HP Oppo A16 Datang dengan Baterai 5.000 mAh dan Android 11

HP Oppo A16 Datang dengan Baterai 5.000 mAh dan Android 11
Ilustrasi HP Oppo A16. Foto: Ist/Net

HP Oppo A16 siap meluncur di India dan pasar global. Ponsel ini merupakan keluaran terbaru dari Oppo untuk seri A. 

Dalam perkembangan terbaru, situs sertifikasi FCC telah mengungkapkan beberapa spesifikasi mengenai HP terbaru Oppo tersebut. Kemudian sesuai  dengan daftar Oppo A16 hadir dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Lebih menariknya lagi terdapat dukungan pengisian cepat 10 Watt.

Spesifikasi HP Oppo A16 Terbaru

Ponsel terbaru ini kemungkinan besar akan menjadi penerus dari Oppo A15 dan A15s yang telah rilis tahun lalu. Sehingga wajar saja jika spesifikasi Oppo A16 tidak jauh berbeda dengan seri pendahulunya.

Baca Juga : HP Oppo 5G untuk Persiapan Menyongsong Era 5G di Tanah Air

Terlihat pada tampilan desain menggunakan takik tetesan air dengan bezel bawah yang menonjol. Lalu pada terdapat modul kamera berbentuk persegi panjang pada bagian belakang.

Oppo mempunyai banyak perangkat untuk melayani pengguna yang hanya membutuhkan layar besar dan baterai jumbo di pasaran. Karena serie A telah memainkan peran penting dalam bisnisnya.

Kehadiran HP Oppo A16 telah menambahkan ke dalam portofolionya. Ponsel ini sangat menarik dengan beberapa spesifikasi yang cukup handal.

Layar HD + LCD

Kemungkinan besar ponsel terbaru dari Oppo ini akan menjadi penerus dari seri A15. Pasalnya, handset mempunyai layar LCD 6,5 inch HD + (720 x 1600 piksel) dengan rasio aspek 20: 9.

Baca Juga : HP Oppo Reno6 Series Segera Hadir, Ini Bocoran Spesifikasinya

Kemudian dari segi dimensi, ukuran kamera HP Oppo A16 163,78 x 75,62 mm dan secara diagonal 180,39 mm. Untuk kerapatan piksel 270 ppi dan memakai layar sentuh kapasitif serta multi-touch. 

Tombol power berada di sisi kanan dan volume rocker terdapat di bagian kiri. Selain itu, Oppo telah melengkapi dengan sensor sidik jari yang terpasang di belakang. Kemudian lengkap dengan fitur keamanan penguncian wajah. 

Kamera Selfie 8 MP

Pada kamera belakang HP Oppo A16 mempunyai pengaturan triple camera. Terdiri dari sensor utama sudut lebar 48 MP (f / 2.0), lensa ultra-lebar 5 MP (f / 2.2), dan kamera kedalaman 2 MP (f / 2.4). Kemudian kamera belakang mempunyai resolusi gambar 8000 x 6000 piksel dengan dukungan LED Flash.

Selain itu terdapat pengaturan Kompensasi pencahayaan dan kontrol ISO. Pengambilan Gambar Kontinu dan Rentang Dinamis Tinggi (HDR) merupakan fitur untuk mode pemotretan. Lalu untuk fiturnya antara lain zoom digital, auto flash, deteksi wajah dan sentuh untuk fokus. 

Baca Juga : Fitur RAM Expansion Oppo Dongkrak Performa 3 HP, Apa Saja?

Sementara untuk kamera selfie dan panggilan video beresolusi 8 MP (f / 2.2). Kamera depan berada di bawah takik tetesan air di bagian tengah atas. Sehingga menawarkan area tampilan yang lebih besar dan rasio layar de bodi lebih dari 82%.

Mem-boot ColorOS 11.1

HP Oppo a16 kemungkinan akan diotaki dengan chipset Exynos 850 octa-core dan arsitektur 64 bit. Kemudian berpadu dengan RAM 6 GB dan penyimpanan internal 64 GB. Namun jika anda merasa tidak cukup, maka dapat memperluasnya menggunakan slot kartu khusus hingga 256 GB.

Pada sektor grafik, Oppo A16 mendapat dukungan dari Mali-G52 MP1. Smartphone akan berjalan pada ColorOS 11.1 berbasis Android 11. Kemudian dalam hal konektivitas terdapat Wi-Fi 802.11, b / g / n dengan fitur Hotspot Seluler, Bluetooth v5.0 dan GPS dengan A-GPS serta Glonass.

Konektivitas USB HP Oppo A16 menggunakan perangkat penyimpanan massal, pengisian USB dan micro USB 2.0. Kemudian pada multimedia memakai pengeras suara dan jack audio 3,5 mm. Selain sensor sidik jari, terpasang pula sensor cahaya, sensor jarak dan akselerometer.

Lebih menariknya lagi, kapasitas baterai yang disematkan sangat besar, yakni 5.000 mAh. Selain itu mendapatkan dukungan fast charging atau pengisian daya cepat 10W melalui port microUSB. Tipe baterai memakai Li-Polymer dan tidak dapat dilepas.

Harga dan Ketersediaan

Sebelum rilis, HP Oppo A16 mengantongi sertifikasi FCC dan sejumlah sertifikasi lainnya. Seperti dari negara China, India dan Singapura.

Hingga saat ini belum ada informasi resmi mengenai harga dan ketersediaannya. Namun, melihat dari spesifikasi yang telah bocor, kemungkinan harganya di bawah Rs. 15.000.

Harga tersebut terlihat berdasarkan kemunculannya di lembaga sertifikasi India. Dengan patokan harga di bawah 2 juta, kemungkinan ponsel ini akan mengisi HP murah dari keluarga Oppo.

Untuk ketersediaan warna Oppo A16 kemungkinan terdiri dari Biru, Putih dan Hitam. Tanggal peluncuran HP Oppo A16 di India kemungkinan besar bulan Agustus mendatang. Namun, belum ada info resmi untuk kehadirannya di pasaran global. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto