Gerakan Food Bank PKB Kota Banjar Bangkitkan UMKM di Tengah Pandemi

Gerakan Food Bank
Bagi-bagi takjil DPC PKB Kota Banjar di sekitar Alun-alun Kota Banjar dalam gerakan food bank. Foto: Istimewa

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Dalam rangka membangkitkan pelaku UMKM di tengah pandemi, DPC PKB Kota Banjar melakukan aksi nyata Gerakan Food Bank.

Gerakan ini, merupakan program DPP PKB, yakni aksi melayani Indonesia (AMI) untuk membantu masyarakat yang terdampak covid-19.

Ketua DPC PKB Kota Banjar, KH Gun Gun Gunawan Abdul Jawad, mengatakan, pihaknya merasa prihatin dengan situasi saat ini yang mana semua sektor terdampak akibat pandemi covid-19.

Maka dari itu, sebagaimana program dari DPP dan DPW PKB Jabar, langkah ini menjadi salah satu solusi agar perekonomian bisa bangkit lagi.

Secara teknis, kata pria yang akrab dipanggil Gus Jawad ini, di bulan suci ramadan membagikan ribuan takjil dan makanan gratis kepada warga.

Sementara itu, makanan tersebut pihaknya langsung membelinya dari masyarakat maupun pelaku UMKM. Sehingga dengan begitu gerakan food bank ini dapat membantu mereka secara nyata.

“Alhamdulillah kemarin Jum’at (30/4/2021) kita membagikan takjil dan makanan gratis kepada warga Kota Banjar di sejumlah titik, seperti di kawasan alun-alun Langensari dan Banjar,” katanya, Sabtu (1/5/2021).

baca juga: PKB Pangandaran Manfaatkan Momen Ramadhan dengan Berbagi

Menurutnya, konsep gerakan ini sangat berbeda dengan umumnya yang mana dalam proses memperolehnya langsung membeli ke pelaku UMKM maupun masyarakat.

Sehingga, secara otomatis pendapatan yang memproduksi makanan tersebut akan mengalami peningkatan. Sedangkan penerimanya adalah mereka yang membutuhkan, seperti anak yatim, komunitas ojek, pedagang serta masyarakat lainnya.

Ia menyebut program ini akan berlangsung secara serentak hingga akhir tahun 2021 di semua wilayah di Jawa Barat, termasuk di Kota Banjar.

“Jadi, gerakan food bank ini merupakan bagian komitmen PKB dalam memberikan solusi bagi masyarakat. Semoga saja perekonomian kita bisa bangkit lagi,” pungkasnya. (Muhafid/R6/HR-Online)