HP 5G Ready Vivo Jalin Kemitraan dengan Telkomsel

HP 5G Ready Vivo Jalin Kemitraan dengan Telkomsel
HP 5G Ready Vivo yakni X60 Series serta V21 series. Foto : Net/Ist

HP 5G Ready Vivo yakni X60 Series serta V21 series menjadi salah satu produk vendor asal China, yang sudah mendukung jaringan berteknologi 5G. Kedua smartphone besutan Vivo tersebut, baru saja meluncur pada akhir Mei 2021.

Tentunya kehadiran dari kedua ponsel tersebut, menjadi pionir teknologi 5G global. Bukan hanya di negara maju yang sudah mendukung jaringan terbaru ini, di Indonesia, Vivo juga ikut ambil bagian.

Baca Juga : HP Vivo 5G Tertipis di Indonesia Saat Ini, V21 dengan Layar Lega

Bahkan baru-baru ini, vendor smartphone China tersebut sudah menjalin kemitraan dengan operator seluler plat merah, yakni Telkomsel. Sehingga, dengan kemitraan itu, bisa memberikan kenyamanan kepada konsumen Vivo Indonesia yang menginginkan jaringan cepat 5G.

Sebagai bahan informasi, Kementerian Kominfo RI sudah mengeluarkan SKLO atau Surat Keterangan Laik Operasi untuk layanan 5G kepada PT Telkomsel. Surat tersebut mulai 21 Mei 2021. Dan secara resmi Telkomsel meluncurkan layanan 5G di Tanah Air pada Kamis (27/05/2021).

Sementara untuk layanan jaringan 5G di Indonesia, sudah tersedia perdana pada 6 lokasi residensial di Jakarta, yang kemudian menyusul rangkaian area lainnya.

“Menjadi suatu kebanggaan bagi Kami (Vivo Indonesia), yang telah menjadi bagian dari peluncuran perdana 5G sekarang di Indonesia oleh Telkomsel,” kata Product & Marketing Strategy Director Vivo Indonesia, Denny Galant.

Menurutnya, sebagai salah satu pionir dalam teknologi 5G, adalah salah satu transformasi digital yang tidak sedikit menantikannya.

Baca Juga : Spesifikasi HP Vivo V21 5G untuk Pangsa Pasar Ponsel di Indonesia

“Bukan hanya oleh konsumen, akan tetapi juga bagi kami yang merupakan sebagai penyedia perangkat 5G,” ucapnya, dalam keterangan resmi, Sabtu (29/5/2021).

Lebih lanjut Denny menambahkan, kedua seri smartphone yang merupakan HP 5G Ready Vivo tersebut, sudah mendukung jaringan termasuk band 40 dalam rentang frekuensi 2300 MHz yang Telkomsel gunakan.

“Bukan hanya dari chipsetnya saja, kami juga memastikan bahwa spesifikasi lainnya pada X60 Series maupun V21 5G. Seperti antena ataupun software, juga sudah terkoneksi dengan jaringan 5G. Sehingga, nantinya bisa memberikan pengalaman terbaik,” pungkasnya.

X60 Series dan V21 Series Sebagai HP 5G Ready Vivo di Indonesia

Pada bulan April 2021 lalu, Vivo kembali meluncurkan seri flagship terbarunya, yakni X60 serta X60 Pro. Kedua seri X60 tersebut sudah memakai Snapdragon 870 5G SoC besutan Qualcomm.

Chipset besutan Qualcomm itu sendiri, memungkinkan konektivitas 5G dengan sangat cepat sampai 7,5 Gbps. Selain itu, aksesibilitas luas yang mendukung Sub-6 GHz, mmWave, FDD, Dynamic Spectrum Sharing (DSS) serta TDD.

Baca Juga : HP Vivo Y73 Terbaru, Harga dan Spesifikasi Terlengkap

Bukan hanya menjadi smartphone perdana Vivo hasil kolaborasi dengan ZEISS, X60 Series juga merupakan HP 5G Ready perdana Vivo di Indonesia pada tahun 2021 ini.

Menyusul pencapaian ini adalah dengan peluncuran V-Series terbaru Mei 2021 ini. yakni kehadiran HP Vivo V21 5G. Seri ini tidak cuma 5G Ready dengan System-on-Chip Dimensity 800U dari Mediatek. Akan tetapi juga mengusung desain revolusioner, yang menjadikan sebagai ponsel 5G tertipis di Indonesia.

Penyeragaman Sistem 5G oleh Vivo

Sebagai mitra, Vivo secara kontinyu mendukung operator seluler Telkomsel, dalam penyediaan perangkat buat uji coba jaringan 5G. Selain itu juga berpartisipasi dalam rangkaian roadshow.

Sekarang ini, Telkomsel sudah menempatkan 6 titik residensial di Jakarta, yang merupakan penerima jaringan 5G perdana,

Kemudian, Telkomsel juga rencananya bakal memperluas layanan jaringan 5G ke kota besar lainnya. Seperti Bandung, Solo, Medan, Surabaya, Makassar, Denpasar serta Batam.

Sehingga, dengan layanan 5G yang sudah mulai tersedia secara komersial, maka vendor asal China ini sedang melakukan penyeragaman sistem HP 5G Ready Vivo. Adapun penyeragaman tersebut untuk memastikan jaringan 5G tetap berjalan dengan optimal.

Sementara buat HP 5G Ready Vivo yang sudah mendukung jaringan 5G band oleh Telkomsel, akan ada update atau pembaruan dengan otomatis. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto