HP Vivo Y73 Terbaru, Harga dan Spesifikasi Terlengkap

HP Vivo Y73 Terbaru, Harga dan Spesifikasi Terlengkap
Ilustrasi HP Vivo Y73. Foto: Ist/Net

HP Vivo Y73 hadir dengan berbagai fitur terbaru. Sehingga kinerja dari ponsel tersebut menjadi serba sempurna dalam anggaran level pemula. Misalnya saja fitur layar bezel tipis akan menambah pesona dari perangkat.

Berbagai spesifikasi yang muncul, hampir tidak menunjukkan adanya tanda-tanda kekurangan. Oleh sebab itu, anda dapat menjadikannya pilihan tepat secara keseluruhan.

Harga dan Spesifikasi HP Vivo Y73

Dalam situs web resmi VIvo di China, telah terlihat mengenai spesifikasi dari Vivo Y73. Sesuai daftar, handset menawarkan anggaran dengan tampilan rasio aspek 18: 9, chipset yang layak dan sensor sidik jari di panel belakang. Ponsel ini kemungkinan sebagai penerus dari smartphone Y71 yang telah meluncur awal tahun ini. 

Tampilan dan Konfigurasi

HP Vivo Y73 datang dengan layar LCD IPS 5,9 inch yang mempunyai resolusi 720 x 1.440 piksel. Kemudian untuk kerapatan 269 ppi, sehingga akan memberikan tampilan terbaik. Reproduksi warna yang dihasilkan Vivo Y73 sebanyak 16 juta warna dengan persentase layar ke tubuh 78,43%.

Ukuran smartphone ini 75,74 x 155,87 x 7,8 mm dengan bobot 150 gram. Selain itu, ponsel lengkap dengan perlindungan layar kaca melengkung 2,5D. Lalu ada beberapa fitur tambahan seperti Multi-touch, Capacitive, dan Scratch Resistant.

Baca Juga : HP Vivo X60 Curved Screen Edition Meluncur dengan Tampilan Mewah 

Meskipun smartphone terbaru dari Vivo ini dibanderol dengan anggaran yang minim, akan tetapi spesifikasinya sangat mumpuni. Apabila kita lihat dari tampilan, maka tampak layar tanpa bingkai dan bodi logam yang elegan. 

Pasalnya, pada sebagian besar ponsel entry level atau mid range lainnya kini mempunyai lekukan pada tampilan. Hal tersebut untuk meningkatkan rasio layar ke bodi. Meskipun takik berfungsi untuk tujuan itu, namun akan terlihat kurang sempurna.

Namun lain halnya dengan HP Vivo Y73 yang tidak mempunyai notch. Sehingga tampilannya semakin cantik dan memukau. Namun sayang sekali belum ada perlindungan Gorilla Glass di atasnya.

Vivo Y73 juga lengkap dengan dua prosesor Cortex A53 quad-core. Kemudian prosesor tersebut memiliki kecepatan clock 1,95 GHz dan 1,45 GHz. Lalu duduk di atas chipset Qualcomm Snapdragon 439 dan Adreno 505.

Sementara untuk RAM sebesar 3 GB, berbagai multitasking dan penanganan grafik dapat dilakukan dengan mudah. Varian RAM lainnya adalah 3 GB dengan memori internal 32 GB, RAM 3 GB ROM 64 GB, dan RAM 4 GB ROM 64 GB. 

Kamera dan Baterai

Dalam hal kamera, smartphone dual-SIM ini mempunyai fitur sensor 13 MP pada bagian belakang. Kemudian HP Vivo Y73 lengkap dengan LED dan kerapatan gambar 4160 x 3120 piksel, sedangkan untuk video 1920 x 1080 piksel. 

Baca Juga : Spesifikasi HP Vivo V21 5G untuk Pangsa Pasar Ponsel di Indonesia

Kemudian kamera depan mempunyai lensa 5 MP. Kamera depan berguna untuk selfie, panggilan video, dan membuka kunci wajah. Kedua kamera itu dapat menangkap gambar dengan kualitas detail dan jernih.

Pasalnya, ponsel menambahkan perangkat lunak Al Beauty dalam aplikasi kamera untuk meningkatkan hasil. Sehingga dapat boot FunTouch OS berbasis Android Oreo di luar kotak. 

Untuk daya cadangannya, HP Vivo Y73 membekali baterai Li-ion berkapasitas 3.360 mAh. Sehingga membuat perangkat bisa aktif sepanjang hari. 

Penyimpanan dan Konektivitas

Pada sektor penyimpanan data dan file, terdapat memori internal sebesar 32 GB. Kemudian ada kelengkapan slot memori eksternal yang bisa memperluasnya hingga 256 GB melalui kartu microSD. Jaringan yang tersedia antara lain 4G, 3G, dan 2G.

Baca Juga : HP Vivo V21 5G Resmi Meluncur ke Indonesia 24 Mei 2021

Sedangkan untuk konektivitas, HP Vivo Y73 mempunyai WiFi, Hotspot, USB 2.0, GPS, dan BeiDou. Selain itu, jack headphone juga ditambahkan pada perangkat ini. Untuk keamanan terdapat sensor sidik jari Proximity, Light, dan Accelerometer.

Harga Vivo Y73

Harga dari ponsel terbaru Vivo ini sekitar Rs. 8.499 di India. Kisaran harga tersebut merupakan varian dari RAM dasar HP Vivo Y73 3 GB. Sedangkan model penyimpanan 4GB RAM + 64GB akan dijual seharga Rs. 11.600.

Meskipun ponsel hadir pada kelas mid-range, namun tidak perlu khawatir akan performa yang ada. Ponsel ini mempunyai fitur lengkap dan lebih baik dari versi pendahulunya. Tentu bisa jadi pilihan terbaik bagi para pecinta gadget.

Lalu untuk ketersediaan warna HP Vivo Y73 antara lain merah, matte hitam, dan champagne gold. Kemungkinan ponsel ini akan segera meluncur dalam waktu dekat. Kita tunggu saja kehadirannya di pasar Indonesia pada ponsel kelas entry-level. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto