Gerai UMKM Juara di Kabupaten Pangandaran Diresmikan

Gerai UMKM
Gerai produk UMKM Juara Pangandaran, diresmikan Ketua Kadin Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Yayan Estetika, Sabtu (08/05/2021). Foto: Entang SR/HR.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Gerai produk UMKM Juara Pangandaran, diresmikan Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Yayan Estetika, Sabtu (08/05/2021).

Hadir pula dalam acara peresmian gerai untuk seluruh produk UMKM itu Ketua Pemberdaya Penggerak Indonesia Sejahtera (PEPES) Kabupaten Pangandaran, Evi Nurul Fitri.

“Salah satu program prioritas Kadin Pangandaran adalah memajukan UMKM. Hasil produksi warga Pangandaran sangat bagus. Sangat layak bila kita lempar ke pasar nasional. Bahkan sampai go internasional. Oleh karena itu, kami siap memajukan keberadaan UMKM di pasar luas,” kata Yayan.

Di tempat yang sama, Ketua Pemberdaya Penggerak Indonesia Sejahtera (PEPES) Kabupaten Pangandaran, Evi Nurul Fitri mengatakan, keberadaan Gerai UMKM Juara ini hasil kerjasama dengan berbagai pihak, seperti Pringsewu Pangandaran. Gerai ini merupakan bentuk CSR dari perusahaan.

“Adapun kegiatan lain yang kami lakukan adalah pengembangan UMKM. Atau diversifikasi produk UMKM. Kemudian, pelatihan produk packaging entrepreneur,” katanya.

Lebih lanjut Evi menjelaskan, khusus untuk pelatihan entrepreneur, pihaknya berharap mampu membangun mental-mental para pelaku UMKM.

Baik mental bidang usaha, seperti hasil dari produk UMKM harus kuat dan eksis. Karena tidak sedikit yang jatuh bangun, namun hasilnya sukses luar biasa.

Menurut Evi, keberadaan Gerai UMKM Juara ini tiada lain untuk membantu memfasilitasi pemasaran produk UMKM dan IKM. Sedangkan, manajemen Gerai UKM Juara pengelolaannya langsung oleh PEPES Kabupaten Pangandaran, sesuai anjuran dari pemerintah.

“Seiring berjalannya waktu, nantinya UMKM dengan sendirinya akan naik kelas. Kami berharap setiap kecamatan memiliki wadah untuk UMKM, dan membantu mempromosikan produk UMKM. Baik melalui media online maupun yang lainnya,” kata Evi.

Karena dengan promosi tersebut, produk UMKM Pangandaran akan banyak dikenal oleh masyarakat luas. Baik secara lokal maupun internasional. (Ntang/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah