Minggu, Juni 26, 2022
BerandaTeknologiAplikasiFacebook Dark Mode Mendadak Hilang

Facebook Dark Mode Mendadak Hilang

Facebook dark mode merupakan salah satu fitur unggulan yang ada dalam media social kenamaan ini. Ada banyak orang yang menggunakan fitur tersebut dengan alasan tersendiri.

Dark mode sendiri sudah mulai populer sejak tahun 2019 lalu. Sehingga sudah banyak tersemat dalam berbagai operasi ataupun aplikasi. Seperti halnya twitter, whatsapp, Instagram dan juga facebook.

Sedangkan facebook sendiri merupakan salah satu dari deretan social network yang menghiasi jagad situs. Bila sebelumnya pengguna populer dengan Friendster ataupun MySpace, Facebook pun operasinya tak jauh berebda

Facebook secara perdana muncul di bulan Feburuari 2004 lalu dengan pendiri bernama Mark Zuckerberg. Kini sudah banyak fitur menarik yang bisa user gunakan dan memudahkan mereka. Kendati demikian, fitur facebook dark mode secara tiba-tiba hilang.

Sebenarnya apa itu fitur dark mode ini? Selengkapnya bisa anda simak sebagai berikut.

Fitur Facebook Dark Mode

Pada dasarnya, facebook dark mode bukanlah sebuah hal baru. Beberapa tahun terakhir, fitur bernama dark mode ini kian populer. Google selaku pembuat sistem operasi baik android ataupun iOS milik apple saling berlomba merilis dark mode dalam ponsel pintar pengguna.

Apa fitur dark mode tersebut? Berdasarkan terjemahan dari bahasa Inggris, dark mode berarti mode gelap. Adapun mode gelap ini ada menjadi salah satu fitur dalam ponsel pintar, web ataupun aplikasi.

Sehingga fitur ini bisa mengubah warna ataupun tampilan antar muka yang ada dalam sistem. Misalnya saja, jika warna antarmuka itu cerah, maka fitur dark mode bisa membuatnya hitam maupun gelap. Dark mode sendiri  sudah menjadi template antarmuka komputer sejak era permulaan teknologi. Sedangkan untuk teksnya menggunakan warna hijau.

Kendati seiring berkembangnya teknologi, perusahaan pun memilih warna putih menjadi latar. Sehingga akan mendatangkan kesan menulis di atas kertas putih menggunakan tinta. Kemudian, perusahaan google serta apple mencoba menyajikan fitur fark mode dan mendapat respon positif.

Kemudian, facebook dark mode pun hadir di tengah perkembangan teknologi. Pengguna pun merespon positif kehadiran fitur ini dan manggunakannya sebab bermanfaat untuk mereka.

Manfaat Dari Dark Mode Media Social

Rupanya, facebook dark mode bukanlah semata-mata hanya untuk tampilan saja. Pasalnya terdapat manfaat tersendiri untuk para pengguna yang mengaktifkannya. Fitur mode gelap ini pertama kali Twitter luncurkan di tahun 2016 silam.

Setelah itu, sejumlah platform kenamaan pun menerapkan mode tersebut sebagai fitur mereka. Salah satu fungsi dari penggunaan mode gelap adalah pada kontras. Facebook dark mode akan menciptakan kontras pada layar ponsel pintar jadi lebih baik.

Hal ini karena cahaya yang ponsel keluarkan akan lebih minim. Sehingga cahaya di layar tersebut tak akan terlalu terang kala pengguna berada dalam tempat gelap. Keberadaan mode gelap nyatanya juga mampu mengurangi tingkat kelelahan pada mata.

Mata pun akan menjadi lelah jika terlalu lama menatap layar terlebih cahayanya terlalu terang. Keadaan cahaya yang tidak terlalu terang ini, membuat mata tak harus bekerja keras mengedipkan bagian kelopak. Pasalnya kondisi mata harus selalu dalam keadaan basah.

Cahaya biru yang muncul via layar ponsel pintar rupanya menjadi penyebab munculnya banyak penyakit berbahaya dalam tubuh. Salah satu penyakit yang muncul itu adalah kanker. Kendati demikian, jika pengguna mengaktifkan facebook dark mode, akan meminimalisir cahaya biru yang keluar. Otomatis tubuh pun terhindar dari berbagai resiko penyakit bahaya.

Dark Mode Facebook Mendadak Hilang

Salah satu platform media social kenamaan dan terbesar di internet yakni facebook rupanya tengah mengalami permasalahan di bidang teknis. Pasalnya sejumlah pengguna melaporkan bahwa facebook dark mode secara tiba-tiba hilang tanpa ada penjelasan sebelumnya.

Beberapa waktu sebelumnya, facebook sudah menambahkan fitur baru bernama dark mode. Fitus ini bisa pengguna pakai dalam desktop dan kemudian ada di iOS maupun android. Tetapi beberapa waktu lalu, sejumlah pengguna mengumumkan bahwa fitur ini tiba-tiba hilang.

Opsi agar bisa mengaktifkannya pun tak lagi tersedia.  Pasalnya fitur ini berada di kolom settings menu media social facebook. Berdasarkan laporan yang beredar, hilangnya fitur ini tidak terjadi pada iOS maupun android.

Beberapa waktu lalu, dark mode untuk versi desktop masih ada dan bekerja baik tanpa adanya masalah tersebut. Sepertinya permasalahan ini terjadi  di seluruh dunia bukan pada kawasan tertentu saja. Saat hilangnya facebook dark mode, banyak pengguna mengadu dengan menuliskan cuitan via Twitter.

Sampai beberapa waktu lalu, sepertinya belum terdapat solusi yang penggua lakukan supaya fitur bisa bekerja seperti sedia kala. Sepertinya, hal tersebut terjadi sebagai akibat dari update terbaru. Terlebih update facebook terbaru ini baru saja meluncur jam sebelumnya.

Para pengguna juga melaporkan mengenai tampilan facebook yang berubah seperti versi sebelumnya. Hal inilah yang membuat pengguna geram. Mereka pun melakukan review booming dalam halmaan Google Play Store. Pihak facebook sendiri belum mengumumkan klarifikasi apapun.

Mengaktifkan Fitur Dark Mode

Tetapi sekarang ini, facebook dark mode sudah normal seperti sedia kala. Kendati masih sedikit pengguna belum bisa menggunakan. Lewat web Tom’s Guide, pihak Facebook pun sudah memberi pernyataan klarifikasi. Mereka pun mengatakan bahwa masalah tersebut akan tuntas dalam kurun waktu secepat-cepatnya.

Jika facebook dark mode anda sudah teratasi dan tidak tahu cara menggunakannya wajib mencari tahun terlebih dahulu. Dengan begitu tampilan dalam aplikasi media social ini tak lagi berwarna terang contohnya putih.

Kala dark mode aktif, dominasi tampilannya menjadi warna gelap. Sedangkan untuk warna font jauh lebih terang. Dark mode dalam facebook sendiri sudah resmi meluncur di hari Jumat tanggal 20 Maret tahun 2020 lalu. Untuk pengguna desktop pertama harus melakukan pembaruan pada versi facebook mereka.

Agar bisa mengaktifkannya bisa melalui menu pengaturan atau settings. Caranya adalah menekan ikon bergambar anak panah menuju arah bawah. Biasanya ikon tersebut ada di bagian pojok kanan versi facebook desktop.

Selanjutnya, anda cukup aktifkan tombol dark mode atau mode gelap kalau ingin menggunakannya. Mode satu ini bisa anda aktifkan maupun matikan kapan pun. Bahkan para pengguna juga bisa menggunakan tampilan klasik kapan saja. Caranya adalah pada menu pengaturan serupa.

Pada fitur facebook versi mobile pun pengguna harus melakukan pembaruan terlebih dahulu. Fitur ini secara otomatis akan anda temukan di menu setelan pasca upgrade. Untuk mengaktifkannya, user hanya menekan ikon berupa tiga garis secara vertical.

Ikon ini berada di bagian pojok kanan atas aplikasi. Kemudian, gulir layar menjadi ke bawah untuk menemukan fitur dark mode. Dalam tampilan mode gelap ini, tampaknya facebook mengurangi warna biru yang dominan. Jika pengguna melihatnya sekilas, wajah baru media social facebook hampir mirip dengan twitter jenis web.

Pengguna kini sudah bisa mengaktifkan kembali facebook dark mode. Manfaatkan fitur tersebut supaya mata anda tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.

- Advertisment -