Jelang Lebaran, Dishub Ciamis Sterilisasi Angkutan Umum

Dishub Ciamis Sterilisasi Angkutan Umum
Petugas sedang melakukan sterilisasi ke sejumlah angkutan umum di Terminal Ciamis, Senin (3/5/2021). Foto : Ferry/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Menjelang hari raya Idul Fitri 1442 H/2021, Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis bersama BPBD, melakukan sterilisasi penyemprotan disinfektan ke sejumlah angkutan umum. Baik itu angkutan kota, angkutan antar provinsi atau mobil elf, di Terminal Ciamis, Jawa Barat, Senin (3/5/2021).

Penyemprotan tersebut sebagai upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19, menjelang mudik lebaran tahun ini.

Sekretaris Dinas Perhubungan Ciamis, Achmad Yani mengatakan, penyemprotan tersebut juga pernah pihaknya lakukan sebelumnya, ke sejumlah angkutan kota atau angkot.

Namun, katanya, untuk saat ini bukan hanya angkot saja. Akan tetapi, sterilisasi yang petugas lakukan juga pada angkutan umum lainnya, tujuannya supaya lebih aman lagi.

“Meskipun pemerintah melarang mudik, namun banyak masyarakat yang melakukan perjalanan ke daerah menggunakan angkutan umum. Jadi ini sebagai langkah antisipasi saja,” katanya kepada HR Online, Senin (3/5/2021).

Selain itu, dalam penyemprotan disinfektan ini, pihaknya juga memberi imbauan kepada sopir angkutan umum. Supaya, dapat menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Salah satunya dengan membatasi penumpang maksimalnya 50 persen dari kapasitas. Dan wajib untuk selalu memakai masker saat berkendara,” tuturnya.

Lebih lanjut Achmad menambahkan, menghadapi hari raya idul fitri, pihaknya juga telah menyiapkan 7 posko pengendalian transportasi, serta posko pemantau arus lalu lintas.

Posko tersebut, lanjutnya, tersebar di daerah perbatasan dan daerah strategis di wilayah Kabupaten Ciamis.

“Sedangkan untuk posko penyekatan mudik ada 3 titik. Yang mana, Dinas perhubungan Ciamis tergabung dengan kepolisian dan instansi lainnya,” katanya.

Sedangkan jika nanti tanggal 6 Mei 2021 masih ada bus yang beroperasi, maka pihaknya akan melakukan pengecekan kendaraan (Ramp Cek), untuk mengetahui kelayakan kendaraannya.

“Kedepannya, kami juga akan melakukan sterilisasi penyemprotan ke angkutan umum bus. Dan penyemprotan ini akan berlangsung selama bulan Mei,” pungkasnya. (Ferry/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto