Senin, Agustus 8, 2022
BerandaBerita PangandaranHarapan ICMI kepada Pengurus KNPI Pangandaran yang Baru

Harapan ICMI kepada Pengurus KNPI Pangandaran yang Baru

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Tokoh pemuda Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Arief Hikmawan, berharap kedepan dengan pengurusan KNPI Pangandaran yang baru ada perubahan.

“Saya harap kedepan ada perubahan dengan kepengurusan yang baru,” ucap Arief yang juga putra Bupati Pangandaran kepada HR Online, Kamis (27/5/2021).

Menurutnya, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) merupakan suatu wadah kepedulian pemuda untuk kemajuan pengembangan potensinya. Hal tersebut agar menjadikan ruang pendidikan politik yang baik, namun tidak terkesan pragmatis.

“KNPI harus menjadi suatu kebutuhan di tengah masyarakat. Tidak dari sisi politik saja, tapi pengembangan SDM yang baik. Selain itu bisa bermitra dengan program-program pemerintah,” imbuhnya saat menghadiri Musda III DPD KNPI Kab Pangandaran.

Baca Juga : Musda III KNPI Pangandaran, Ajang Berkumpulnya Aktivis Muda

Lebih lanjut Arief menambahkan, saat ini organisasi pemuda tersebut belum menjadi suatu kebutuhan. Pasalnya, program-program yang lalu masih belum dapat dirasakan oleh Organisasi Kepemudaan (OKP) yang ada di Kabupaten Pangandaran.

Bahkan menurutnya, KNPI Pangandaran dengan pengurusan yang lalu, belum terlihat terkait goals-nya dari program-program yang sudah dibentuk.

“Malah yang terlihat mungkin bentuk seremonial saja,” tukas Arief Hikmawan.

KNPI Pangandaran Harus Ada Perubahan

Selain itu, ia juga berharap agar terkait pengelolaan anggaran harus betul-betul sesuai haknya. Seperti kegiatan sosialisasi, pelatihan dan lainnya, agar dialokasikan secara terukur, tidak hanya membuang-buang anggaran saja.

Bahkan, jika program KNPI Pangandaran kedepan hanya membuang anggaran saja, Arief dengan tegas akan menjadi orang yang pertama yang akan menuntut.

“Saya yang akan jadi orang pertama yang menuntut, agar pemerintah daerah untuk membekukan lembaga KNPI ini,” tegasnya.

Lanjut Arief, kepengurusan DPD KNPI Pangandaran yang akan dibentuk, jangan sampai masih seperti dulu atau diam di tempat.

“Harus ada perubahan dan perbaikan semangatnya untuk kemajuan bersama,” pungkas Arief.

Sementara itu terkait pengelolaan anggaran, Ketua DPD KNPI Kabupaten Pangandaran terpilih, Rohimat Resdiana mengungkapkan, bahwa ia akan akan proporsional dalam menggunakannya sesuai porsi dan kebutuhan.

“Ada beberapa program strategis yang akan kita laksanakan dalam periode kedepan,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga akan mendorong pembangunan gedung pemuda, mengingat sangat penting untuk tempat berkumpulnya para pemuda.

Kemudian, pihaknya juga akan melaksanakan pemberdayaan DPK KNPI Kecamatan, melalui penanaman modal untuk mewujudkan “one village one product”. Sebab, program tersebut bisa menghidupkan kegiatan OKP tingkat kecamatan.

“Mudah-mudahan semangat kebersamaan mewujudkan Pangandaran juara bisa terwujud,” pungkasnya. (Madlani/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto