Sabtu, Desember 4, 2021
BerandaBerita TerbaruFitur RAM Expansion Oppo Dongkrak Performa 3 HP, Apa Saja?

Fitur RAM Expansion Oppo Dongkrak Performa 3 HP, Apa Saja?

Fitur RAM Expansion Oppo hadir dengan memberikan pengalaman baru bagi para penggunanya. Fitur ini hadir pada 3 perangkat Oppo yakni Reno5, Reno5 5G, serta Oppo A74 4G.

Teknologi yang sering disebut dengan RAM virtual tersebut hadir dengan tujuan untuk mendongkrak performa ketiga ponsel Oppo. Fitur ini akan izinkan para penggunanya untuk melakukan kustomisasi dalam meningkatkan performa pada perangkat yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan dari para pengguna.

Baca Juga : Fitur HP Oppo Reno 4 Terbaik yang Jarang Dimiliki Smartphone Lain

Dengan menggunakan fitur ini, para pengguna secara virtual bisa memperluas RAM perangkat yang mereka gunakan. Sampai total 11 GB untuk Oppo A74 4G, 13GB untuk Reno5, serta Reno5 5G. Hal ini sesuai dengan penjelasan dari PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto.

Mengenal Fitur RAM Expansion Oppo

Beberapa waktu yang lalu, Oppo mengumumkan akan menghadirkan fitur menarik yakni Memory Expansion untuk 3 perangkat terbaiknya. Perangkat tersebut antara lain Oppo Reno5, Reno5 5G, serta Oppo A74 4G yang telah rilis di pasar Indonesia.

Fitur ini akan hadir melalui adanya pembaharuan software yang digulirkan secara online. Memory Expansion sendiri adalah salah satu fitur baru yang hadir pada beberapa model smartphone Oppo.

Sesuai dengan namanya, fitur ini memungkinkan para pengguna untuk mengubah sebagian memori internal menjadi RAM virtual.

Manfaat dan Cara Kerja Fitur RAM Expansion Oppo

RAM Expansion merupakan fitur yang bermanfaat untuk mengalokasikan sebagian media penyimpanan RAM virtual untuk menyimpan aplikasi yang berjalan.

Akan tetapi, aplikasi tersebut tidak sedang digunakan, sehingga dapat lebih cepat dipanggil pada saat diperlukan. Cara kerja dari fitur ini hampir sama dengan virtual memory pada perangkat komputer.

Dengan menggunakan fitur ini, pengguna tiga perangkat yang telah kita sebutkan sebelumnya akan memperoleh kebebasan untuk melakukan penyesuaian dengan tiga tingkatan RAM virtual.

Selain itu, fitur Memory Expansion RAM Oppo ini juga akan memberikan pengalaman yang lebih luas ketika menjalankan beberapa aplikasi.

Lalu memerlukan konsumsi RAM dengan kapasitas tinggi. Seperti untuk bermain game dan melakukan penyuntingan foto atau video.

Menariknya lagi, fitur Memory Expansion RAM Oppo ini juga akan memberikan pengalaman yang lebih mulus ketika menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan.

Setelah fitur ini aktif, maka pengguna akan dapat melihat perluasan pada informasi mengenai perangkat atau recent task screen.

Cara Menggunakan Fitur RAM Expansion Oppo

Salah satu HP Oppo yang telah memperoleh kelengkapan fitur Expansion adalah Oppo A74. Pada perangkat ini dapat mengalokasikan hingga 5GB dari media internal sebagai RAM virtual.

Baca Juga : Fitur HP Realme X3 Pro Canggih, Dukung Kinerja Perangkat Lebih Baik

Hal ini dapat menjadi tambahan untuk kapasitas RAM yang sebenarnya sebesar 6GB. Sedangkan RAM pada Oppo A74 sendiri tidak dapat bertambah karena telah tersolder ke mainboard.

Melalui perangkat ini, para pengguna dapat menggunakan fitur RAM Expansion Oppo pada ColorOS 11.1 dengan mengikuti beberapa langkah berikut:

  1. Langkah pertama, pastikan anda memperbarui ColorOS 11.1 pada versi terbaru yakni versi ColorOS 11.1 2021.05.06 CPH2210_11_A. 16.
  2. Selanjutnya untuk mengecek versi ColorOS pada HP Oppo A74, anda dapat mengunjungi menu Settings serta gulir pada bagian bawah hingga terdapat opsi “software Update”. Kemudian, klik opsi tersebut serta pastikan versi ColorOS telah anda perbaharui pada versi terbarunya.
  3. Apabila sudah, maka anda dapat buka menu “Setting”, lalu pilih opsi “About Phone”, klik “RAM”. Pada bagian menu ini, terdapat tiga pilihan RAM Expansion yang tersedia yakni 2GB, 3GB, serta 5GB.
  4. Melalui fitur RAM Expansion Oppo, kapasitas RAM virtual dapat anda tambah sesuai dengan keperluan anda. Caranya dengan geser toggle pada jumlah RAM virtual yang anda tambahkan.
  5. Selanjutnya gulir toggle dan segera restart ponsel Oppo A74 supaya pengaturan ini dapat anda aplikasikan.
    Pada saat ponsel kembali menyala, akses menu “Setting” serta pilih “About Phone. Selanjutnya pada opsi “RAM” akan tertera indikator yang menyatakan jumlah RAM yang bertambah dengan virtual RAM.

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, dengan hadirnya fitur RAM Expansion banyak manfaat yang dapat anda peroleh. Pengguna dapat menikmati peningkatan performa untuk beragam aplikasi yang memerlukan pemanfaatan RAM yang cukup tinggi.

Fitur ini juga mampu memberikan efek sistem operasi yang sangat mulus pada saat menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -