HP Tidak Bisa Isi Daya, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

HP Tidak Bisa Isi Daya
Ilustrasi HP Tidak Bisa Isi Daya. Foto : Net/Ist

Siapa sih yang tidak pusing jika HP tidak bisa isi daya. Pasalnya, salah satu komponen yang terbilang penting dari smartphone atau HP adalah pada bagian baterai.

Nah, ketika baterai tersebut sudah habis dayanya, maka otomatis Anda harus mengisi ulang atau mencharger. Baik itu langsung dengan mencolokkan ke saluran listrik, atau bisa juga dengan menggunakan power bank.

Baca Juga : Kepala Charger HP Berbunyi, ini Solusi yang Tepat Sesuai Penyebabnya

Akan tetapi, pasti ada yang menemui masalah ketika mengisi ulang smartphone, namun tidak masuk. Tentu itu yang membuat pengguna bikin pusing tujuh keliling.

Solusi yang paling gampang saat menemui kendala tersebut adalah pergi ke bengkel ponsel. Tapi, dengan pergi ke tukang reparasi HP maka Anda harus mengeluarkan uang.

Padahal Anda bisa mengatasinya sendiri, yaitu dengan mengetahui penyebab yang menjadikan HP tidak bisa mengisi ulang.

Penyebab dan Solusi HP Tidak Bisa Isi Daya

Seperti kita ketahui, bahwa penggunaan smartphone saat ini menjadi sebuah kebutuhan yang sangat penting. Baik itu untuk bekerja, belajar lewat online atau aktivitas lainnya.

Ketika Anda menggunakan ponsel untuk kegiatan tersebut, maka tentunya akan menguras daya baterai. Meskipun ponsel yang Anda miliki itu mempunyai baterai yang besar, namun lama kelamaan pasti harus mengisi ulang.

Namun apa yang harus Anda lakukan ketika mencharger baterai ponsel tiba-tiba aliran listrik tidak masuk. Atau bisa masuk namun tidak mengisi daya baterai tersebut.

Cara yang paling ampuh untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan mengetahui penyebabnya terlebih dulu. Berikut ini penyebab HP tidak bisa isi ulang daya baterai.

Mengecek Kabel Charger

Kabel charger adalah salah satu yang sering menjadi penyebab kenapa HP tidak bisa mengisi ulang baterai.

Jadi, sebelum Anda pergi ke bengkel ponsel, maka sebaiknya periksa terlebih dulu apakah kabel charger tersebut dalam kondisi baik atau memang sudah rusak.

Permasalahan kabel tersebut sering rusak karena saat menggulungnya tidak benar. Sehingga kemungkinan ada bagian yang putus.

Baca Juga : Memilih Kabel Charger yang Bagus untuk HP, Simak Tips Terbaiknya! 

Sementara bagian yang sering putus adalah pada colokan atau port micro USB. Hal tersebut karena kita sering pasang cabut saat mengisi ulang, dan menempatkan ponsel ketika mengisi ulang tidak benar.

Jika memang permasalahan HP tidak bisa isi ulang daya baterai dari kabel. Maka sebaiknya Anda mengganti dengan yang baru, namun harus yang asli agar awet.

Adaptor Charger Bermasalah

Selain kabel yang menjadi biang masalah tidak bisa mengisi ulang baterai, adaptor charger juga bisa menjadi penyebabnya.

Sehingga, dengan rusaknya adaptor tersebut sudah dipastikan HP Anda tidak bisa isi ulang daya baterai.

Fungsi dari adaptor yang Anda colokkan ke stop kontak tersebut, yaitu untuk mengubah arus listrik AC ke DC.

Ketika ada salah satu komponen di dalamnya yang rusak atau bermasalah, maka perangkat ini tidak bisa menyalurkan arus listrik DC tersebut ke ponsel Anda.

Baca Juga : Ciri Charger Oppo Original, Berikut Cara Membedakannya! 

Jika memang sudah mengetahui masalah dari adaptor, maka segera menggantinya dengan yang baru. Namun dengan catatan, Ampere dan Watt juga harus sama dengan yang asli atau bawaan. Sehingga, nantinya tidak menimbulkan masalah.

Dan apabila Anda tidak segera membeli adaptor yang baru, bukan hanya HP tidak bisa isi ulang daya baterai. Akan tetapi juga akan berakibat fatal, seperti korsleting yang ujung-ujungnya ponsel jadi rusak.

Cek Bagian Soket Isi Ulang

Saat Anda akan mengisi ulang daya baterai, pasti terlebih dulu mencolokkan kabel charger ke bagian soket yang ada pada ponsel.

Namun, setelah soket tersebut dicolokkan, arus listrik tetap tidak masuk atau tidak bisa mengisi ulang. Padahal, kabel dan adaptor charger masih bagus.

Bisa jadi masalah HP tidak bisa isi daya baterai dari bagian soket. Penyebabnya bisa kotor karena debu, atau konektor USB bermasalah.

Jika memang kotor atau tersumbat, maka segera membersihkan bagian tersebut dengan menggunakan tusuk gigi. Tapi saat membersihkan, cara menggosoknya secara perlahan-lahan dan lembut.

Namun, apabila HP tidak bisa mengisi ulang daya baterai karena konektor soket rusak, maka Anda harus memperbaiki atau menggantinya.

Konektor rusak bisa karena sering colak-colok serta mencabut. Hal tersebut menyebabkan terjadinya gesekan antara konektor kabel USB dengan pelat logam kecil.

Baterai Sudah Rusak

Penyebab lain HP tidak bisa isi ulang daya adalah bisa jadi karena baterai sudah rusak. Dengan rusaknya baterai tersebut, maka saat mengisi ulang akan menjadi lambat yang lama kelamaan arus listrik tidak masuk.

Adapun ciri-ciri dari baterai yang rusak biasanya bentuknya sudah kembung atau ‘hamil’. Atau ada juga yang tidak gembung, namun umur dari baterai sudah uzur.

Sedangkan kerusakannya bisa terjadi karena faktor usia pemakaian yang terbilang lama, dan juga dapat karena cacat produksi.

Jika Anda sudah mengetahui permasalah HP tidak bisa isi ulang daya yang disebabkan oleh baterai rusak, maka sebaiknya langsung menggantinya dengan yang baru. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto