Hapus File Other di iPhone, Solusi Penyimpanan Agar Lebih Lapang

Hapus File Other di iPhone
Ilustrasi Hapus File Other di iPhone. Foto: Ist/Net

Hapus file Other di iPhone dapat menjadi solusi agar penyimpanan pada perangkat anda tidak mudah penuh. File Other atau file lainnya dapat menjadi berukuran sangat besar serta mengakibatkan keluarnya notifikasi penyimpanan penuh pada perangkat iPhone.

Pada saat anda telah menghapus semua aplikasi yang jarang anda gunakan. Atau melakukan backup foto pada perangkat lain, namun tetap saja memori iPhone penuh.

Baca Juga : Mematikan VoiceOver di iPhone Praktis, Penting untuk Dipahami!

Hal ini bisa saja anda melewatkan file Other atau file lainnya pada penyimpanan iPhone anda. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk menghapus file Other agar penyimpanan tidak menjadi penuh.

Ketahui Cara Hapus File Other di iPhone

Tipe file dengan kategori Other atau lain dapat berupa gambar dan video yang terdapat di sosial media chat history serta pembaharuan pada iOS yang belum terinstal. Selain itu, juga pada aplikasi seperti YouTube.

Ketika kita melakukan streaming video akan terbentuk file cache, maka file cache inilah yang masuk dalam file Other. Dalam perangkat iPhone sering pengguna temukan file cache dalam jumlah yang banyak serta berukuran besar. Salah satunya terdapat pada aplikasi Safari.

Terutama terdapat banyak tab yang dibuka pada aplikasi ini. Selain itu, iOS update atau adanya pembaharuan juga akan menambah file dengan kategori lain.

Other juga termasuk dalam pengaturan sistem, memori suara, serta lampiran dari pesan. Namun berbagai file tersebut tidak akan menempati sebanyak file yang dicache.

Cara Cek Penyimpanan Memori iPhone

Sebelum menghapus beberapa file Other, sebaiknya anda cek terlebih dahulu kategori file apa yang mengakibatkan memori perangkat iPhone anda menjadi penuh. Berikut ini cara mengecek penyimpanan iPhone antara lain:

  1. Buka aplikasi Pengaturan
  2. Selanjutnya buka menu Umum
  3. Kemudian klik pada Penyimpanan iPhone

Selanjutnya data iPhone akan secara otomatis tampil yang berupa kategori foto seperti media, foto, aplikasi, dan lain sebagainya.

Cara Hapus File Other di iPhone

Untuk dapat mengurangi jumlah file other yang terlalu banyak pada perangkat iPhone yang anda miliki, maka anda dapat mencobanya dari aplikasi Safari terlebih dahulu. Pasalnya, pada aplikasi ini dapat menyimpan cache, history, atau data website yang telah anda buka.

Baca Juga : Ubah Browser Utama iPhone Mudah, Berikut Beberapa Ketentuannya! 

Penting untuk anda ingat, dengan menghapus file Other yang tersimpan pada aplikasi ini, maka semua history website akan terlogout semua. Dengan demikian, anda harus login lagi satu per satu. Berikut ini cara hapus data dari Safari antara lain:

  1. Buka aplikasi Settings
  2. Kemudian scroll ke bagian bawah hingga menemukan pengaturan Safari
  3. Lalu klik bersihkan riwayat dan data situs web

Atau anda juga dapat hapus file Other di iPhone melalui penyimpanan iPhone, antara lain:

  1. Buka aplikasi Settings > tap Umum > tap Penyimpanan iPhone
  2. Kemudian scroll hingga menemukan Safari
  3. Tap data situs web pada perangkat
  4. Hapus semua data situs web

Hapus Aplikasi Tidak Penting

Cara hapus file Other di iPhone berikutnya adalah dengan menghapus berbagai aplikasi yang tidak anda gunakan atau yang tidak penting. Pasalnya, iPhone tidak dapat menambah memori eksternal, maka management memori sangat penting.

Anda dapat menggunakan berbagai aplikasi yang benar-benar anda perlukan saja. Anda dapat menghapus aplikasi yang jarang anda gunakan, bahkan pada aplikasi yang memiliki ukuran yang besar.

Matikan Update Otomatis

Cara hapus file Other di iPhone selanjutnya adalah dengan mematikan update otomatis. Agar kemampuan perangkat iPhone anda menjadi lebih optimal, maka sebaiknya anda menggunakan versi iOS terbaru.

Baca Juga : Cara Screenshot Panjang di iPhone Full Page, Berikut Tutorialnya!

Selain itu, sebaiknya matikan auto update. Pasalnya, apabila dalam posisi on, maka pada saat update iOS terbaru akan terdownload secara otomatis.

Pada saat jaringan terputus, maka update akan tersimpan. Maka sebaiknya anda matikan saja, terutama jika sudah siap untuk update jaringan akan lebih bagus.

Tips Tambahan

Apabila dirasa sudah terlalu penuh, maka anda dapat melakukan backup data serta reset pada perangkat iPhone. Hal ini bertujuan untuk membersihkan semua konten yang tidak bermanfaat. Kunci utama untuk menghemat kapasitas penyimpanan adalah dengan mengelola data secara bijak.

Karena sebesar apapun kapasitas penyimpanan yang anda gunakan pasti penuh apabila tidak anda kelola dengan baik. Selain cara hapus file Other di iPhone dengan menghapus data yang sudah tidak anda gunakan, anda juga dapat mengekspor data tersebut pada ruang penyimpanan cadangan yang anda miliki. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto