tengah juga bisa menggunakan wallpaper atau kertas pelapis dinding. Pastikan pemilihan wallpaper yang sesuai dengan konsep rumah. Salah satu motif yang cocok untuk ruang tamu, dengan motif garis-garis minimalis.

Menambahkan Hiasan Dinding

Anda juga bisa menambahkan hiasan dinding pada ruang tamu minimalis. Sebaiknya juga tidak terlalu banyak hiasannya. Hal itu agar tidak menjadikan kesan yang terlalu ramai, dengan menggantung satu foto besar.

Selain itu juga, pasanglah kata-kata mutiara pada dinding ruang tamu. Jangan terlalu banyak agar tidak menghabiskan sebagian besar tempat yang ada.

Letakkan Tanaman di Ruang Tamu

Tanaman hias juga bisa ditambahkan untuk ruang tamu. Salah satunya tanaman yang bisa dipilih yaitu sirih gading. Bisa dengan meletakkannya dalam pot cantik berukuran kecil.

Penambahan tanaman membuat ruang tamu lebih hidup dan asri. Menambahkan tanaman untuk ruang tamu ini cocok untuk rumah dengan lokasi perkotaan. Hal itu agar tetap memberikan kenyamanan ruang tamu.

Desain ruang tamu kecil pintu tengah memerlukan penataan yang tepat. Hal itu agar ruangan kecil tetap memberikan kenyamanan. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang