Gebyar Vaksinasi Lansia Kota Banjar Berakhir, Tercapai 16,38 Persen

Gebyar Vaksinasi Lansia Kota Banjar Berakhir, Tercapai 16,38 Persen
Warga saat mengikuti vaksinsasi lansia di area Banjar Waterpark (BWP) Kota Banjar. Foto: Muhlisin/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Gebyar pelaksanaan vaksinasi lansia Dinas Kesehatan Kota Banjar, Jawa Barat, yang berlangsung di sejumlah titik lokasi keramaian dari tanggal 17 Mei sampai dengan tanggal 30 Mei 2021 telah berakhir.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjar, dr. Andi Bastian, mengatakan, setelah pelaksanaan gebyar vaksinasi berakhir bukan berarti vaksinasi untuk kelompok lanjut usia tidak berlanjut atau selesai.

Akan tetapi, pelaksanaan vaksinasi bagi kelompok lansia ini masih akan tetap berlangsung sampai target pelaksanaan yaitu akhir bulan Juni mendatang.

Adapun setelah gebyar ini lanjutnya, pelaksanaan vaksinasi lansia di Kota Banjar akan tetap berjalan seperti biasanya yaitu dengan cara mendatangi setiap Puskesmas masing-masing wilayah.

“Gebyar ini hanya bersifat ajakan memotivasi mereka para agar mau divaksin. Selebihnya akan berjalan seperti biasa di Puskesmas masing-masing wilayah,” kata Andi Bastian kepada HR Online, Minggu (30/5/2021).

Lebih lanjut Andi Bastian menyebutkan, berdasarkan data pelaksaaan vaksinasi yang sudah berjalan sampai tanggal 29 Mei untuk kelompok lansia yang sudah menerima penyuntikan dosis pertama baru tercapai sebanyak 16,38 persen atau baru mencapai 2770 sasaran.

Sedangkan kelompok lansia yang sudah menerima penyuntikan dosis kedua baru tercapai sebanyak 6,29 persen atau baru menjangkau target 1.064 sasaran.

“Untuk vaksinasi lansia ini target Dinas Kesehatan Kota Banjar bisa mencapai 17 ribu sasaran dan sampai saat ini baru tercapai 16 persen lebih untuk dosis pertama,” kata Andi Bastian.

Andi Bastian menambahkan, adapun untuk sasaran vaksinasi sektor pelayan publik yang sudah menerima penyuntikan dosis pertama  baru tercapai sebesar 83,53 atau menjangkau sebanyak 10363 sasaran.

Sedangkan untuk penyuntikan dosis kedua  baru tercapai sebesar 66,4 persen atau mencapai sebanyak 8245 sasaran dari jumlah target 12 ribu sasaran vaksinasi sektor pelayan publik.

“Kami targetkan sampai akhir bulan Juni mendatang bisa selesai. Setelah itu baru pelaksanaan vaksinasi untuk sektor yang lain yaitu masyarakat umum Kota Banjar,” katanya. (Muhlisin/R8/HR Online)

Editor: Jujang