Guru Madrasah Tsanawiyah di Pangandaran Luncurkan 12 Buku

Guru Madrasah
Guru Madrasah Tsanawiyah di Pangandaran luncurkan 12 buku. Foto: Enceng/HR.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Guru madrasah tsanawiyah yang tergabung dalam MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, kembali meluncurkan sebuah karya tulis yang dituangkan dalam bentuk buku.

Buku berjudul “Guru Pembelajaran Kumpulan Pena Guru-guru di Pesisir Pantai” setebal 157 halaman, merupakan karya kolaboratif berbagai pemikiran para pendidik. Hal itu sebagai bentuk ekspresi pemikiran tematik dalam peningkatan kualitas pendidikan.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pangandaran, H. Nana Supriatna mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi atas terbitnya buku tersebut.

Menurutnya, hasil karya tulis dari para guru madrasah di Kabupaten Pangandaran ini turut menghiasi literasi khazanah dunia pendidikan.

“Apresiasi yang setinggi-tingginya, alhamdulillah buku ini lahir dari pengalaman mereka selama mengajar. Dari pengalaman mereka mendampingi peserta didiknya yang kemudian menjadi sebuah catatan, lalu menjadikannya sebuah karya,” kata Nana, Jumat (30/04/2021).

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada para penulis yang telah menumpahkan konsentrasinya untuk menerbitkan sebuah karya. Karena buku karya guru-guru tersebut sangat berharga dan bermakna.

Lebih lanjut Nana mengatakan, profesionalisme guru sebagai tenaga strategis dalam pembangunan nasional, adalah bentuk dari profesionalitas guru sebagai praktisi pendidikan.

Pihaknya berharap kedepannya bisa muncul kembali sebuah karya yang berangkat dari kasus-kasus PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Atau opini tentang pendidikan masa depan yang melaraskan konsep madrasah hebat bermartabat.

“Karena Pangandaran ini sebagai tempat tujuan wisata dunia, maka kami harapkan terbit buku versi bahasa asingnya,” imbuhnya.

Nana juga mengajak kepada para pendidik untuk terus aktif menyumbangkan karyanya dalam bentuk tulisan, serta membangun budaya literasi.

Buku karya guru madrasah tsanawiyah ini layak dibaca. Tentunya untuk praktisi pendidikan, pemerhati pendidikan, juga penentu kebijakan. Karena dalam buku tersebut berbicara nalar, dan tentang pengalaman-pengalaman seorang pengajar. Termasuk opini-opini pendidikan.

Buku Ditulis 17 Guru Madrasah Tsanawiyah di Pangandaran

Buku yang ditulis oleh 17 guru madrasah tsanawiyah. Penerbitnya Farha Pustaka pada April 2021. Adapun penulis yang tergabung antara lain Dede Kusnandar, Ahmad Jaeni, Sulastri, Nenda Muslihin, Ruslan Zaenudin, Hendra Yuda Permana.

Kemudian, Muhamad Entis Sutisna, Gilang Fitri Ayuni, Zulfanur, Tita Astira, Muhammad Hilaman S, Yayat Rohayati, Rinda Fauzian. Serta, Yani Mulyani, Suradi, Ginanjar Yusuf, dan Didin Sahidin.

Selain buku berjudul “Guru Pembelajaran Kumpulan Pena Guru-Guru di Pesisir Pantai”, banyak pula buku lainnya yang sudah  terbit. Seperti buku berjudul Panduan Praktikum Asik dan Menyenangkan.

Ada juga buku berjudul Madrasah Diniyah Studi tentang Kontribusi Madrasah Diniyah Era Globalisasi. Serta buku berjudul Pendidikan Akhlak Karimah Berbasis Kultur Kepesantrenan.

Selain itu, buku berjudul Isu-Isu Kontemporer PAI, How Tobe A Writer, Pengantar Psikologi Pengembangan, dan Pemikiran Pendidikan Al Zarnuji, penulisnya Rinda Fauzian.

Selanjutnya, buku berjudul Kepemimpinan Kepala Madrasah, penulinya Ruslan Zaenudin. Lalu, buku Intisari IPA SD kelas 4, 5, 6, Intisari IPA SMP Kelas 7, 8, 9. Serta buku berjudul Siap Menghadapi UN edisi 5 tahun. Penulisnya buku ini adalah Suryadi. (Cenk/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah