Gejala TBC Tulang dan Penyebabnya yang Perlu Anda Tahu

gejala tbc tulang
Kenali gejala TBC tulang. Foto: Ist/Net

Mengenal gejala TBC tulang tidak semudah melihat tanda yang muncul jika penyakit ini menyerang paru-paru. Namun deteksi sejak dini gangguan ini dan menelusuri penyebabnya penting untuk memudahkan dalam penanganannya.

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan jenis penyakit TBC yang menyerang paru-paru. Untuk jenis penyakit ini termasuk cukup populer dan banyak menyerang masyarakat kita.

Baca Juga: Penyebab Keringat Berlebihan dari Olahraga Hingga Hyperhidrosis

Namun jenis penyakit ini tidak hanya dapat menyerang pada paru-paru saja, akan tetapi juga bagian organ tubuh yang lainnya. Salah satunya seperti TBC yang menyerang bagian tulang belakang.

TBC atau Tuberkulosis adalah salah satu penyakit menular yang dapat terjadi karena masuknya bakteri bernama Mycobacterium Tuberculosis ke dalam paru-paru.

Hanya saja, pada keadaan tertentu bakteri tersebut bisa menyebar ke bagian tubuh yang lain melalui aliran darah. Jika hal tersebut terjadi biasanya disebut dengan TB ekstra paru, yakni TB yang terjadi selain pada paru-paru.

Untuk itu penting mengenali lebih lanjut apa saja penyebab serta gejala TBC tulang. Ini berguna agar dapat segera memberikan penanganan yang cepat dan tepat sekaligus menghindarkannya.

Gejala TBC Tulang Belakang

TBC tulang belakang sendiri pada dasarnya cukup sulit untuk kita deteksi seperti halnya tuberkulosis yang terjadi pada paru-paru. Namun gejala yang terasa biasanya akan berpusat pada bagian tulang belakang atau punggung.

Baca Juga: Gejala Turun Berok Pria, Pencegahan, dan Cara Mengatasinya

Umumnya seseorang yang mengidap penyekit ini akan mendapatkan dan merasakan beberapa tanda. Meskipun serangan awal tidak memperlihatkan tanda yang jelas.

Untuk mengenal lebih jauh, berikut ini beberapa gejala TBC tulang yang sebaiknya anda tahu. Jika anda menemukan beberapa tanda yang muncul bersamaan, segera periksakan ke dokter untuk memastikannya.

  1. Demam
  2. Berkeringat pada malam hari
  3. Gangguan makan yang menyebabkan penurunan berat badan
  4. Sakit pada area punggung
  5. Tulang belakang melengkung keluar sehingga menyebabkan bungkuk
  6. Mempunyai posisi tubuh yang tegak namun kaku
  7. Tulang punggung yang membengkak
  8. Terjadi benjolan pada pangkal paha
  9. Mengganggu syaraf organ tubuh lain jika mengenai sistem syaraf

Itulah beberapa gejala TBC tulang yang menyerang bagian tulang belakang. Jika Anda mengalami beberapa tanda tersebut agar keadaan tidak semakin parah maka segeralah untuk melakukan pemeriksaan kepada dokter terdekat.

Dengan begitu diperoleh beberapa penyebab sekaligus dilakukan penanganan dengan tepat.

Baca Juga: Hindari Kebiasaan Buruk yang Muncul Ketika Kamu Merasa Cemas!

Faktor Penyebab TBC Tulang Belakang

Seperti pada penjelasan sebelumnya, pada dasarnya penyakit tuberkulosis terjadi karena serangan bakteri yang bernama Mycobacterium Tuberculosis. Bakteri tersebut bisa saja menyebar lewat air liur pengidap tuberkulosis yang batuk maupun bersin.

Hal ini berarti apabila seseorang semakin lama dan semakin sering berinteraksi dengan pengidap TBC akan berisiko tertular penyakit tersebut.

Penyakit TBC pada tulang belakang sendiri dapat terjadi akibat serangan bakteri tuberkulosis yang ada pada paru-paru. Infeksi ini lalu menyebar menuju tulang belakang sampai menuju sendi antara tulang belakang.

Hal itulah yang menjadikan seseorang terkena dan mengidap penyakit TBC pada tulang belakang. Kondisi tersebut akan menyebabkan kerusakan atau matinya jaringan bagian sendi serta dapat memicu kerusakan tulang belakang.

Selain melakukan deteksi terhadap gejala TBC tulang penting juga menelusuri faktor yang menyebabkannya. Ada beberapa hal yang bisa menjadi faktor pemicu seseorang tertular penyakit tersebut, yaitu:

  1. Orang-orang yang tinggal di area kumuh
  2. Mereka yang tinggal di area dengan tingkat kasus tuberkulosis tinggi
  3. Orang-orang lanjut usia
  4. Mereka yang kekurangan nutrisi
  5. Orang yang terinfeksi HIV sehingga menyebabkan sistem kekebalan tubuh rendah
  6. Pecandu minuman keras
  7. Pecandu obat-obatan terlarang
  8. Orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh menurun karena mengidap penyakit tertentu seperti diabetes, kanker, hingga ginjal.

Beberapa orang tersebut sangat rentan terkena penyakit TBC yang menyerang bagian tulang belakang. Agar lebih mudah dalam penanganannya, ada baiknya kita senantiasa mendeteksi dan mengenali penyakit tersebut.

Apabila Anda merasakan beberapa gejala TBC tulang jangan ragu untuk segera memeriksakannya ke dokter terdekat. Ini agar penyakit tersebut dapat segera mendapat penanganan dan pengobatan sejak awal dan terhindar dari kemungkinan buruk lainnya. (R11/HR-Online)

Editor: Ndu