Gejala Penyakit Hati Sejak Fase Awal yang Wajib Dikenali

gejala penyakit hati
Kenali gejala penyakit hati. Foto: Ist/Net

Gejala penyakit hati muncul dalam berbagai tanda yang sebenarnya mudah kita kenali. Deteksi sejak dini serangan penyakit hati bisa mencegah kondisi menjadi parah. Gejala ini cukup jelas terlihat sehingga penanganannya juga bisa lebih cepat.

Gangguan pada organ hati atau yang populer dengan sebutan penyakit liver merupakan sebuah penyakit yang banyak menyerang sebagian besar orang saat ini. Hal ini terjadi karena faktor gaya hidup yang kurang sehat.

Jika Anda mengalami masalah ini, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan agar tidak menjadi semakin parah. Deteksi sejak dini juga berguna agar penanganan dan pengobatannya bisa lebih efektif.

Sebab jika kita membiarkan kondisi ini berlangsung terlalu lama bisa menyebabkan kerusakan pada organ hati. Terganggunya kerja hati akan bisa memicu tumbuhnya penyakit lain dan bahkan bisa memicu kematian.

Ragam Gejala Penyakit Hati

Pada umumnya gangguan penyakit liver terutama pada tahap awal tidak akan menunjukan tanda atau gejala yang signifikan. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan juga jika akan terjadi kerusakan hati yang dapat ditandai dengan gejala sakit hati tertentu.

Baca Juga : Penyakit pada Sistem Ekskresi Ginjal, Hati, Paru dan Kulit

Banyak orang yang belum mengetahui secara pasti bagaimana gejala sakit hati ini. Pada tahap awal memang semua gejalanya tidak begitu terlihat. Berikut ini beberapa gejala penyakit hati yang sebaiknya anda waspadai.

Mengalami Penyakit Kuning

Gejala umum yang sering terlihat pada  penderita gangguan penyakit  hati adalah mengalami penyakit kuning. Penyakit kuning adalah sebuah  kondisi saat selaput mata dan kulit mengalami perubahan warna menjadi kuning.

Hal ini terjadi pada saat kadar pigmen empedu atau bilirubin mengalami peningkatan secara drastis dalam darah. Ini karena fungsi hati yang terganggu dan tidak bisa menjalankan perannya secara optimal.

Kadar bilirubin yang tinggi dapat memicu terjadinya peradangan, masalah sel hati serta penyumbatan pada saluran empedu. Selain itu, juga bisa menyebabkan terjadinya kerusakan sel darah merah.

Kelelahan yang Sangat Kronis

Jika Anda mengalami kelelahan yang tidak normal maka bisa jadi ini merupakan gejala penyakit hati. Hal ini akan sangat nampak pada penderita hepatitis karena kerja hati yang tidak optimal.

Baca Juga : Obat Alami Penyakit Liver Bisa Bantu Tingkatkan Kesehatan Hati

Jadi, jika Anda mengalami atau merasakan tanda ini sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk memastikan penyakit yang Anda alami.

Terasa Nyeri Pada Bagian Perut Atas

Ada banyak sekali penyakit yang dapat memicu terjadinya  rasa sakit pada perut bagian atas. Salah satunya adalah gangguan penyakit hati. Hal ini karena letak organ hati berada pada sekitar area perut bagian atas.

Mudah Memar

Bagi Anda yang sering mendapati kulit memar meskipun tidak pernah jatuh, maka bisa jadi Anda sedang terserang gangguan sakit hati. Hal ini sering terjadi pada penderita yang sering mengonsumsi alkohol secara berlebihan.

Namun untuk memastikan bahwa ini adalah gejala penyakit hati tentunya anda perlu memeriksakannya.

Pembengkakan Pada Perut

Pasti Anda beranggapan jika perut yang buncit ini  karena terlalu banyak makan, Akan tetapi faktanya perut yang bengkak atau buncit menjadi salah satu tanda-tanda gejala penyakit liver.

Baca Juga : Terlalu Sering Kurang Tidur Berisiko Tinggi Terkena Penyakit Jantung, Hati-hati!

Pembengkakan perut ini karena adanya asites. Tanda ini merupakan adanya penumpukan cairan pada rongga perut karena adanya kebocoran cairan pada hati dan usus.

Selain itu, perut yang membengkak biasanya juga akan terjadi gejala lain seperti nyeri dan sesak nafas.

Warna Urine Gelap

Jika Anda menjumpai warna urine yang berubah menjadi gelap atau kecoklatan, maka kemungkinan besar Anda terkena sakit liver. Ini juga merupakan gejala penyakit hati yang sebaiknya anda waspadai.

Perubahan warna urine ini terjadi karena adanya bilirubin pada urine. Umumnya zat ini masuk ke usus kecil dan tersimpan pada kantong empedu.

Jika organ hati mengalami kerusakan, maka bilirubin tidak akan bisa keluar dari hati. Akibatnya bilirubin dalam darah akan meningkat. Karena itulah kenapa urine akan berubah warnanya menjadi lebih gelap.

Warna Feses Pucat

Sama halnya urine, penderita gangguan penyakit hati ini juga akan mengalami perubahan pada fesesnya yang karena bilirubin. Jika feses berwarna cenderung pucat, maka kemungkinan Anda terkena infeksi pada hati.

Itulah beberapa gejala penyakit hati yang sebaiknya anda kenali. Segera periksakan ke dokter saat anda merasakan tanda awal ini. Melakukan gaya hidup yang sehat juga berguna agar terhindar dari penyakit ini. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah