Doa Malam Lailatul Qadr Beserta Arti dan Keutamaan Berdasar Islam

Doa Lailatul Qadr Lengkap dengan Arti dan Keutamaannya Berdasar Islam
Ilustrasi Doa Lailatul Qadr. Foto: Ist/Net

Bacaan doa malam Lailatul Qadr tentunya ada bacaan khusus yang hanya terdapat saat malam kemuliaan itu tiba. Meskipun sudah hafal dan hari-hari biasa boleh dilafadzkan, akan tetapi jarang. Pasalnya, doa tersebut hanya khusus untuk malam yang lebih baik dari seribu bulan ini saja.

Bukan hanya doa yang terkadang menjadi pertanyaan besar bagai sebagian orang, akan tetapi juga mengenai kapan? Banyak orang yang masih bingung dan mempertanyakan mengenai hal ini.

Biasanya malam Lailatul Qadr itu terjadi ketika sepuluh hari terakhir Ramadhan atau H-10 sebelum lebaran. Lebih tepatnya terjadi pada malam-malam ganjil pada sepuluh hari terakhir tersebut.

baca juga: Doa Setelah Sholat Tarawih Banyak Manfaat dan Menambahkan Pahala

Inilah Doa Malam Lailatul Qadr yang Wajib Anda Ketahui

Doa sendiri merupakan senjata yang ampuh bagi umat muslim. Dia lebih ampuh dari segala senjata yang ada dan sudah diciptakan manusia.

Bahkan saking ampuhnya doa dapat menembus langit sampai pada Allah SWT. Bukan hanya itu saja, tetapi semua doa yang dipanjatkan hamba Allah kepada Tuhannya, maka Allah akan mengabulkannya, pasti itu.

Namun beberapa orang masih meragukan hal tersebut, ia menganggap selama ini Allah Ta’alla tidak mendengarkan doanya, karena belum terkabulkan semua permintaannya.

Hal yang harus anda minta dan lakukan saat berdoa kepada-Nya adalah mintalah yang terbaik sejalan dengan ajaran Islam, dan yakinlah. Allah bukankah akan sesuai dengan prasangka hambanya?

baca juga: Doa Qunut Witir Lengkap dengan Arti dan Manfaatnya Sesuai Ajaran Islam

Semua doa itu akan Allah kabulkan, jika tidak sekarang berarti nanti. Allah menunggu waktu yang tepat. Seperti halnya Lailatul Qadr.

Saking istimewa momen dan peristiwa di bulan Ramadhan, sehingga Allah mengirimkan doa khusus yang bisa kita baca. Lailatul Qadr juga terdapat banyak limpahan pahala bagi siapa saja yang mau memanfaatkannya.

Wajar saja, jika malam Lailatul Qadr tiba terutama pada malam-malam ganjil banyak orang yang menghabiskan waktunya untuk beribadah atau Itikaf.

baca juga: Hikmah Perang Badar Mengajarkan Bahwa Usaha Tanpa Doa Itu Mustahil

Bacaan dan Arti Doa Malam Kemuliaan

Bagi anda yang belum mengetahui bagaimana lafadz atau bacaan doa malam Lailatul Qadr, berikut ini lafadz dan artinya yang bisa anda hafalkan.

Cukup mudah dan pendek bukan? Jadi, untuk menghafalkannya tidak begitu kesusahan karena terlalu panjang.

Bukan hanya itu saja doa malam Lailatul Qadr, tetapi juga terdapat dalam Firman Allah, Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 201:

Untuk doa malam Lailatul Qadr yang terdapat dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 201 biasanya memiliki sinonim dengan doa kebaikan dunia dan akhirat atau doa sapu jagad. Pastinya anda sudah tidak asing lagi, mungkin juga malah sudah hafal.

Keutamaan Malam yang Lebih Baik Daripada Seribu Bulan

Bukan hanya doa malam Lailatul Qadr dan banyak limpahan pahala ampunan saja, akan tetapi malam Lailatul Qadr juga mempunyai keutamaan yang tidak dimiliki malam-malam lainnya.

Apa saja, salah satunya adalah malam di mana Al-Quran itu turun. Al-Quran sendiri merupakan firman dan petunjuk dari Allah melalui baginda Nabi Muhammad SAW, sebagai pedoman dan petunjuk bagi umatnya.

Keutamaan lainnya adalah menjadi malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Maksudnya adalah semua amalan yang anda kerjakan sama hanya dengan anda melakukan selama seribu tahun lamanya.

Maa Syaa Allah, Allah sungguh Maha Baik. Memberikan banyak peluang bagi semua hambanya yang mau memanfaatkan Lailatul Qadr tersebut.

Malam yang Sejahtera

Mengenai keutamaan Lailatul Qadr yang satu dalilnya terdapat dalam Al-Quran surat Al-Qadr ayat 1 sampai 5. Dalam arti tersebut menjelaskan bahwa Malaikat Jibril atas izin Allah akan mengatur semua jenis urusan. Malam itu juga banyak kesejahteraan sampai pada terbit fajar.

Setelah mengetahui keutamaan dan doa malam Lailatul Qadr, semoga kita dapat memanfaatkannya sisa Ramadhan tahun ini dengan lebih baik. Agar semua limpahan dan obralan pahala dari Allah menjadi milik kita. Selamat menjalankan ibadah puasa dan hari raya Idul Fitri 14142 Hijriah. Minal Aidin Wal Faizin. (Muhafid/R6/HR-Online)